Akreditasi BAN PT – Persiapan Evaluasi Program Studi Teknik Elektro Universitas Lampung

Pagi ini saya akan posting terkait dengan BAN, ban disini tidak ada hubungannya dengan ban luar, ban dalem, maupun ban serep :-D . BAN disini merupakan sebuah Lembaga khusus yang pekerjaannya adalah melakukan evaluasi terhadap perguruan Tinggi.

Dimulai dengan sejarah, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sendiri dibentuk oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1994 dengan tugas melakukan akreditasi terhadap perguruan tinggi. Pada awal pembentukannya BAN-PT telah memutuskan untuk melakukan terlebih dahulu akreditasi program studi, dengan alasan bahwa program studilah yang menentukan mutu hasil pendidikan dan kenyataan bahwa tingkat mutu program studi beragam.

Sejak dibentuk pada tahun 1994 sampai akhir tahun 2008, BAN-PT telah berhasil melakukan akreditasi terhadap 9288 program studi dari perguruan tinggi negeri, swasta, keagamaan, dan kedinasan, yang meliputi program diploma (1503 program studi), sarjana (6977 program studi), magister (749 program studi) dan doktor (59 program studi). Dalam dua tahun terakhir telah pula dilakukan akreditasi terhadap 80 institusi perguruan tinggi negeri dan swasta.

Mengingat Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, PP RI Nomor 19 tahun 2005 dan peraturan perundang-undangan lainnya serta kecenderungan perkembangan kebijakan tentang pendidikan tinggi yang menekankan pada mutu dan akuntabilitas publik institusi perguruan tinggi dan program studi maka diperlukan akreditasi program studi sarjana.  Instrumen akreditasi tahun 2008 ini telah disusun dengan mempertimbangkan perkembangan aspek legal peraturan perundang-undangan dan tuntutan praktek-praktek proses akreditasi terbaik yang berlaku secara internasional (international best practices).
(saya kutip dari buku 1 Naskah Akademik BAN PT – 2008)

Program Studi Sarjana.
Akreditasi program studi sarjana adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami penyelenggaraan program akademik program studi. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh program studi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi.

BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tujuan dan manfaat akreditasi program studi adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu.
  2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu.

Standar akreditasi adalah tolok ukur yang harus dipenuhi oleh  program studi sarjana. Standar akreditasi terdiri atas beberapa parameter (indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar (1) penyajian data dan informasi mengenai kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan  program studi sarjana, yang dituangkan dalam instrumen akreditasi; (2) evaluasi dan penilaian mutu kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan  program studi sarjana, (3) penetapan kelayakan  program studi sarjana untuk menyelenggarakan program-programnya; dan (4) perumusan rekomendasi perbaikan dan pembinaan mutu  program studi sarjana.
Standar akreditasi  program studi sarjana mencakup standar tentang komitmen program studi sarjana terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan (educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi, yaitu:

Standar 1.     Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
Standar 2.     Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu
Standar 3.     Mahasiswa dan lulusan
Standar 4.     Sumber daya manusia
Standar 5.     Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik
Standar 6.     Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi
Standar 7.     Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama
Asesmen kinerja program studi sarjana didasarkan pada pemenuhan tuntutan standar akreditasi. Dokumen akreditasi program studi sarjana yang dapat diproses harus telah memenuhi persyaratan awal (eligibilitas) yang ditandai dengan adanya izin yang sah dan berlaku dalam penyelenggaraan program studi sarjana dari pejabat yang berwenang; memiliki  anggaran dasar dan anggaran rumah tangga/statuta dan dokumen-dokumen rencana strategis atau  rencana induk pengembangan yang menunjukkan dengan jelas visi, misi, tujuan dan sasaran program studi sarjana; nilai-nilai dasar yang dianut dan berbagai aspek mengenai organisasi dan pengelolaan program studi sarjana, proses pengambilan keputusan penyelenggaraan program, dan sistem jaminan mutu.
(saya kutip dari buku 1 Naskah Akademik BAN PT – 2008)

Proses Akreditasi Program Studi Teknik Elektro Universitas Lampung.

