Saya baru saja membeli gadget yang bernama Mocute Bluetooth Wireless Gamepad & Selfie Shutter Remote. Gadget ini dapat digunakan untuk remote shutter buat tombol jepret kamera pada ponsel, gamepad, dan alat remote presentasi. Semua itu dapat dilakukan melalui koneksi bluetooth. Fitur saat ini yang banyak saya gunakan adalah gamepad, tentu saja untuk bermain. Tentu saja yang paling menyenangkan adalah menjadi alat remote presentasi sehingga pada saat saya mengajar, saya tidak perlu berada dekat komputer, tetapi tetap dapat menjalankan slide. Bentuk dari dari perangkat ini dapat dilihat pada gambar.

Untuk menghubungkan, cukup hidupkan (tekan selama 2 detik), dan cari menggunakan perangkat yang ingin dihubungkan, misal ponsel android atau PC. Pada Windows 7, saya harus memasukkan pairing code/key dengan nilai 0000. Perangkat ini memiliki saklar/switch yang berfungsi mengubah dari mode gamepad ke remote shutter. Posisi atas adalah gamepad, posisi bawah adalah remote shutter. Untuk menggunakannya sebagai mouse, setting harus di remote shutter, kemudian tekan Start + X, perangkat harus sudah terhubung.

Saya mencoba menghubungkan 2 perangkat ke ponsel android. Hasilnya, hanya satu perangkat saja yang boleh terhubung. Mungkin karena dianggap input sejenis. Tetapi, untuk komputer yang berjalan di sistem operasi Windows 10 (dan bisa jadi versi di bawahnya), 2 perangkat dapat terhubung sekaligus. Bahkan saya bisa menjalankan fungsi mouse di keduanya. Tentu saja, saya tidak lupa mencobanya di game. Saya mencoba menggunakan keduanya di game Hammerhead dan berjalan sempurna. Saya yakin kalau ada 4 gamepad ini, semuanya juga bisa jalan sekaligus.

Mocute Bluetooth Wireless Gamepad & Selfie Shutter Remote

Mocute Bluetooth Wireless Gamepad & Selfie Shutter Remote