RSCM Kencana: A FIVE STARS HOSPITAL(ITY)

Maket Gedung Utama RSCM

Maket Gedung Utama RSCM

Tulisan ini sengaja saya tujukan buat para pembaca yang tidak ingin lagi menyumbangkan uang kesehatannya untuk membiayai negara tetangga kita yang kecil, tapi punya kekuatan hampir tak terbatas mengontrol ekonomi Indonesia, for the details, buka link berikut http://www.theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=8384&type=6#.UTMIpBwifw2.

Secara umum, warga Indonesia yang menyumbang uang kesehatannya untuk negara lain tahun 2011 adalah sebesar US$500.000 dan meningkat menjadi US$1.400.000.000 di tahun 2012 (baca http://edisi.harian.detik.com/?xml=Minggu&iid=74611&utm=993301hd#folio=12 halaman 12 dan 13). Besar banget kan …. kalo dibelikan kerupuk, mungkin 7 turunan belum akan habis dimakan huahahahaha… ;) . Sedikit demi sedikit kita harus mengurangi ketergantungan kita pada dunia luar. Ayo gunakan layanan dalam negeri saudara-saudaraku!

Promosi rumah sakit ini, RSCM Kencana, ternyata tidak sehebat pelayanannya. Terbukti tidak banyak orang di daerah (selain Jakarta) yang mengetahui keberadaan rumah sakit terbaik pemerintah ini (setidaknya untuk saat ini). Apa karena RS milik pemerintah, sehingga tidak diberi biaya promosi? Oh karena … oh karena!!! Juga, penyebaran informasi RS ini di http://rscmkencana.com/ tidak sebaik response tim medis mereka. Terbukti bila anda buka link tersebut, anda akan merasa kesal menunggu dan bahkan jarang akan berhasil memuat halamannya secara lengkap di layar komputer anda. Mungkin servernya dibelikan yang jelek karena lebih memprioritaskan peralatan medis yang canggih. What, what… Who knows?

RSCM Kencana: sebelah kiri gedung utama RSCM

RSCM Kencana: sebelah kiri gedung utama RSCM

Langsung saja, saya ceritakan pengalaman berobat di RSCM Kencana, Jl Diponegoro No. 71 Jakarta. Saya berobat di RSCM Kencana, sekitar pertengahan tahun 2010, ketika RSCM Kencana baru saja beroperasi beberapa bulan. Sebelum sampe kesana, dalam bayangan saya pasti RS ini penuh sesak seperti juga RS Abdul Muluk di Bandar Lampung. Saat diberi penjelasan oleh bagian informasi RSCM, mereka mempersilahkan kami mengikuti petunjuk arah ke Wing International. Wah, ini pasti RSCM bertaraf International. Setelah melewati koridor beberapa blok, tibalah kami di gerbang kaca yang dijaga oleh seorang security berbaju safari hitam berambut ABCD (ABRI bukan cepak doang, hahaha…, just kidding) sambil membawa HT dan detektor logam. Saat kami tanyakan RSCM Kencana kepada petugas security itu, ternyata ia membenarkan dengan jawaban yang sangat ramah. Ternyata RSCM Kencana cenderung lengang dan tidak banyak orang yang lalu lalang. Mulailah kami menjelajahi RSCM Kencana ini. Tempat yang kami lewati tadi adalah gerbang samping yang menghubungkan koridor RSCM “reguler” ke RSCM Kencana. Selain itu, ada 2 gerbang utama, pertama gerbang depan, akses langsung dari Jl. Diponegoro. Kedua, gerbang dari halaman parkir di samping kiri (dari arah depan). Kedua gerbang ini sedikitnya dijaga oleh 2 orang petugas security pada pos yang berada di dalam gedung bagian tengah, dengan penampilan yang sama dengan petugas sebelumnya.

Pendaftaran

Saat pertama kali datang, anda diwajibkan membuat kartu ID RSCM Kencana di lobi utama RS, yang selanjutnya bisa dipakai di semua cluster RSCM Kencana. Biayanya kalau tidak salah adalah Rp24.000,00 dan kartu (mirip ATM) langsung diterima sesaat setelah anda mendaftar. Dengan memiliki kartu ini, database pemilik kartu telah tersimpan sehingga dokter nantinya dapat merekam medical record pemilik kartu pada database sentral. ANALISA 1: RSCM Kencana sudah memiliki database RS yang terintegrasi.