Tepat bulan Oktober 2009 yang lalu, masa validitas akreditasi Program Studi Teknik Elektro Universitas Lampung berakhir, sehingga diawal tahun 2009 Program Studi telah mengantisipasi serta mempersiapkan tim khusus untuk persiapan akreditasi ulang dengan format penilaian yang baru. Beranggotakan, Pak Agus Trisanto (Ketua), saya, Hery Dian Septama, Bu Diah Permata, Bu Herlinawati, Pak FX. Arinto, dan rekan lainnya, kami pun berjuang untuk mengikuti ritme penilaian versi baru standar BAN PT ini,  dari TIM besar yang sudah terbentuk, kami pecah lagi menjadi kecil dengan tanggung jawab khusus per masing-masing standar tadi. Fokus utama kami adalah mengumpulkan seluruh dokumentasi proses pelaksanaan kegiatan akademik Program Studi meliputi  Evaluasi Diri, mengelompokkan SAP GBPP dan membakukannya dalam format digital, SWMP, Publikasi Ilmiah, Pengabdian, audit Laboratorium, Data Evaluasi Kemahasiswaan, Data Alumni, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah dengan time line yang sudah direncanakan sebelumnya, seluruh kelengkapan borang dari setiap standar telah selesai tepat waktu lengkap dengan dokumentasi bukti fisik dari setiap data (sampe-sampe minta bantuan setoran data dari rekan dosen elektro lain di luar negeri). Akhirnya dengan Optimistis Data borang Akreditasi dibawa oleh tim untuk disetorkan langsung ke BAN PT,  selanjutnya adalah proses menunggu jadwal Visitasi Accessor dari BAN PT untuk melakukan Sidak/Evaluasi secara langsung terhadap program studi sekaligus pembuktian atas informasi yang telah dituliskan pada berkas borang akreditasi.

Hingga saat nya tim reviewer yang beranggotakan 2 orang (dari Atmajaya dan ITB) tiba di Program Studi Teknik Elektro untuk melakukan audit kesesuaian terhadap borang dan bukti fisik dilapangan, dimulai dengan jamuan sederhana temuwicara memperkenalkan segenap jajaran Staff Pengajar beserta Karyawan di Lt.2 Gedung H Teknik Elektro, kamipun menyambut kedua Reviewer dengan hangatnya, dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium terpadu dan menemui kepada Lab sembari menanyakan secara detail bagaimana proses transaksi kegiatan akademik penunjang perkuliahan yang diselenggarakan di masing-masing lab, wah wah wah rupanya detail sekali tim reviewer dalam melakukan sidak, bahkan laporan praktikum serta SOP penggunaan alat pun turut dipertanyakan :-p .

Setelah puas berkunjung di Lab Terpadu JTE,   tim akreditasi jurusan membawa beliau-beliau menuju ke perpustakaan pusat yang berlokasi tidak jauh dari Gedung H, dengan berjalan kaki kami menghantar hingga tiba di perpustakaan untuk melihat kebenaran koleksi buku sumber bahan ajar di perpustakaan pusat dan perpustakaan jurusan pastinya. prosesi ini tidak berlangsung lama, terlihat tidak lama setelah berkeliling di perpustakaan sesekali mereka menuliskan sesuatu pada sebuah kertas (hasil penilaian kali yah), hari pun beranjak magrib, tim reviewer memutuskan untuk melanjutkan visitasi keesokan harinya.

