Open Content Pembelajaran E-Goverment – Dari United Nation

Hasil Perkuliahan tadi malam untuk mata kuliah E-Goverment (By Bpk Yudho)  didapat open access modul pembelajaran yang disediakan oleh United Nation (lebih kita kenal dengan PBB) area Asia Pacifik.  Modul ini bisa diperoleh secara cuma-cuma pada alamat berikut http://www.unapcict.org/academy/academy-modules/bahasa-indonesia

“About Us “ Saya kutip dari Official Sitenya;

APCICT was inaugurated on 16 June 2006 as a regional institute of the United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP), and is located in Incheon, Republic of Korea. The Centre’s mission is to strengthen the efforts of the member countries of ESCAP to use ICT in their socio-economic development through human and institutional capacity building. To meet this objective, APCICT’s work is focused on three inter-related pillars – Training, Research and Advisory Services. Together they form an integrated approach to ICT human capacity building.

Ternyata APCICT ini adalah termasuk organisasi belia berdiri tahun 2006 dengan misi besarnya adalah Training, Research, Dan Advisory Dibidang ICT khususon untuk area Asia Pacifik, bagi masyarakat yang tertarik dengan perkembangan Teknologi Informasi terkait dengan pembangunan, Organisasi ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu sumber referensi informasi.

Kembali kepada judul posting blog saya diatas, lembaga ini juga berupaya memasyarakatkan pemahaman tentang Kiprah ICT dalam Pembangunan melalui modul modul pembelajaran yang bisa diakses secara free dialamat berikut htttp://www.unapcict.org/academy/

Modul Pembelajaran tersedia dalam 4 bahasa yang bisa diakses pada alamat berikut;

English
Bahasa Indonesia
Russian
Vietnamese

Khusus untuk modul berbahasa indonesia modul ini diterjemahkan oleh pak Yudho dan Tim dengan pembagian chapter permodule adalah sebagai berikut.

Modul 1 : Kaitan antara Penerapan TIK dan Pembangunan yang Bermakna

Kaitan antara Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDG) terkadang muncul dengan jelas dan terkadang membingungkan. Tetapi kaitan tersebut ada dan membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Modul ini mengajak para pembaca untuk menggali berbagai dimensi dari kaitan tersebut melalui studi kasus dari penerapan TIK dalam sektor-sektor penting pembangunan di negara-negara Asia Pasifik. Modul ini juga menyoroti isu-isu penting dan poin-poin pengambilan keputusan, mulai dari kebijakan hingga implementasi, dalam penggunaan TIK untuk memenuhi kebutuhan pembangunan. Sasarannya ialah untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana TIK dapat digunakan untuk pembangunan sosial dan ekonomi, dan juga untuk melengkapi para penyusun kebijakan dan manajer program dengan sebuah kerangka kerja berorientasi pembangunan untuk penanganan sektor-sektor sosial dengan didukung TIK.

Manual Script: PDF Version [1.6MB]|Presentation: PDF Version [2MB]

Modul 2: Kebijakan, Proses, dan Tata Kelola TIK untuk Pembangunan

Pemerintah di seluruh dunia semakin fokus pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembangunan (ICT for development-ICTD), yang tidak hanya berarti pengembangan industri atau sektor TIK, tetapi juga mencakup penggunaan TIK untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik. Secara spesifik, pemerintah diharapkan menciptakan kebijakan ICTD yang mencakup berbagai bidang, seperti penciptaan lingkungan yang mendukung kebijakan dan peraturan, akses ke infrastruktur dasar, mempercepat pengembangan keahlian dasar TIK, pengembangan materi dan aplikasi TIK untuk pembangunan, dan memajukan penelitian dan pengembangan TIK untuk menghasilkan solusi yang inovatif. Modul ini berfokus terhadap penyusunan kebijakan dan tata kelola ICTD, penyediaan informasi penting tentang aspek kebijakan nasional, strategi dan kerangka kerja yang memperkenalkan ICTD. Modul ini mendiskusikan isu-isu penting kebijakan dan tata kelola ICTD, dan memperlihatkan bagaimana pemerintah dapat mengukur kemajuan mereka dan melakukan perbandingan terhadap kemajuan yang dicapai negara lainnya.

Manual Script: PDF Version [969KB]|Presentation: PDF Version [338KB]

Modul 3: Penerapan e-Government

Modul ini memberikan penjelasan tentang e-government, termasuk elemen-elemen utama, konsep, prinsip, dan jenis-jenis aplikasinya. Modul ini menjelaskan bagaimana sistem e-government dibangun dengan memberikan analisis mendalam terhadap contoh-contoh sistem dan mengidentifikasi pertimbangan perancangan.

