Kegiatan PKM PGSD Dalam Jabatan

Kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) bagi mahasiswa PGSD Dalam Jabatan meliputi:

  1. Mengikuti pembekalan PKM;
  2. Mengikuti pengarahan dari DPL sesuai jadwal atau kesepakatan;
  3. Menyampaikan surat permohonan izin melakukan PKM kepada Kepala SD tempat PKM;
  4. Menyiapkan RPP yang disusun sesuai ketentuan penyusunan RPP yang benar, diketik rapi, disetujui dan ditanda tangani oleh Guru Pamong; Kepada DPL, RPP dikirim ke e-mail: ngadimun_hd@unila.ac.id lalu diberitahukan via SMS.
  5. Siapkan media pembelajaran dan kuasai materi secara baik (jangan terjadi kesalahan dalam penyampaian materi pelajaran);
  6. Memberikan RPP dan lembar penilaian sehari sebelum praktik kepada Guru Pamong;
  7. Penyusunan laporan PKM, kita bahas tanggal 15 April 2014 atau sesuai kesepakatan peserta PKM (agar semua bisa hadir).

Rambu-rambu penyusunan RPP, antara lain seperti berikut.

  1. Ada identitas mata pelajaran atau tema di kelas rendah;
  2. Penulisan Kompetensi Dasar (KD) dengan nomor dua angka;
  3. Setiap KD dijabarkan ke dalam minimal 3 indikator, lebih banyak akan lebih rinci;
  4. Kalimat indikator agar menggunakan kata kerja operasional
  5. Rumusan kegiatan pembelajaran pada pendahuluan, inti, dan penutup, agar rinci;
  6. Penulisan buku sumber agar mencantumkan nama pengarang, tahun terbit, dan halaman yang dirujuk;
  7. Penulisan bagian evaluasi agar dirinci: tes tulis, lisan, atau praktik; instrumen (soal) ditulis beserta kunci jawaban dan pedoman pemberian nilai.

Semoga Anda memperoleh hasil BAIK dalam PKM ini.

Materi Ujian MK TIKP

Diberitahukan kepada mahasiswa PGSD Penyetaraan S1 PGSD Dalam Jabatan bahwa ujian praktik on line MK Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) disepakati akan dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Februari 2014 pukul 09.00 – 12.00 di Aula A. Penjelasan teknis pelaksanaan ujian tersebut seperti berikut.

  1. Membawa laptop dengan modem yang terisi cukup pulsa untuk mengikuti ujian praktik MK TIKP.
  2. Berlatih membuat slide dengan PowerPoint
  3. Sebelum pelaksanaan ujian, mahasiswa agar memiliki electronik mail (e-mail), dan berlatih: mengirim email, membuka e-mail, dan membalas e-mail.
  4. Berlatih akses dan menelusuri (browssing) internet untuk mencari bahan ajar untuk pengayaan atau perundang-undangan pendidikan atau informasi lain tentang Kurikulum 2013.
  5. Nomor 1 sampai 4 di atas menjadi materi ujian praktik dan jika Anda memiliki Blog serta dapat praktik mengunggah tulisan atau suatu materi akan diberi nilai tambah untuk memperoleh nilai A.
  6. Selamat berlatih dan semoga Anda memperoleh nilai baik.

Tugas MK DDPK tgl 20-12-2013

Hari ini, 20-12-2013 saya ada kegiatan pengisian SIPKD dari Dikti, maka sebagai penggantinya klik file tugas berikut: Kurikulum (lama) SDN 2 RL, lalu lakukan dalam kelompok (4 orang, kelompok 1 adalah no urut daftar hadir 1-4, kelompok 2 no 5-8 dst), lakukan:

  1. Editing agar Kurikulum tersebut sesuai dengan Kurikulum SD 2013.
  2. Editing berdasarkan: Permendikbud No.54, 64, 65, 66, 67, dan 81-A
  3. Terapkan teknis penulisan sesuai kaidah penulisan karya tulis ilmiah, ganti Bab (angka Romawi, ganti halaman)
  4. Tugas ini kerjakan pada jam kuliah hari ini, 20-12-2013 (tulis identitas nama, NPM, Ketua, Sekretaris, dan Anggota)
  5. Semoga anda memperoleh hasil baik.

Tugas MK Teknologi Informasi & Komunikasi Pend

Bagi mahasiswa PGSD Dalam Jabatan (penyetaraan S1), sebagai tindak lanjut perkuliahan MK Teknologi Informasi & Teknologi Pend (TIKP) tgl 17-12-2013, Bp/Ibu agar melaksanakan tugas berikut.

  1. Telah mulai menguasai MsWord untuk penulisan skripsi.
  2. Telah mulai menguasai MsExcel untuk menghitung data penelitian dan nilai hasil belajar siswa.
  3. Mencatatkan e-mail pribadi kepada Ketua Kelas
  4. Telah membuka dan membuat daftar alamat-alamat Website: Unila, FKIP,  Dosen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Website yang banyak berisi informasi bagi guru SD.
  5. Nomor 1-4 di atas, agar selesai pada perkuliahan tanggal 15 Desember 2013 dan akan dinilai.
  6. Beritahu semua kawan pengambil mata kuliah TIKP ini.
  7. Tugas ini agar dilaksanakan dengan optimal, semoga Bp/Ibu memperoleh manfaat dan hasil yang baik, terima kasih.