Jurnal yang akan terindeks di SINTA harus melalui proses berikut:

  • Jurnal yang akan masuk ke SINTA harus mendaftarkan melalui portal ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dengan alamat url: http://arjuna.ristekdikti.go.id/.
  • Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti akan menugaskan Asesor Akreditasi yang terdiri dari penilai konten dan penilai manajemen untuk menilai jurnal yang masuk ke Arjuna. Instrumen penilaian akreditasi berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 9 tahun 2018 dan Perdirjen Risbang no 19 tahun 2018 yang memberikan peringkat 1 sampai 6, dan diakronimkan sebagai Sinta 1 sampai 6.

Kategori Jurnal Keterangan
Sinta 1 Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
Sinta 2 Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85
Sinta 3 Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70
Sinta 4 Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60
Sinta 5 Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50
Sinta 6 Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40

  • Jurnal yang telah dikategorikan berdasarkan Sinta 1 sampai Sinta 6 akan dilakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah sitasi dan h-indeks dari Google Scholar yang telah dibuat oleh masing-masing jurnal setelah dilakukan verifikasi.
  • Proses Akreditasi dan Evaluasi Jurnal dilakukan berdasarkan waktu pendaftaran dan penetapan yang dilakukan oleh Direktur Pengelolaaan Kekayaan Intelektual.
  • Jurnal yang sudah mendaftar ke Arjuna dan belum masuk di Sinta diharapkan dapat menunggu periode akreditasi atau evaluasi selesai, dan tidak meminta untuk didaftarkan melalui ke helpdesk Sinta.

Sumber: http://sinta2.ristekdikti.go.id/home/faq#ans2