Membuat Taman Minimalis Sendiri

taman minimalis - jani master 8Taman bukan sekedar pengisi ruang kosong di halaman rumah. Banyak manfaat dari taman, diantaranya memberikan rasa nyaman, segar, menyaring polusi dan tempat bermain. Taman tidak perlu luas dan mahal, kita dapat membuatnya sendiri sesuai selera. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

  1. Konsep atau model taman yang akan dibuat. Tidak perlu pusing memikirkannya, anda tinggal buka internet dan mencarinya disana, ada banyak contoh taman yang dapat ditiru
  2. Biaya. Hal ini menjadi faktor penentu selanjutnya, jika anda punya keinginan untuk membuat taman dengan material yang mewah tetapi dana terbatas maka dijamin taman anda tidak akan jadi.
  3. Pemilihan bahan. Bahan yang dimaksud disini yaitu mulai dari jenis tanaman yang akan ditanam hingga material pelengkapnya. Ketika memilih tanaman tidak hanya faktor keindahan, tetapi apakah tanaman tersebut cocok dengan kondisi lingkungan yang akan kita tanam. Seperti tanaman yang tidak tahan panas akan sulit tumbuh jika diletakkan pada ruang yang terbuka dan terkena sinar matahari penuh. Pohon yang besar akan menjadi peneduh yang baik, namun  akan menghabiskan tempat pada lahan yang sempit bahkan akarnya dapat menghancurkan bangunan rumah anda. Satu lagi, jika anda tidak mempunyai banyak waktu untuk merawatnya, maka carilah tumbuhan yang tidak memerlukan perawatan khusus dan daunnya tidak mudah rontok sehingga menimbulkan sampah pada pekarangan rumah anda.
  4. Manfaat. Jika anda menginginkan manfaat lebih dari taman rumah anda, seperti penghasil buah dan sayuran, maka anda dapat juga menyelipkan tanaman buah, sayur maupun tumbuhan obat pada taman yang anda buat.

Setelah mempertimbangkan empat hal di atas, maka langkah terakhir adalah memulai membuatnya. Sebaiknya pilihlah musim hujan untuk memulai membuat taman, hal ini akan mengurangi beban anda untuk menyiramnya dan meminimalisir tanaman mati akibat kepanasan dan kekeringan.

Menyusun tanaman hias sesuai selera

Menyusun tanaman hias sesuai selera

 

Gunakan tanah yang subur untuk mengisi pot tanaman

Gunakan tanah yang subur untuk mengisi pot tanaman

Teknik vertikultur atau menanam secara vertikal dapat digunakan untuk mengakali lahan pekarangan yang sempit, bahan-bahan bekas seperti bekas botol minuman juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti pot. Selain itu pemilihan tanaman yang bermanfaat dapat memberikan nilai lebih. Seperti pada taman yang saya buat, saya menanam daun bawang dan sawi secara vertikultur pada pekarangan rumah menggunakan botol bekas minuman. Selain memberikan keindahan dan kesegaran, tanaman ini bisa dimanfaatkan. Cabai merah, daun sirih, pandan wangi dan lidah buaya juga dapat menjadi pilihan tumbuhan bermanfaat yang dapat ditanam.

Penanaman dengan teknik vertikultur dan pemanfaatan barang bekas

Daun bawang dan sawi yang ditanam dengan teknik vertikultur dan pemanfaatan barang bekas

 

Cabai merah di pekarangan selain memberikan keindahan dan kesegaran juga dapat dipetik buahnya

Cabai merah di pekarangan selain memberikan keindahan dan kesegaran juga dapat dipetik buahnya

 

Air hujan membantu menyiram tanaman. Taman juga membantu menyerap air hujan sehingga mencegah banjir

Air hujan membantu menyiram tanaman. Taman juga membantu menyerap air hujan sehingga mencegah banjir

“Seindah apapun taman yang anda buat, jika tidak dirawat maka perjuangan anda untuk membuatnya akan sia-sia”