Pelayanan Rawat Jalan

Pasien yang sudah mendaftar di Lobi utama, bisa mendatangi langsung cluster yang dituju dan bisa bertanya pada staf di lobi cluster untuk mengetahui urutan keberapa kita akan dilayani. Lobi pada setiap cluster ini ditempati oleh staf administrasi, keuangan, dan beberapa dokter muda (sepertinya dokter yang sedang mengambil spesialis) yang ramah dan enak dipandang mata (hehehe … tahu kan maksud saya).

Ruang Tunggu

Lokasi ruang tunggu biasanya bersebelahan dengan lobi cluster. Interior ruangan dibuat sangat asri dengan beberapa lukisan. Terpampang juga foto staf dokter yang melayani cluster tersebut yang setelah kami cek, ternyata tidak kurang dari 10 dokter spesialis. Menariknya, tidak hanya dokter yang sebidang, tetapi ada juga dokter spesialis lain yang terkait dengan cluster tersebut.

Sambil menunggu, pasien dapat menonton acara TV yang terpasang di ruang tunggu atau membaca majalah/koran. Atau dapat juga sekedar berimajinasi di atas kursi nan empuk sambil menikmati hawa wewangian pengharum ruang tunggu yang juga sejuk, bahkan cenderung dingin. ANALISA 2: Sesuai perkembangan sekarang, perlu dipasang Wifi agar pasien dapat mengakses internet sehingga tidak bosan menunggu hanya dengan 2 sajian tersebut.

Ruang Diagnosa

Dokter memeriksa pasien di ruang dokter yang terintegrasi dengan ruang diagnosa khusus yang dilengkapi peralatan medis standar untuk cluster tersebut. Berdasarkan pengamatan kami, jumlah ruangan untuk periksa ada 4 ruang dan kami pernah diperiksa pada 2 ruangan saja. Mungkin 2 ruangan lagi digunakan untuk diagnosa lanjutan dengan peralatan yang lebih modern lagi. Di bagian belakang/samping ruang diagnosa terdapat pintu akses ke ruang lain yang ternyata ruang aktifitas perawat. Disitu perawat dapat memberikan suntikan, atau mengambil darah pasien, dll.

Staf Medis

Seperti tertera di ruang tunggu, dokter yang melayani jelas lebih dari satu orang. Pengalaman kami, dokter spesialis yang ditugaskan pada cluster paling sedikit 2 orang. Seorang dokter spesialis selalu didampingi oleh seorang perawat berpengalaman. Perawat ini diawasi oleh seorang perawat senior yang juga berperan menjadi pengawas. Namun tidak hanya mengawasi, perawat senior ini juga membantu seorang dokter yang juga sedang bertugas saat itu. Dengan demikian, profesionalisme layanan medis di RSCM Kencana ini betul-betul dijaga.

Keramahan dokter yang melayani anda, juga dapat anda rasakan disini. Kalau saya berobat di banyak dokter di Bandar Lampung, wajah dokter selalu berkerut jika kita sebagai pasien terlalu banyak bertanya mengenai tindakan yang diberikan. Namun dokter RSCM Kencana di cluster tempat kami berobat ini selalu menjawab semua pertanyaan kami dengan ramah dan alasan ilmiah tindakan yang mereka berikan walaupun pertanyaan kami seabrek-abrek (kata-kata ini bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar ya..). Oleh karena itu kami menjadi sangat yakin bahwa Allah SWT akan memberikan kesehatan melalui perantaraan pengobatan kami di RSCM Kencana ini. ANALISA 3: Seorang ahli yang berpengalaman hanya perlu mendelegasikan sebagian tugas kepada staf lain yang kompeten dan menerima hasil tugas staf tersebut untuk diintegrasikan menjadi satu kesatuan informasi yang bermakna (Siklus: Team leader-system analyst-working team). ANALISA 4: Efek psikologi percaya diri karena solusi yang diberikan oleh orang yang kompeten dapat merangsang seseorang cepat keluar dari permasalahannya.