Manual Script: PDF Version [1.8MB]|Presentation: PDF Version [3.4MB]

Modul 4: Tren TIK untuk Pimpinan Pemerintahan

Hanya dalam beberapa dekade, penggunaan sistem teknologi informasi telah mengubah cara kita hidup, bekerja dan bermain. Pasar dan model bisnis baru bermunculan untuk mendukung pemasukan, penyimpanan, pemrosesan, analisis, dan presentasi informasi, dan kesemua hal tersebut terus berkembang dan meningkat dengan cepat. Pasar saham global sekarang dikendalikan oleh perdagangan oleh perusahaan-perusahaan berbasis teknologi selain juga industri komoditas dan tradisional, dan teknologi informasi terus dilihat sebagai cara baru untuk meningkatkan kondisi sosial-ekonomi, dan sebagai alat untuk mencapai Millennium Development Goals (MDGs). Lalu, dari manakah semua pengembangan teknologi ini berasal dan kemana mereka mengarah? Modul ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan wawasan akan tren teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini dan arah masa depannya. Modul ini juga akan melihat beberapa pertimbangan teknis dan kebijakan utama dalam membuat keputusan pengembangan TIK, baik dalam konteks lokal dan regional.

Manual Script: PDF Version [2.4MB]|Presentation: PDF Version [1.6MB]

Modul 5: Tata Kelola Internet

Internet memberikan tantangan yang signifikan bagi kebijakan publik dan pengembangan SDM berkelanjutan, baik secara internasional maupun bagi masing-masing negara. Karenanya, pengembangan kebijakan dan prosedur internasional yang sedang berjalan dibutuhkan untuk mengatur penggunaan dan pengoperasian Internet. Akan tetapi, meski kawasan Asia-Pasifik adalah pengguna Internet terbesar secara global, hal ini hanya terkonsentrasi di negara-negara yang mengembangkan kebijakan terkait internet. Ada sejumlah isu dan tantangan spesifik terkait dengan Tata Kelola Internet dalam konteks regional. Pemerintah negara-negara ekonomi berkembang perlu memahami isu-isu ini jika mereka ingin mendapat tempat dalam jaringan informasi global.

Manual Script: PDF Version [1.4MB]|Presentation: PDF Version [566KB] 

Modul 6: Keamanan Jaringan dan Keamanan Informasi dan Privasi

Di Era Informasi ini, informasi adalah aset yang harus dijaga dan penyusun kebijakan perlu mengetahui apa itu keamanan informasi dan tindakan apa saja yang perlu dilakukan untuk menghadapi kebocoran dan pelanggaran informasi. Modul ini memberikan gambaran atas kebutuhan, isu-isu, dan tren keamanan informasi, serta proses penyusunan strategi keamanan informasi.

Manual Script: PDF Version [2.4MB]|Presentation: PDF Version [1.8MB]

Modul 7: Teori dan Praktik Manajemen Proyek TIK

Modul ini menjelaskan konsep dasar manajemen proyek yang berkaitan dengan proyek TIKP. Modul ini berisi metode, proses, dan disiplin manajemen proyek yang umum digunakan oleh praktisi pengembangan dan manajemen layanan TIK. Modul ini juga berisi studi kasus, alat bantu latihan dan template. Juga diulas, tantangan dalam merencanakan dan mengelola proyek TIK.

Manual Script: PDF Version [1.5MB]|Presentation: PDF Version [473KB]

Modul 8: Pilihan Pendanaan TIK untuk Pembangunan

Seiring dengan meningkatnya difusi TIK, pemerintah di seluruh dunia menjalankan rencana dan proyek e-government untuk meningkatkan layanan kepada publik melalui penggunaan TIK. Di banyak wilayah, ketersediaan sarana teknis dan finansial bagi pemerintah masih terbatas. Ini membatasi kemampuan pemerintah untuk memberikan manfaat e-government kepada semua orang. Namun demikian, tersedia banyak sumber pendanaan dan keahlian yang dapat dimanfaatkan oleh sektor publik untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan layanan publik tingkat tinggi dengan biaya yang wajar. Modul ini mendiskusikan opsi-opsi pendanaan alternatif untuk proyek-proyek TIK untuk Pembangunan (TIKP) dan e-government. Public-private partnership (PPP) ditonjolkan sebagai opsi pendanaan yang berguna untuk layanan berbasis TIK dan kegiatan e-government di negara-negara berkembang.

Manual Script: PDF Version [1.6MB]|Presentation: PDF Version [1.8MB]

Leave a Comment


*


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>