KBSM 2021 (Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa 2021)

Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (KBSM) merupakan kegiatan rutin Mahasiswa Himpunan Jurusan Teknologi Hasil Pangan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (HMJ THP FP Unila) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan jiwa sosial mahasiswa terhadapat masyarakat. Kegiatan ini bertemakan “Implementasi Kemampuan Lapang Mahasiswa Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 31 Januari 2021 melalui ZOOM Meetings. Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (KBSM) tahun ini diikuti oleh 135 peserta. Kegiatan Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (KBSM) ini dimulai dengan acara pembukaan, persiapan peserta, pemberian wacana, simulasi pengurus, sharing dengan peserta, dan diakhiri dengan acara penutupan

Seminar Regional Pangan dan Gizi 2020

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pangan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (HMJ THP FP Unila) telah melaksanakan Kegiatan seminar regional pangan dan gizi pada tanggal 19 Desember 2020 dengan mengusung tema “Sistem Pangan Berkelanjutan sebagai Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat Provinsi Lampung”. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan peserta sebanyak 499 orang yang diawali dengan rangkaian acara pembukaan. Acara pembukaan diawali dengan laporan dari ketua pelaksana, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum HMJ THP FP Unila, sambutan dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan , dan Hortikultura Provinsi Lampung oleh Ir. Kusnardi, M.Agr., Ec., dan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P. sekaligus membuka acara seminar. Setelah rangkaian acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan sesi utama yaitu sesi penyampaian materi.

Sesi penyampaian materi terbagi menjadi tiga sesi. Narasumber pertama merupakan Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung yaitu Ir. Ida Rahmawati, M.Si. Beliau menyampaikan materi mengenai ketahanan pangan serta permasalahan pangan yang ada di Provinsi Lampung, dan juga regulasi serta program dari Badan Ketahanan Pangan, baik dari segi kebijakan maupun strategi. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang di moderatori oleh Lathifa Indraningtyas, S.TP., M.Si.
Penyampaian materi pada sesi kedua, mengenai analisis situasi dan kebutuhan konsumsi pangan penduduk, telaah konsumsi pangan, pola konsumsi pangan yang seharusnya diterapkan (B2SA), serta kecukupan gizi seimbang dengan penguatan pangan lokal (subtitusi).yang disampaikan oleh Dr. Ir. Yaktiworo Indriani, M.Sc. dengan moderator Ningrum Fiqinanti. dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Kemudian pada sesi ke tiga penyampaian materi disampaikan oleh Dr. Ir. Samsu Udayana Nurdin, M.Si. dengan Clara Finka Aldrinasari sebagai moderator. Materi yang disampaikan pada sesi ke tiga ini mengenai pentingnya teknologi pengolahan pangan, mulai dari pengolahan hingga penyimpanan, serta teknologi pengolahan dan kondisi penyimpanan yang tepat untuk mempertahankan kandungan gizi pangan yang dilanjutkan dengan sesi diskusi. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dengan pemateri dan para peserta.

HMJ THP FP Unila Proudly Present ” Seminar Regional Pangan dan Gizi”

 

 

 

 

 

 

 

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Proudly present:

📣 *SEMINAR REGIONAL PANGAN DAN GIZI* 📣
Tema: Sistem Pangan Berkelanjutan sebagai Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat Provinsi Lampung

👤Pembicara👤
➡ Ir. Kusnardi, M.Agr., EC. (Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Lampung)
➡ Dr. Ir. Samsu Udayana Nurdin, M.Si. (Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia Provinsi Lampung)
➡ Dr. Ir. Yaktiworo Indriani, M.Sc. (Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia DPD Lampung)

Save The Date:
📆 : Sabtu, 19 Desember 2020
🕘 : 09.00 – 12.00
📝 : Zoom Meeting dan Live Stream Youtube

📌 *FREE Registration*:
https://bit.ly/SeminarRegionalHMJTHP
(Umum)

Jadwal Registrasi:
📍 Selasa, 15 Desember 2020 – Jum’at, 18 Desember 2020 pukul 22.00 WIB

💥 *Benefit* 💥
– E-SERTIFIKAT
*bagi yang mengisi link e-sertif saat acara

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dan ikuti rangkaian acaranya.

See you on Zoom!

For futher information please contact us on
📞 0823-7236-0396 (Bening)

Instagram: hmjthpunila
E-Mail: hmjthpunila@gmail.com

PEKTIN 2 & P-Trik (

Kegiatan Perlombaan Perancangan Produk Kewirausahaan

Kegiatan Perlombaan Perancangan Produk Kewirausahaan  diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung (HMJ THP Unila)  pada tanggal 14 November 2020 – 13 Desember 2020  secara daring melalui Zoom meeting. Bentuk kegiatan ini yaitu perlombaan rancangan produk dalam berwirausaha di bidang agroindustri. Peserta pada kegiatan  ini berjumlah 128 orang dan merupakan mahasiswa THP yang telah terbagi ke dalam 12 tim. Pada kegiatan  ini, peserta melakukan simulasi selama 30 hari (penentuan  ide,pembuatan outline, produksi dan pemasaran) yang berlangsung pada tanggal 15 November 2020-12 Desember 2020.

