PPWKK

HMJ THP (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian) telah menyelenggarakan PPWKK (Program Pengenalan Wawasan Keorganisasian Kampus), PPWKK ruang dilaksanakan di Gedung M Fakultas Pertanian (FP) pada Sabtu hingga Minggu (3-4/12/11).Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ir. Muhammad Nur, M.Sc., selaku dosen pendamping kemahasiswaan HMJ THP. Sedangkan PPWKK lapang diadakan hari sabtu hingga minggu (10-11/12/11) bertempat di desa way harong kec way lima kabupaten pesawaran.

Tujuan dari kegiatan ini untuk Memberikan gambaran umum mengenai HMJ THP FP Unila serta membuka wacana dan wawasan keorganisasian kampus. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari proses kaderisasi yang ada dalam tubuh HMJ THP. Karena HMJ THP membutuhkan regenerasi yang dapat meneruskan perjuangan HMJ THP ke depannya. Kegiatan yang berada di bawah Bidang Pengabdian Masyarakat HMJ THP ini memberikan 7 (tujuh) meteri dalam dua hari kegiatannya. Setiap materi diakhiri oleh simulasi untuk para peserta.

Materi pertama yaitu Pengembangan Potensi Diri yang disampaikan oleh Ryan Arif Wibowo, Kepala Bidang (Kabid) Seminar dan Diskusi HMJ THP. Materi Kedua yaitu Manajemen Waktu yang disampaikan oleh Ahmad Syarifudin, S.T.P., yang merupakan Ketua Umum HMJ THP periode 2010/2011. Tentunya manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa ketika nantinya berkecimpung dalam dunia organisasi. Sehingga dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin serta menyeimbangkannya dengan kegiatan akademik. Selanjutnya materi Manajemen Konflik oleh Robiansyah yang merupakan Sekretaris Bidang Seminar dan Diskusi HMJ THP. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika bergelut dalam dunia organisasi nantinya, mahasiswa pasti akan menemui berbagai permasalahan yang mungkin menimbulkan konflik. Maka dibutuhkan manajemen konflik dalam mengelola permasalahan tersebut agar dapat terselesaikan dengan baik.

Memasuki hari kedua PPWKK, materi Team Work disampaikan oleh Rika Istianto yang merupakan Kabid Seminar dan Diskusi Periode 2010/011. Menurutnya, kerjasama dalam tim pastinya sangat dibutuhkan setiap kali menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam organisasi. Selanjutnya, materi Motivasi Berorganisasi disampaikan oleh Nur Prayoga, Ia mengatakan, butuh motivasi yang kuat bagi seorang mahasiswa untuk dapat terjun dalam organisasi. Motivasi yang kuat akan melahirkan komitmen yang tinggi. Selanjutnya, mengingat kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru untuk proses regenerasi HMJ THP ke dapan, maka disampaikan pula materi yang berkaitan dengan seluk-beluk HMJ oleh Juliansyah yang merupakan Sekretaris Umum HMJ THP. Terakhir, sebagai salah satu proses yang tidak terlepas dari kegiatan dalam HMJ yaitu mencari sumber pendanaan kegiatan, maka diberikan pula meteri Teknik Lobi dan Pembuatan Proposal. Materi ini disampaikan langsung oleh Bendahara Umum HMJ THP,  Yuka Eletra.

Pada tanggal 10-11 desember 2011 telah dilaksanakan PPWKK lapang yang diikuti 61 orang peserta (61 dari 64 jumlah mahasiswa baru). Alhamdulillah kigiatan ini berjalan lancer ditutup dengan pemilihan king quen serta pemberian nama angkatan kepada mahasiswa baru (angkatan 2011) “Janji Gerhana”.