• Feb : 21 : 2012 - Unila Dukung Penuh Kebijakan Dikti Soal Publikasi Ilmiah
  • Feb : 21 : 2012 - Unila Akan Bahas Kelas Khusus dengan BKD se-Lampung
  • Feb : 10 : 2012 - Hello world!

(Unila): Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Hasriadi Mat Akin menegaskan Unila akan mendukung penuh kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) terkait publikasi ilmiah.

“Sebagai institusi pemerintah kita tidak dalam posisi yang bisa menolak ataupun tidak terkait kebijakan ini. Kami menganggap Dikti pun punya alasan kuat untuk memberlakukan kebijakan ini,” kata Hasriadi di ruang kerjanya, Jumat (10/2).

Menanggapi penilaian sebagian besar anggota forum rektor yang memandang kebijakan ini salah kaprah terutama bagi mahasiswa strata satu (S1), Guru Besar Fakultas Pertanian ini mengungkapkan semua pihak seharusnya tidak perlu emosi dan terburu-buru menolak tanpa memikirkan solusi.

Dikatakannya, untuk menerbitkan jurnal ilmiah yang dapat mengimbangi jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya memang agak sulit. Akan tetapi sudah ada tawaran solusi dari Dikti yakni dengan cara meneribitkan jurnal ilmiah secara online.

Menurutnya, solusi tersebut merupakan alternatif pemecahan yang cukup baik. Dengan adanya jurnal online maka setiap program studi di setiap fakultas dapat menerbitkan jurnal ilmiah secara online. Hal ini lebih mudah, praktis, tidak memakan biaya, dan tidak menghambur-hamburkan kertas (paper less).

Cukup dengan melakukan sedikit pelatihan dan meng-upgrade server maka persoalan cetak mencetak jurnal dapat teratasi. Untuk solusi ini Unila pun akan sanggup melakukannya. Hasriadi menilai, Kampus Hijau memiliki sumber daya yang memadai di bidang informasi dan teknologi (IT), khususnya dari sisi sumber daya mausia (SDM) serta sarana dan prasarana.

“Cukup dengan membeli domain dan server mudah-mudahan dalam waktu lima tahun masih cukup menampung jurnal ilmiah online,” kata dia.

Diinformasikan sebelumnya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran bernomor 152/E/T/2012 terkait publikasi karya ilmiah. Surat tertanggal 27 Januari 2012 ini ditujukan kepada Rektor/Ketua/Direktur PTN dan PTS seluruh Indonesia. Surat yang ditandatangani Dirjen Dikti Djoko Santoso itu memuat tiga poin penting bagi para mahasiswa, baik strata satu, master hingga program doktoral.

Disebutkan bahwa saat ini jumlah karya ilmiah perguruan tinggi di Indonesia masih sangat rendah. Bahkan, hanya sepertujuh dari jumlah karya ilmiah perguruan tinggi di Malaysia. Oleh karena itu, ketentuan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah karya ilmiah di Indonesia.

Apa saja bunyi ketentuan itu?
1. Untuk lulus program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah.
2. Untuk lulus program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional, diutamakan yang terakreditasi Dikti.
3. Untuk lulus program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional.

Menurut Hasriadi, surat ini sudah diedarkan ke seluruh fakultas di lingkungan Unila, dan mulai akan diimplementasikan pada mahasiswa yang akan lulus di atas bulan Agustus tahun ini. Agar mahasiswa memiliki kemudahan dalam memublikasikan penelitian, Unila meminta setiap fakultas untuk mengaktifkan kembali jurnal ilmiah di fakultas masing-masing.

“Mahasiswa juga tidak perlu panik dan khawatir, baik Dikti maupun universitas tidak akan membuat kebijakan yang dapat menyebabkan mahasiswa terhambat kelulusannya. Setiap persoalan pasti ada solusinya. Ini harus dipandang sebagai tantangan dan bukan hambatan,” pungkasnya. [Mutiara]

 

Sumber: http://www.unila.ac.id/index.php/en/component/content/article/74-berit-depan/2518-unila-dukung-penuh-kebijakan-dikti-soal-publikasi-ilmiah

Categories: Akademik

Featured Video

Unila Dukung Penuh Kebijakan...

Posted on Feb - 21 - 2012

Comments Off on Unila Dukung Penuh Kebijakan Dikti Soal Publikasi Ilmiah

Unila Akan Bahas Kelas...

Posted on Feb - 21 - 2012

Comments Off on Unila Akan Bahas Kelas Khusus dengan BKD se-Lampung

Hello world!

Posted on Feb - 10 - 2012

1 Comment

Hello world!

Posted on Feb - 10 - 2012

1 Comment

Unila Akan Bahas Kelas...

Posted on Feb - 21 - 2012

Comments Off on Unila Akan Bahas Kelas Khusus dengan BKD se-Lampung

Unila Dukung Penuh Kebijakan...

Posted on Feb - 21 - 2012

Comments Off on Unila Dukung Penuh Kebijakan Dikti Soal Publikasi Ilmiah

Twitter updates

RSS not configured

Sponsors