NIDN – Nomor Induk Dosen Nasional , Akhirnya keluar juga

NIDN atau lebih dikenal dengan Nomor Induk Dosen Nasional merupakan nomor identifikasi legalitas   terhadap dosen pengajar Perguruan Tinggi Negeri(PTN)  maupun Swasta (PTS), tujuan diberlakukannya antara lain untuk mengetahui secara cepat identitas dan bidang keahlian dari seorang Dosen, selain itu juga belakangan ini NIDN digunakan sebagai prasyaratan untuk mengikuti beasiswa ataupun hibah penelitian dan pengabdian.

Sedangkan persyaratan pengajuan untuk NIDN ini adalah sebagai berikut;

  1. Ijazah S1,S2,S3 berikut scan-nya.
  2. SK PNS 100 %.
  3. KTP berikut scan-nya.
  4. Surat Pernyataan dosen tetap , bisa diunduh dialamat berikut http://akademik.dikti.go.id/data/2010/formulir/Surat%20Pernyataan%20Dosen%20Tetap.pdf (SK Dirjen Dikti Nomor : 108/DIKTI/Kep/2001).
  5. Form Biodata Dosen, bisa diunduh dialamat berikut http://baak.unila.ac.id/images/EPSBED/biodata_dosen.pdf .

Biasanya berkas dikirim ke pengelola ditingkat  Universitas, baiknya langsung via mail saja ke pengelola, agar datanya bisa segera dikirim ke DIKTI, di Universitas Lampung pengelolanya ada di BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan). Mungkin ditempat lain unit kerjanya hanya berbeda nama saja.

Alhamdulillah saat ini NIDN saya sudah muncul di DIKTI, alamat pencarian NIDN dosen Nasional ini bisa akses alamat berikut http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen .

Demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat.

Semoga saya bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya.

  1. Kapan systemnya pindah ke dpt ya..? ;)

Leave a Comment


*


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>