KISI-KISI materi ujian I Bioekologi Penyakit Tanaman

Anda yang ingin berhasil dengan baik pada ujian pertama matakuliah ini, silahkan mempelajari dan memahami materi kuliah yang telah didiskusikan dalam kelas, yaitu dengan topik2 seperti pada silabus.

Kisi-kisi:

  1. Sejarah singkat dan Arti penting:  -contoh kasus2 penyakit tanaman yang mampu mengubah ekonomi/sosial/budaya di suatu masyarakat, dan alasan mengapa penyakit tanaman perlu dipelajari
  2. Penyakit tumbuhan dalam suatu agroekosistem (definisi/pengertian dan faktor2 dalam agroekosistem)
  3. Pengertian berbagai istilah yang berkaitan dengan penyakit pada tumbuhan (patogen, patogenisitas, parasit obligat, saprofit, virulensi, inokulum, infeksius dll.)

4.  Simtomatologi (gejala penyakit VS. tanda penyakit: pengertian, klasifikasi/pengelompokan, macam2/jenis, contoh2 gejala dan contoh2 tanda penyakit dsb)

5. Etiologi

Penyebab penyakit pada tumbuhan: penyebab biotik dan macam2nya, penyebab abiotik dan macam2nya,  ciri-ciri utama setiap kelompok patogen: cara inokulasi, cara penetrasi jaringan, cara perkembangbiakan, cara penyebaran dalam jaringan dan di luar jaringan tanaman, cara penularan/infeksi, cara bertahan hidup dsb.), segitiga penyakit, piramida penyaki/limas penyakit….

6.  Perkembangan penyakit tumbuhan

– siklus penyakit vs siklus hidup patogen, siklus primer/sekunder, inokulum primer/sekunder,

–  tahap-tahap perkembangan penyakit tanaman

–  faktor-faktor yang mempengaruhi pekembangan penyakit,

–  pengukuran penyakit

7. Pengaruh faktor lingkungan terhadap penyakit tumbuhan

– faktor apa saja yang termasuk didalamnya

–  bagaimana faktor lingkungan dapat berpengaruh terhadap penyakit

SELAMAT BELAJAR, SEMOGA SUKSES.

Catatan:  tipe soal bervariasi, yaitu essay, mengisi titik-titik dengan jawaban singkat, menjodohkan, dan pernyataan B/S.

 

This entry was posted in Bioekologi Penyakit Tanaman. Bookmark the permalink.