SK KD IPS SD

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A. Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.

Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.

Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

 

B.  Tujuan

Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.   Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya

2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial

3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan

4.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

 

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.   Manusia, Tempat, dan Lingkungan

2.   Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan

 

3.   Sistem Sosial dan Budaya

4.   Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.

 


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar

 

Kelas 1,  Semester  1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.  Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 1.1   Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat1.2  Menceriterakan  pengalaman diri1.3  Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga

1.4  Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

 

 

Kelas 1,  Semester  2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 2.  Mendeskripsikan lingkungan rumah 2.1      Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga2.2     Mendeskripsikan letak rumah2.3     Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

 

 


Kelas II, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.   Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis 1.1     Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya1.2     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita1.3     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

 

 

 

 

Kelas II, Semester 2

 

 Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

2    Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

 

2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga2.2 Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota  keluarga2.3  Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga

 

 

Kelas III,  Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah 1.1  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah1.2  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah1.3  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

1.4  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa

 

 

 

Kelas III, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

 

2.1  Mengenal jenis-jenis pekerjaan2.2  Memahami pentingnya semangat kerja2.3  Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah

2.4  Mengenal sejarah uang

2.5  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan

 

 

Kelas IV, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

 

1.1  Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya1.3  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat

1.4  Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)

1.5  Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya

1.6  Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya

 

 

 

Kelas IV, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi

 

2.1     Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya2.2     Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat2.3     Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi,  dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

2.4     Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

 

 

 

 

Kelas V, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi diIndonesia

 

 

1.1     Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia1.2     Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia1.3     Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu diIndonesiadengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya

1.4     Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya diIndonesia

1.5     Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

 

 

Kelas V, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaanIndonesia 2.1     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang2.2     Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaanIndonesia2.3     Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

2.4     Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

 

 

 

 

 

 

Kelas VI, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami  perkembangan wilayahIndonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
1.1   Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayahIndonesia1.2   Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga1.3   Mengidentifikasi  benua-benua

 

 

Kelas VI, Semester 2

 

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami gejala alam yang terjadi diIndonesiadan sekitarnya

 

2.1  Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga2.2  Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam 
  1. Memahami  peranan bangsaIndonesiadi era global

 

 

3.1  Menjelaskan perananIndonesiapada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsaIndonesia3.2  Mengenal manfaat ekspor dan impor diIndonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa

 

E. Arah Pengembangan

 

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

 

3 thoughts on “SK KD IPS SD

  1. pak, ada referensi buku tentang Sains teknologi masyarakat ndak? susah sekali cari buku itu di sekitar bandar lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>