Bisbul (Diospyros blancoi)

Buah bisbul atau buah mentega (Diospyros blancoi), merupakan kerabat dengan kesemek. Konon kabarnya buah ini berasal dari Filiphina. Pohon bisbul tidak terlalu tinggi, umumnya yang saya jumpai dijumpai tingginya sekitar 15 m dengan batang lurus dengan tajuk terlihat seperti kerucut. Daunnya berbentuk lonjong, bertepi rata dengan pangkal membundar dan ujung meruncing dan tersusun berseling.

Buah bisbul mengandung banyak manfaatnya, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh karena dalam setiap 100 gram buah bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 46 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, roblavin, dan energi (sumber).

Buah ini memiliki rasa manis dan ada sedikit sepat. Oh iya, jangan pegang kulit buahnya yg lembut seperti beludru, kulit buah ini bisa membuat kulit anda gatal. Ternyata selain dimakan segar, buah ini bisa dibuat dodol, ini saya ketahui dari sebuah laporan program kreativitas mahasiswa yang dibuat oleh mahasiswa/i IPB pada tahun 2008. silahkan baca abstraknya disini.

Kalsifikasi ilmiah :

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Bangsa : Ebenales
Suku : Ebenaceae
Marga : Diospyros
Spesies : Diospyros blancoi A. DC.

tulisan ini juga saya posting di blog saya lainnya