Hari ke dua proses akreditasi oleh reviewer BAN PT pun berlanjut, pada babak kedua ini tim dari DIKTI hanya berkonsentrasi di program studi, bertempat di Lantai 3 Ruang Sidang berkumpullah segenap DEWAN JENDRAL, eh salah maksudnya dewan Dosen :-D , pertanda  kesiapan kami atas pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan assesor terkait dengan akreditasi ini, singkat cerita layaknya sidang skripsi program sarjana, reviewer mengeluarkan sejumlah dokumen dan MEMBANTAI mengajukan serangkaian pertanyaan secara beruntun meminta pertanggung jawaban atas isi tulisan bundle borang akreditasi Program Studi, tak kalah semangatnya dengan tim reviewer tentu saja dari jauh jauh hari kami sudah mempersiapkan PELOR materi/fakta/bukti pendukung atas semua yang telah kami tulis. Koleksi Jurnal, SAP, GBPP, Laporan Penelitian, Hibah, Pengabdian,SWMP,Absen Mahasiswa, SOP, semuanya brek di tumpuk diatas meja dengan terlebih dahulu dikelompokkan berdasarkan 7 standar  tadi untuk mempermudah pengecekan.

Singkat cerita proses diskusi berjalan cukup alot hingga malam hari, hingga pukul 20.00 masih belum menunjukkan tanda tanda akan selesai malah makin menghangat, hahahaha Komporr kali hangaaaat , akhirnya sekitar hampir menjelang pukul 21.30 akhirnya petulangan reviewer pun disudahi (entah krn ngantuk atau memang sudah selesai ;-D ). Karena sudah larut malam, diruang Sidang hanya menyisakan para Bapak-Bapak dosen, sedangkan para Ibu/Ibu Dosen telah terlebih dahulu meninggalkan ruang sidang untuk keperluan lainnya,  karena proses reviewer telah selesai, kamipun berinisiatif mengajak reviewer untuk sekedar makan malam (karena dari tadi sore memang belum ketemu nasi).  Konvoi menggunakan mobil yang masih ada lantas kami menuju ke RM Begadang di daerah Bypass,  untuk sekedar mengisi perut yang telah lama berbunyi minta diisi semenjak tadi. Setiba di RM Begadang kamipun terlibat obrolan santai dengan tim reviewer,  auranya sangat berbanding terbalik ketika tadi DIBANTAI masih proses akreditasi, obrolan ringan penuh kehangatan menemani kami melewati larutnya malam. Hingga tiba pada suatu obrolan rupa-rupanya salah satu dari assesor tersebut adalah rekan satu angkatan Bapak Emir Nasrullah ketika kuliah S1 di ITB dulu. Sontak hal ini menjadi bahan diskusi hangat mengungkit kembali kisah cerita masa lalu mengenang zaman beliau berdua kuliah.

Jam telah menunjukkan pukul 24.00, menandakan bahwa hari telah larut malam, beruntung RM BEGADANG yang kami pilih sebagai tempat singgah, coba kalau ke warteg udah dari tadi pastinya di usir oleh yang empunya warteg, nah karena pegawainya sering BEGADANG kali, makanya kami tidak di usir hihihihi. As a closing, tim reviewer menyampaikan kepada kami “silahkan tunggu hasil dari visitasi kali ini dalam beberapa bulan kedepan”, kami pun lantas berjabat tangan sembari mengucapkan terima kasih kepada beliau-beliau yang telah bertugas untuk merevisi Program Studi Teknik Elektro, dengan harapan hasil terbaik atas capaian pekerjaan selama ini.

Dan finally Alhamdulillah hasil yang dicapai kali ini adalah predikat B , hasil ini menunjukkan bahwa tidak terjadi kenaikan nilai dibanding tahun-tahun sebelumnya, pastinya hal ini akan menjadi cambuk dan sebagai PR untuk meningkatkan kualitas Program Studi.

http://ban-pt.kemdiknas.go.id/ps-detail.php?tid=8704&tk=S1&ps=Teknik%20Elektro&pt=Universitas%20Lampung%20%28UNILA%29,%20Bandar%20Lampung

Riwayat Akreditasi
No. Tk. Program Studi No. SK Th. SK Peringkat Kadalursa Nomor Setifikat Tahun penilaian/Ket
1 S1 Teknik Elektro 023 2010 B Masih Berlaku

Leave a Comment


*


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>