PERLATIHAN DDPT Des. 12

 

1. Istilah “penyakit tanaman” dapat didefinisikan dengan berbagai penjelasan.  Uraikan satu definisi yang paling lengkap yang dapat menggambarkan kondisi tersebut.

2. Penyakit tanaman dapat disebabkan oleh faktor abiotik dan faktor biotik.  Kelompok penyebab penyakit yang biotik antara lain adalah    ……………(1-4), dan penyakitnya dapat menular sehingga dikenal dengan istilah penyakit …………(5).  Kelompok penyebab penyakit abiotik antara lain ……(6-8).   Patogen yang bersifat parasit obligat adalah …..(9), penularan patogen ini dibantu oleh …. (10).  Bakteri dapat memasuki jaringan tanaman (penetrasi) secara  …………..(11) karena memerlukan ………(12) yaitu  …………..(13-15).

3. Intensitas penyakit tanaman ditentukan oleh tiga faktor yang saling berinteraksi yaitu ………. (1-3).  Intensitas tersebut dapat dihitung dengan 2 cara atau rumus yang berbeda, yaitu .……….(4) untuk penyakit yang sistemik,  dan ……………… (5) untuk penyakit yang non sistemik.  Faktor-faktor lingkungan (faktor abiotik) yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit antara lain adalah …….. (6-7).

4. Betul ataukah salah pernyataan berikut:

(1)    Infeksi sekunder pada tanaman disebabkan oleh inokulum primer.  (2) Proses penetrasi patogen pada jaringan tanaman akan terjadi setelah adanya kontak antara patogen dengan jaringan tanaman.  (3) Jamur berkembangbiak dan menyebar dengan  spora.  (4) Intensitas  penyakit tanaman akan meningkat atau menurun dipengaruhi oleh patogen, tanaman inang, dan lingkungan. (5)  Penularan virus dapat terjadi hanya dengan bantuan serangga vektor.  (6) Perkembangbiakan dan penyebaran jamur dan bakteri terjadi melalui pembentukan spora.

5.  Takrifkan:  agroekosistem, patogen, virulen, inokulum, tanda penyakit, infeksi, eksklusi,

 

 

 

 

This entry was posted in Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.