STADIUM GENERAL DAN SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN HIDUP 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 3 Mei 2012 HMJ THP mengadakan kegiatan Studium General dan Seminar Nasional Lingkungan Hidup. Kegiatan ini bertujuan Mengkaji Permasalahan dan Mencari Pemecahan Masalah. Acara Studium General dan Seminar Nasional Lingkungan Hidup 2012 ini bertemakan  ”Strategi Pengelolaan Lingkungan dan Pemanfaatan Limbah Hasil Pertanian Menuju Indonesia Berkelanjutan”.

Acara dibuka dengan Tari Sembah yang merupakan tari asal lampung sebagai tari penyambutan. Studium General mengangkat topik Kesadaran Pelaku Agroindustri dan Masyarakat dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia yang Berwawasan Lingkungan, dengan Key Note Speaker kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dan moderator Prof. Dr. Ir. Dermiyati, M.S. lalu dilanjutkan dengan sesi 1 dengan topik “Permasalahan Pengelolaan Limbah dan Dampak yang Terjadi Akibat Pencemaran Limbah Agroindustri” Pembicara: Praktisi Agroindustri (Ir. Agung Rusyanto) dimoderatori oleh Dr. Eng. Ir. Udin Hasanudin, M.T.

Selepas istirahat makan siang dan sholat dilanjutkan dengan sesi 2 yang menghadirkan dua pemateri dengan topik “Konsep Pengelolaan Limbah Agroindustri” Pembicara: Akademisi Unila Bpk. Dr. Ir. Tanto Pratondo Utomo, M. Si, “Penerapan Konsep Green Economy Sebagai Upaya Penanganan Permasalahan Lingkungan Dalam Mewujudkan Indonesia Berkelanjutan” Pembicara: Ketua ICSD (Indonesia Center for Sustainable Development) Bpk. Prof. Ir. Surna Tjahja Djajadiningrat, M.Sc., Ph. D. dimoderatori oleh Ir. Ribut Sugiharto, M.Sc dan dilanjutkan degan diskusi panel. Acara ini dihadiri oleh 325 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, guru, instansi swasta dan pemerintah serta masyarakat umum.