Laboratorium

Fasilitas analisis dan uji laboratorium medik berada di bagian lain dari RSCM Kencana. Namun anda tidak perlu khawatir harus berjalan ke lab tersebut. Semua kegiatan cluster menganut sistem one stop service sehingga anda akan tetap dimanjakan dengan layanan yang berkualitas. Pengambilan sample dari pasien dapat dilakukan di masing-masing cluster dan sample ditempatkan pada tabung kecil tertutup lalu dikirim melalui pipa khusus yang dapat menyedot tabung kecil tadi dan mengirimnya ke laboratorium. Pipa khusus tersebut berada di bagian lobi cluster. Hasil akhir juga dikirim balik oleh laboratorium melalui pipa itu juga.

Apotik

RSCM Kencana juga memiliki apotik sendiri yang berada di lantai dasar berdekatan dengan pos security dan kantin.

Pembayaran

Wkwkwkwk…. tiba saatnya diujung kisah, membayar biaya pelayanan. Tapi nominalnya gak bisa diceritakan disini, namun biaya adalah konsekuensi langsung dari pelayanan. Jika pelayanannya baik, maka biayanya juga sesuai dengan ke”baik”annya itu. Dengan pelayanan kesehatan dari RSCM Kencana yang sangat berkualitas dan terjamin setara dengan pelayanan hotel berbintang 5, maka pembayaran pun tidak bisa hanya “sekedarnya” saja. Perlu tarif yang sesuai untuk mengapresiasinya. Tapi masih terjangkau bagi kelas menengah keluarga Indonesia. Menurut perkiraan saya biayanya jauh lebih murah (tergantung clusternya, perkiraan saya sekitar 1/4 – 1/2 saja) dibandingkan dengan layanan RS di negeri kecil tetangga kita itu.

Sistem pembayaran juga dapat dipilih. Jika anda punya ATM, bisa digesek. Ada kartu kredit, bisa juga dipakai untuk pembayaran. Transfer uang dari ATM atau Bank juga diperbolehkan. Atau bisa juga bayar cash. Itu semua tergantung mode pembayaran yang anda sukai. ANALISA 5: Suatu sistem harus mengakomodasi beberapa mode yang aktual sehingga pengguna sistem dapat menyesuaikan diri dengan mudah.

Fasilitas Pendukung:

Halaman parkir cukup memadai dan saya perkirakan dapat menampung tidak lebih dari 80 mobil. Namun ada satu bangunan menjulang tinggi setinggi RSCM Kencana. Setelah saya amati, bangunan tersebut adalah fasilitas Automatic Parking System untuk mobil. Bentuk gedung dan opersionalnya mirip dalam simulasi di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=MsIHFyWuk4k. Namun sayangnya pada saat saya berobat, sistem itu belum diopersionalkan karena utilisasi lahan parkirnya belum sepadat RSCM reguler yang mungkin sudah 120%. Pengalaman pertama datang ke RSCM reguler, kendaraan kami masuk jalur kendaraan yang sedang “tawaf” mengelilingi pagar depan RSCM kurang lebih 4 kali baru dapat tempat parkir. Itupun hrs menyerahkan kunci mobil karena parkirnya dibelakang mobil yang sedang diparkir. Padahal kalo langsung parkir di RSCM Kencana, kami gak perlu repot-repot “tawaf” terlebih dulu.

Toilet dan kamar mandi persis seperti di hotel berbintang 5. Ada 2 orang petugas kebersihan sesuai gender, yang standby berjaga di dekatnya. Mereka dalam waktu yang periodik selalu mengeringkan bagian toilet yang basah, memeriksa sabun cair, mengganti toilet paper, menambah tisu pengering tangan, dan melap cermin. Petugas kebersihan juga tidak lupa menyemprotkan pengharum.

Lift ada 2, satu untuk keperluan transfer pasien yang menggunakan “tempat tidur roda 4” (hihihi … gak tahu namanya) dan satu lagi lift biasa untuk pasien dengan kursi roda, pasien, dan “kerabat-kerabat” pasien. Lift dilengkapi perangkat audio berbahasa Inggris yang menginformasikan tahapan operasional lift dari lantai ke lantai.

Kantin yang lux dan hygienis berdekatan dengan apotik. Salah satu pengisi kantin tersebut sepertinya adalah franchise makanan. Di depan kantin terdapat beberapa ATM yang bank pemerintah dan beberapa bank swasta.

