NOOBS membantu dalam melakukan dual boot pada Raspberry Pi. Tetapi, ada kalanya sistem operasi tertentu sudah menjadi pilihan utama setiap kali Raspberry Pi dijalankan. NOOBS memberikan pilihan untuk boot langsung ke partisi pilihan melalui pembuatan berkas bernama autoboot.txt yang diletakkan dalam partisi RECOVERY.

Tahapan untuk mengaplikasikan autoboot.txt adalah sebagai berikut:

  1. Cari tahu partisi dari sistem operasi untuk boot langsung.
    1. Pada Linux, dapat mengetik sudo fdisk -l atau lsblk, partisi yang bisa dipilih adalah yang dalam format FAT32. Nomor partisi dapat dilihat berdasarkan nama partisi, misal /dev/mmcblk04 berarti nomor 4.
    2. Pada Windows, partisi akan tampil dalam bentuk drive, partisi yang bisa dipilih adalah yang bisa dibaca oleh Windows karena dalam format FAT32. Posisi partisi tersebut tepat sebelum partisi utama sistem operasi. Hitung urutannya dari drive dengan abjad terawal pada SD Card. Misal: F, G, H, I, J, jika partisi boot ada pada I, berarti nomor partisi adalah 4.
  2. buka partisi RECOVERY.
    1. Pada Linux seperti Raspbian, bisa dilakukan mounting.
    2. Pada Windows, partisi akan tampil sebagai sebuah drive.
  3. Buat berkas autoboot.txt.
  4. Buka berkas autoboot.txt dan ketikkan “boot_partition=<nomor partisi>”. Misal: boot_partition=4
  5. Simpan berkas autoboot.txt
  6. Masukkan SD Card ke dalam Raspberry Pi dan jalankan.

Splashcreen dan GUI NOOBS tidak akan tampil sama sekali. Jika mau menampilkannya kembali, cukup hapus berkas autoboot.txt.

Referensi: