HMJ THP selenggarakan LKS SMA Sederajat se-Lampung

pamflet lks-c

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian akan menyelenggarakan Lomba Kreasi Siswa (LKS) SMA Sederajat se-Lampung dengan tema “Kreativitas dan Inovasi Produk Pangan Anak Bangsa”. Kegiatan ini akan diadakan pada Minggu, 10 Maret 2013. Rencananya, akan berlangsung mulai pukul 08.30 WIB, bertempat di Aula Fakultas Pertanian dan Pelataran Parkir Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila).

Rangkaian acara LKS ini meliputi dua kegiatan perlombaan, yakni Lomba Inovasi Produk Olahan (LIPO) dan Majalah Dinding (Mading) dengan registrasi masing-masing Rp50.000/karya untuk LIPO dan Rp50.000/tim untuk lomba Mading. Lomba Inovasi Produk Olahan ini merupakan lomba yang diadakan untuk mengasah kreativitas siswa SMA sederajat dalam bidang pangan. Dalam lomba ini siswa membuat suatu produk pangan dengan sentuhan inovasi.

Inovasi pangan tersebut dapat berupa adanya penambahan bahan baku maupun bahan tambahan, modifikasi, atau daur ulang dari produk yang sudah ada sebelumnya. Inovasi juga dapat berupa suatu produk yang belum pernah ada sebelumnya. Ide kreativitas dan inovasi dapat dituangkan melalui pembuatan makalah yang disesuaikan dengan format yang sudah ditentukan oleh panitia.

Pembuatan makalah inovasi produk pangan ini dilakukan berkelompok dengan anggota kelompok tiga orang. Tiap kelompok dapat mengirimkan makalah maksimal 2 karya sebelum tanggal penutupan pendaftaran 15 Februari 2013. Setelah itu, dilakukan tahap penyeleksian dan dipilih tiga tim pemenang.

Selanjutnya ada juga kegiatan perlombaan Mading. Ini merupakan lomba yang diadakan untuk mengasah kreativitas siswa SMA sederajat dalam bidang jurnalistik. Tiap sekolah dapat mengirimkan utusan maksimal dua tim dengan anggota empat orang/tim. Tema dalam perlombaan Mading adalah “Pangan Indonesia”. Perlombaan Mading ini terbatas untuk 20 tim. Pemenang ditentukan oleh juri. Nantinya, akan dipilih 3 pemenang.

Bagi yang ingin melakukan pendaftaran atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Eka Putri Asrialni (08972259240), Deni Setiawan (087899093808), dan Suci Marita Damaiyanti (085769627837). Calon peserta juga dapat mengunjungi Sekretariat HMJ THP FP Unila di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa FP Unila, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 01 Bandar Lampung, 35145.