BE YOURSELF IN TERM OF POSITIVE

Picture12

Menjadi guru besar merupakan sebuah puncak akhir profesi bagi seorang dosen. Prof. Dr. Ir. Tirza Hanum, M.S., Ph.D. meraih gelar sebagai guru besar bidang teknologi pangan berkat restu dari sang suami yang tak luput juga dorongan dari keluarga dan lingkungannya. Sebagai seorang guru besar, beliau adalah sosok yang sangat disukai oleh para mahasiswa atas sikapnya yang tegas, disiplin, dan memotivasi pada setiap perkuliahan yang ia berikan.  Beliau merasa bahwa sudah menjadi tugasnya dalam mendorong mahasiswa untuk terus maju dan berusaha agar mereka dapat menjadi lulusan yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai seorang motivator, beliau adalah sosok yang sangat dirindukan kehadirannya selama perkuliahan. Kehadirannya di ruang perkuliahan adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu untuk mendengar apalagi kisah yang akan beliau sampaikan agar memotivasi para mahasiswa. Setiap kisah yang beliau berikan merupakan hasil pengalaman hidupnya yang ingin ia sampaikan kepada mahasiswa agar dapat membantu dalam memotivasi diri mereka sendiri untuk terus berjuang dan berusaha dalam menggapai sebuah mimpi. “Be yourself in term of positive, kalau belum positif ya sebaiknya ubah dulu menjadi positif.”, pesan beliau kepada seluruh mahasiswa THP, “ dan jadikanlah keberadaan Jurusan THP ini dalam membangun kemampuan untuk terjun di masyarakat, serta kehadiran HMJ sebagai tren-model untuk mahasiswa agar menjadi lebih baik.”, tambahnya.

Menurut beliau, sebagai seorang mahasiswa harusnya memiliki sikap jujur, kerja keras, terbuka, bertanggung jawab, dan tidak pantang menyerah.  Seorang mahasiswa perlu memiliki sebuah mimpi, karena mimpi merupakan motivasi untuk diri sendiri agar terus bekerja dan berprestasi untuk menggapai mimpinya tersebut. Mahasiswa sebaiknya mampu menjadi contoh yang baik untuk lingkungan sekitarnya, karena kebiasaan akan terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Lingkungan yang baik akan turut membentuk karakter yang baik bagi seorang mahasiswa.