Sehari sebelum simulasi berlangsung, yaitu tanggal 14 November 2020 pada pukul 08.00-12.30 WIB. Peserta di berikan pembekalan materi via Zoom meeting yang berkaitan dengan kewirausahaan. Materi pertama adalah Kiat-kiat Berwirausaha yang disampaikan oleh Bunda Efriyanti, Amd  selaku pemilik Industri Kue Bolen Mayang Sari. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Manajemen Pemasaran yang di sampaikan oleh  Saudara Ali Alhafif, S.T.P  selaku Owner Leole Banana dan Pemilik Ayam Rempah Bang Ali dan diakhiri dengan kegiatan sharing session oleh Saudara Anggi Khairudin, S.T.P selaku Alumni jurusan Teknologi Hasil Pertanian yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum HMJ THP FP Unila Periode 2017/2018 dan berpengalaman dalam dunia wirausaha.

Pada tanggal 15 November 2020-22 November 2020 peserta diberi waktu untuk membuat outline produk dengan bahan baku yang telah ditentukan untuk dikumpulkan pada tanggal 22 November 2020 dan nantinya dilanjutkan dengan perealisasian rancangan produk menjadi suatu produk yang kreatif . Kegiatan selanjutnya adalah penjualan dan pemasaran produk sampai dengan tanggal 13 Desember 2020 serta pemberian penilaian untuk masing-masing kelompok. Tanggal 13 Desember 2020 dilakukan penilaian akhir outline dan pengumuman pemenang pada kegiatan ini.

 

Kegiatan Program Edukasi dan Kreativitas Jurusan THP 2

 

Kegiatan Program Edukasi dan Kreativitas Jurusan THP 2 (Pektin 2 THP) merupakan kegiatan lanjutan dari Pektin 1 THP. Dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 13.00 – 17.00 WIB. Pada pelaksanaanya, acara ini berisi kegiatan Perlombaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan presentasi PKM dari 10 kelompok terpilih. Presentasi PKM juga diikuti dengan sesi tanya jawab dengan juri, yaitu Ibu Dr. Dewi Sartika, S.T.P., M.Si. dan Ibu Anwika Utami Putri Djuardi, S.T.P., M.Si., M.Sc. Lalu acara diakhiri pemberian hadiah kepada 3 kelompok terbaik.

DIKTA & POK

HMJ THP FP Unila telah melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pengenalan Organisasi Kampus (Dikta dan POK) dengan tema “Tingkatkan Pengetahuan dan Minat Mahasiswa Terhadap Keorganisasian Kampus Melalui Dikta dan POK”.  Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual via Zoom Meeting dan diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Unila angkatan 2019.

Kegiatan ini terdiri dari materi ruang yang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2020. Pada kegiatan materi ruang dihadiri 128 orang. Acara materi ruang dimulai dengan acara pembukaan, pemberian materi ke HMJ-an oleh M Asyrafi Sugiharto, Manajemen Waktu oleh Lola Anandya Inke S.TP, Manajemen Konflik dan Ide oleh Tubagus Adjie Wicaksono, serta Teknik Lobi dan Proposal oleh Nurbaiti S.TP, simulasi dan acara penutup.  Materi lapang merupakan aplikasi dari materi ruang dan dilaksanakan dalam bentuk simulasi.

 

PEKTIN 1 THP (Program Edukasi dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan 1 THP)

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung (HMJ THP FP Unila) telah mengadakan Program Edukasi dan Kreativitas Jurusan THP (PEKTIN 1 THP) yang dilaksanakan pada tanggal 7 November. Program ini mengusung tema “Pengembangan Kreativitas dan Jiwa Kompetisi Mahasiswa Terhadap PKM Melalui Pektin THP”. Dalam pelaksanaannya, terdapat serangkaian kegiatan yang dimuat dalam pelatihan program kreativitas mahasiswa dan dilaksanakan pukul 10.30-17.45 WIB. Acara diawali dengan pembukaan dimana sambutan pembuka disampaikan langsung oleh Ahmad Rizki Ramadhan selaku Ketua Umum HMJ THP Unila dan Ibu Dr. Dewi Sartika., S.T.P., M.Si. selaku Pembimbing Kemahasiswaan THP FP Unila

Setelah rangkaian acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Bapak Esa Ghanim Fadhallah S.Pi., M.Si. mengenai Pengenalan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Manajemen Ide. Penyampaian materi kedua mengenai Teknik Kepenulisan, Teknik Presentasi, dan Tips dan Trik Lolos PIMNAS disampaikan oleh Bapak Dr. Agung Abadi Kiswandono, S.Si., M.Si.. Diskusi interaktif dilakukan pada setiap pemateri yang dipandu oleh moderator. Selanjutnya, diadakan simulasi untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh sebelumnya dalam bentuk outline singkat PKM. Diharapkan para peserta telah mendapatkan bekal untuk menulis PKM yang nantinya akan dilombakan dalam kegiatan Perlombaan PKM pada acara Pektin THP ini.