Bank Mandiri membuka kantor cabang pembantu di dekat lobi utama. Menurut informasi yang kami terima, pada tahun 2010 tersebut RSCM Kencana dan Bank Mandiri masih bernegosiasi tentang kemungkinan kerjasama untuk pembiayaan pasien melalui kredit Bank Mandiri. Entah apa hasilnya, yang jelas RSCM Kencana sedang berupaya memperluas pelayanannya untuk masyarakat kelas “hampir” menengah dengan fasilitas kredit ini.

Penutup

RSCM Kencana adalah pengembangan core business RSCM reguler menuju standar internasional tanpa menghilangkan peran pelayanannya terhadap rakyat kecil. Menurut berita yang pernah saya baca, tujuan dibentuknya RSCM Kencana ini adalah untuk menjaring pasien agar tidak lagi berobat ke negara tetangga sehingga devisa negara tidak keluar dari Indonesia sekaligus melebarkan sayap RS ini pada level internasional. Dalam pengembangan ini, pihak RSCM mengutamakan pelayanan prima kepada pasien dengan ditunjang oleh riset berkesinambungan dan fasilitas laboratorium terpadu sebagai bagian dari proses internasionalisasi ini. Mungkin saja, beberapa temuan bidang medis sudah dihasilkan dari RSCM Kencana ini yang tidak diketahui masyarakat umumnya, namun sudah diterapkan untuk memberi nilai tambah pengobatan.

Meskipun saya tidak melihat fasilitas rawat inap, namun saya bisa menyimpulkan bahwa fasilitasnya akan sama dengan fasilitas rawat jalan. Pengalaman saya ini merupakan testimoni profesionalitas RSCM Kencana dalam melayani masyarakat pengguna. Mari kita ajak teman dan saudara2 kita untuk berobat di dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan RS di luar negeri.

Sumber: pengalaman pribadi.

Dortmund, 24 Maret 2013

 

About aldizy

This is I am
This entry was posted in Miscellaneous, Opini and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to RSCM Kencana: A FIVE STARS HOSPITAL(ITY)

  1. Nurmansyah says:

    Saya sejak td pg coba menghubungi RSCM Kencana utk mendaftar melalui no. telp 39831100-1107. Tetapi tidak satupun yang tersambung baik ke operator maupun bagian registrasi. Beginikah layanan rumah sakit kita yg katanya bertaraf internasional? Jd jgn disalahkan kalau banyak orang kita berobat keluar negeri terutama singapura dan malaysis

    • aldizy says:

      Terimakasih tanggapan mas atas review ini. Pelayanan RSCM Kencana sudah mulai menurun seiring berjalannya waktu. Sepertinya visi top leader manager tidak berjalan di level bawah karena kurangnya pengawasan. Sebaiknya hal seperti ini dilaporkan, namun saya belum menemukan no. telp untuk pengaduan konsumen.

      • LadyPelangi says:

        Coba telfon ke call center RSCM 500135116 , nanti langsung bisa sambung ke Kencana. Saya baru saja registrasi pasien baru disana :)

  2. elizabeth says:

    Selamat sore mas. Terima kasih reviewnya, sangat membantu saya. Kebetulan minggu ini saya rencana mau ke dokter spesialis di RSCM Kencana, rujukan dari dokter saya sebelumnya. Kalau boleh tau, biaya konsultasi + pendaftaran itu berapa ya? (exclude obat) Harga obatnya standar seperti kalau beli di apotek luar atau lebih mahal? Maklum, saya mahasiswa jadi concern banget soal harga :) Karena tidak etis kalau dipublish di sini, kalau gak keberatan, bisa diemail ke elizabethrgultom@gmail.com. Makasih mas :)

  3. indra says:

    bisa minta bocoran rincian berobat di rscm kencana ga ya? via imel restianoindra@yahoo.com

  4. fitria says:

    pak, saya mau juga dong di inbox biayanya..
    soalnya besok ada rencana ke sana..
    buat siap2 :)

    fitriakur@gmail.com
    tks

  5. Dessy says:

    pak boleh email ke destiny_myheart@yahoo.com untuk perincian biaya jika berobat atau kisaran operasi digestive.. terima kasih

