Metode Ilmiah

Mata Kuliah Metode Ilmiah merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Mata Kuliah ini membahas filosofi dasar penelitian ilmiah (pengantar filsafat ilmu, dasar-dasar berpikir ilmiah), struktur penelitian ilmiah (dari justifikasi dan perumusan masalah hingga pengambilan kesimpulan), dan dasar-dasar komunikasi ilmiah (review dan perlatihan penulisan kalimat dan paragraf, format dan teknik penulisan makalah ilmiah, presentasi ilmiah).  Garis-garis besar program pembelajaran dapat diunduh pada tautan ini: SAP dan Jadwal Kuliah Metode Ilmiah 2013.

Untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi awal kuliah, selain menyimak presentasi dosen dan mempelajari bahan kuliah/handout yang dibagikan mahasiswa harap membaca dan memahami dengan baik beberapa makalah ini:
* Dasar dasar pengetahuan YUYUN SURIASUMANTRI
Suatu Pengantar Untuk Memahami Filsafat Ilmu
*Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah – Tejoyuwono Notohadiprawiro UGM
* Sejarah Metode Ilmiah
* CONTOH TESIS UNTUK PEMBAHASAN DI KELAS
*Contoh disertasi tentang penggunaan jasad renik pelarut pospat.  Silakan unduh file bernama 1994mep.pdf pada link ini.  Untuk pembahasannya, silakan unduh link ini.
* Slide materi kuliah (merencanakan penelitian)
* Menulis usul dan laporan penelitian
* Beberapa takrif statistika
* Latihan soal untuk ujian 1

Mahasiswa diharapkan membaca dengan cermat materi yang sudah dibagikan dan/atau diupload pada blog ini.