Para peserta akan dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan 3-6 orang yang selanjutnya akan diberikan waktu 1 bulan untuk membuat PKM.

 

PESAN THP (Pemberian Wawasan THP)

Pada hari Minggu, 01 November 2020 telah dilaksanakan program kerja Pemberian Wawasan THP (PESAN THP) dengan tema “Meningkatkan Sikap dan Peran Mahasiswa dalam Lingkup Sosial Melalui PESAN THP”. Acara ini diikuti oleh Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Angkatan 2019 sebagai peserta. Acara ini diawali dengan pemberian materi prakondisi. Materi yang diberikan adalah Kepedulian dan Kepemimpinan. Kemudian dilanjutkan dengan agenda simulasi dari materi-materi yang telah diberikan.

Pemberian Wawasan (PESAN) THP merupakan program kerja perdana dari bidang pengabdian masyarakat. Kegiatan ini memiliki tujuan menumbuhkan sikap kepemimpinan dan kepedulian antar anggota HMJ THP FP Unila. Kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab, kedisiplinan, dan kepedulian pada mahasiswa. Kegiatan PESAN THP ini dilaksanakan pada tanggal 01 November 2020 dengan tema “Meningkatkan Peran dan Sikap Mahasiswa THP Dalam Lingkup Sosial Melalui PESAN THP” serta kegiatan ini ditujukan untuk Mahasiswa Jurusan THP angkatan 2019. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara yang dilakukan oleh dosen Pendamping Kemahasiswaan Jurusan THP yaitu Bapak Esa Ghanim Fadhallah, S.Pi., M.Si. lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Optimalisasi Peran Mahasiswa yang disampaikan oleh Andri Pratamana serta materi tentang Etika dan Simpati yang disampaikan oleh M. Azdhan Alfharobby.

Fordisma 1 (Forum Diskusi Mahasiswa 1)

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung (HMJ THP FP Unila) telah melaksanakan program kerja Fordum Diskusi Mahasiswa 1 atau Fordisma 1 dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Mahasiswa melalui Fordum Diskusi Mahasiswa”. Topik permasalahan yang diangkat adalah Kuliah Daring di Masa Pandemi.

Agenda Acara dimulai dengan sambutan Ketua Umum HMJ THP FP Unila, Dosen Pendamping lalu acara dibuka oleh Bapak Esa Ghanim S. Pi, M. Si, selaku Dosen Pendamping Mahasiswa THP FP Unila. Acara dilanjutkan ke acara inti yaitu Pemberian Wacana oleh Sekretaris Umum kemudian pembagian kelompok sudut pandang yaitu, Pemerintah, Dosen, dan Mahasiswa. Lalu, adanya agenda diskusi masing-masing kelompok dan Diskusi Pleno setelahnya. Pada akhir acara terdapat pengarahan dari Ketua Bidang Seminar dan Diskusi, Adelia Resita Luthfah.

Lokakarya Kepengurusan HMJ THP FP Unila 2020/2021

Pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung (HMJ THP FP Unila) telah mengadakan lokakarya program kerja kepengurusan periode 2020/2021 yang bertema “Bersama Kita Wujudkan Kader HMJ THP FP Unila yang Edukatif, Sinergis, dan Aspiratif Melalui Lokakarya”. Acara ini dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Tanto Pratondo Utomo, M. Si, selaku Sekretaris Jurusan THP. Lokakarya dilakukan pemaparan terkait visi dan misi kepengurusan periode 2020/2021, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program kerja oleh Bidang Pendidikan dan Penalaran, Bidang Seminar dan Diskusi, Bidang Pengabdian Masyarakat, dan Bidang Dana dan Usaha.

Rapat Umum Anggota HMJ THP FP Unila XXVIII

Rapat Umum Anggota (RUA) adalah forum di mana 1 periode kepengurusan dievaluasi. Tujuan kegiatan ini berupa mengevaluasikan seluruh aktivitas pengurus HMJ THP FP Unila agar dapat diperbaiki untuk masa yang akan datang. Kegiatan RUA dihadiri oleh seluruh anggota HMJ THP FP Unila yaitu anggota penuh serta anggota muda. Pada tanggal 22 – 23 Agustus 2020 telah dilaksanakannya RUA XXVIII secara daring via ZOOM.

Kegiatan RUA dibuka oleh Ir. Susilawati M.Si selaku Ketua Jurusan THP FP Unila lalu dilanjutkan dengan Sidang Pleno 1 yaitu pembahasan dan penetapan tata tertib RUA XXVIII lalu dilanjutkan dengan Sidang Pleno 2 yaitu membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2018/2019. Selesai pembahasan, dilanjutkan dengan Sidang Pleno 3 yaitu pembahasan dan penetapan AD ART, GBHPKO dan Rekomendasi. Terakhir, pada Sidang Pleno 4 di akhiri dengan pemilihan serta penetapan Ketua Umum HMJ THP FP Unila periode 2020/2021. Hasil dari RUA XXVIII ini adalah penetapan Ahmad Rizki Ramadhan sebagai Ketua Umum HMJ THP FP Unila Periode 2020/2021.