  6. Ayu says:

    halo mas, maaf kalo tidak keberatan saya juga ingin minta harga konsultasi dan administrasi di RSCM. terutama spesialis paru kalo mas tahu, maklum saya juga concern tentang harga hehe. Terima kasih. tolong dikirim ke email widyapuspitaloka11@yahoo.com

  7. vicky says:

    Permisi,mau tanya untuk konsultasi ke dokter spesialis darah (khom) kira2 kisaran brp biaya nya ya?rencana ingin berobat d kencana.mohon email untuk biaya nya ke sabianvickydrum@yahoo.com

  8. riri says:

    Mw bertanya kebetulan hal yg sama mengeñai biaya konsul d rscm kencana brp y..kmdn apabila d ambil tindakan spt operasi kr2 budgget yg hrs d sediakan brp..trmks
    Mohon utk d email ke..meiriza_riri@yahoo.co.id

  9. Rizal says:

    Bisa minta perincian biaya utk operasi caesar kira kira berapa?

  10. Syarifah tridani f says:

    Mas,bs inbox via email
    biaya konsul n laporoscopy buat tumor urologi,thnx infonya

  11. Syarifah tridani f says:

    Mas,bs inbox via email
    biaya konsul n laparoscopy buat tumor urologi,thnx infonya

  12. M Prakoso Aji says:

    Slamat sore mas..

    mohon info untuk biaya berobat dan kontrol dokternya brp ya?karena saya ingin mencoba untuk berobat di RSCM Kencana tapi ingin tahu kisaran biayanya kira2 brp gt mas, karena takutnya nanti kalau misalnya terlalu jauh di luar jangkauan gt hehe..mohon agar bs di share ke m.prakosoaji@yahoo.com, terima kasih sekali atas perhatiannya

  13. supriherni says:

    tolong infonya biaya dokter urologi dan biaya pengobatan suntikan hormon untuk anak mikropenis terima kasih. mohon dibalas melalui email sy supriherni63yahoo.com

  14. nunung says:

    mohon info biaya untuk berobat tuk punya keturunan. mohon dbalas ke email saya nunung_nh71@yahoo.co.id, tks

  15. Wiwik says:

    Mas, sy jg mau dong dikirimkan via email brp biaya konsultasi n pengobatan diracik kencana. Krm di suliningsihwiwik@gmail.com Thx b4 ya..

  16. annisa says:

    Utk info lebih lanjut mengenai RSCM Kencana bisa email ke info@rscmkencana.com atau telp call center 24jam 500-135

  17. Dessy says:

    Saya mau konsul ke ortopedi anak rs kencana. Bisa tolong e mail kira2 berapa biaya konsultasi & administrasi dsana? Thanks

    • tita says:

      Hi ibu annisa, kebetulan sekali saya juga ada rncn ke rscm kencana,ortopedi anak. Ibu jadi kesana? Bisa minta review nya? Kyk dokter siapa, biaya dll.. . Makasih sebelumnya yaa

      • Ayu Aningsih says:

        @desi, @tita : dr ortopedi anak Aryadi kurniawan spot. Beliau juga praktek di rs ramsey premier jatinegara. Biaya dokternya 300rb. Praktek hari sabtu, jam menunggu konfirmasi. Harus telpon dulu untuk pendaftaran. Kadang hanya dibatasi 10 orang pasien. Maklum ortopedi anak hanya ada 1 atau 2 orang di jakarta. Saya sudah 2x periksa anak saya.

  18. Ayya Sorayya says:

    Mohon info mas,saya mempunyai benjolan dikedua ketiak.dokter bedah onkologi disana yg kompeten siapa yaa.mohon rekomendasinya.mulai dari konsultasi,usg,laboratorium,operasi,dan rawat inapnya kisaran brp?email saya sorayya.ayya@gmail.com.terima kasih

  19. Ayu Aningsih says:

    @desi, @tita : dr ortopedi anak Aryadi kurniawan spot. Beliau juga praktek di rs ramsey premier jatinegara. Biaya dokternya 300rb. Praktek hari sabtu, jam menunggu konfirmasi. Harus telpon dulu untuk pendaftaran. Kadang hanya dibatasi 10 orang pasien. Maklum ortopedi anak hanya ada 1 atau 2 orang di jakarta. Saya sudah 2x periksa anak saya. @mas aldizy mohon info biaya konsultasi dokter radiologi rscm kencana. ayu_aningsih@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>