Perlatihan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat.

1.  Jelaskan mengapa penyakit tanaman dapat merugikan tetapi dapat juga menguntungkan bagi manusia (petani)?

2.  Mengapa gejala penyakit tanaman dapat muncul pada bagian-bagian tanaman yang berbeda, misalnya pada akar dan pada daun?

3.  Jelaskan perbedaan antara jamur dan bakteri dalam hal penetrasi, kolonisasi jaringan, dan penyebarannya.

BETUL ataukah SALAH pernyataan di bawah ini:

1.  Patogen tanaman tergolong sebagai parasit karena hidup menumpang dan sekaligus mengambil nutrisi dari tanaman inangnya.

2.  Dalam agroekosistem, pengelolaan penyakit jauh lebih rumit dibandingkan pada ekosistem alami.

3.  Gejala penyakit layu merupakan akibat dari tersumbatnya saluran pembuluh xilem oleh patogen, sedangkan gejala nekrotik  merupakan akibat dari matinya sel atau jaringan tanaman.

4.  Tanda penyakit tidak lain adalah bagian dari patogen yang berasosiasi dengan gejala penyakit.

5.  Dalam segitiga penyakit, bila salah satu faktor tidak muncul atau tidak mendukung, maka intensitas penyakitnya akan kecil/rendah.

6.  Epidemi penyakit merupakan akibat dari berkembangnya segitiga penyakit yang meliputi areal luas dalam waktu yang lama.

7.  Penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat terjadi secara luas karena adanya bantuan angin.

8.  Gejala penyakit tanaman merupakan manifestasi/bukti dari keberhasilan patogen dalam menginfeksi jaringan tanaman.

9.  Penyebab penyakit abiotik akan menular dari satu tanaman ke tanaman yang lain melalui angin, air, atau alat pertanian.

10.  Jamur patogen merupakan mikroorganisme bersel banyak dan mempunyai inti sejati sedangkan virus bersel tunggal dengan inti tidak sejati.

 Lengkapi pernyataan di bawah ini dengan jawaban yang tepat dan singkat:

Pada umumnya penyakit tanaman akan berkembang apabila tanaman inangnya bersifat …………..(1), patogennya …………..(2), dan kondisi lingkungannya mendukung yaitu seperti ……………(3).

Penyakit tanaman yang dapat menular disebabkan oleh………..(4) dan dikenal dengan sebutan penyakit ……….. (5),  sedangkan penyakit yang tidak menular disebabkan oleh ………..(6) dan dikenal dengan istilah penyakit……….. (7).

Jamur berkembangbiak dengan …………(8), sedangkan bakteri berkembangbiak dengan cara …………….(9) yang lebih dikenal dengan istilah ………….(10).

Takrifkan (definisikan):

1.  patogen, 2. parasit obligat, 3. agroeksistem, 4. infeksi, 5. siklus penyakit primer; 6. penetrasi, 7. tanda penyakit, 8. masa inkubasi, 9. pembelahan biner, 10. intensitas penyakit.

This entry was posted in Bioekologi Penyakit Tanaman. Bookmark the permalink.