Perlatihan Mikrobiologi Pertanian

Contoh soal Esei:

a.  Menurut anda, apa keterkaitan antara Mikrobiologi Pertanian dengan ilmu-ilmu pertanian lainnya, dan mengapa mahasiswa Agroteknologi perlu mempelajari atau mengambil mata kuliah Mikrobiologi Pertanian?

b.  Mikroba merupakan makhluk hidup yang berukuran renik atau sangat kecil, tetapi mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari.  Jelaskan pendapat anda dan beri contohnya baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Contoh soal Benar atau Salah

  1. Mikroba dapat merugikan manusia karena menghasilkan antibiotik.
  2. Mikoriza merupakan contoh adanya interaksi positif antara akar tanaman dengan mikroba yang akan menguntungkan tanaman.
  3. Louis Pasteur dikenal sebagai Bapak Mikrobiologi dan pencetus teori biogenesis.
  4. Francisco Redi membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang ada sebelumnya.

Mengisi/melengkapi pernyataan dengan jawaban singkat yang tepat.

Mikroba merupakan makhluk hidup berukuran kecil, antara lain berupa bakteri, ……(1) , ……..(2), dan …….(3).  Pertumbuhan mikroba/bakteri dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor lingkungan, seperti …….(4), …….(5), dan …..(6); dan faktor nutrisi, seperti ……(7), ………(8), dan ……..(9).

KISI2 MATERI KULIAH YG HARUS DIPELAJARI:

–  Pengertian mikrobiologi (keterkaitannya dengan ilmu2 lain),   Sejarah mikrobiologi (tokoh2 penting dan penemuannya), –  Peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari (contoh-contoh peranan yang menguntungkan dan yang merugikan),  Teknik-teknik bekerja secara aseptik (sterilisasi, isolasi, dsb)

–  Pertumbuhan mikroba (kurva pertumbuhan bakteri), macam-macam nutrisi  untuk pertumbuhan mikroba, dan faktor2 lingkungan yang mendukung maupun yang menghambat pertumbuhan mikroba.

Lain-lain….cek semua bahan kuliah yang telah diberikan di kelas (print out handout mata kuliah).

Ujian I diadakan pada hari Rabu, 13 April 2016, Pk. 15.00, di Ruang Seminar Lab. HPT

SELAMAT BELAJAR.

 

 

This entry was posted in Mikrobiologi Pertanian. Bookmark the permalink.