Pengambil MK Dasar-Dasar Pendidikan

Diberitahukan kepada mahasiswa PGSD Paralel semester 1 bahwa saya hari ini sehari penuh, menjadi nara sumber PLPG di LPMP. Maka tugas Anda adalah mengunduh (download) UU No.20/2003, UU No.14/2005, dan Permendiknas No.16/2007, dari blog ini di menu Undang-undang Pendidikan, lalu klik Undang-undang. Jika Anda belum punya laptop agar di-pint out, lihat dan kerjakan tugas di menu Tugas MK DDP.

Lalu segera Anda mendaftar di VClass di http://vclass.unila.ac.id untuk dapat mengikuti MK ini secara on line. Enrollmen Key-nya akan saya SMS-kan. Terima kasih.

Segera Daftar ke vclass

Mahasiswa pengambil mata kuliah DDPEP pada semester ganjil TA 2014/2015 agar segera mendaftar ke vclass dengan membuka http://vclass.unila.ac.id dan gunakan SSO (single sign online) Anda. Jika SSO Anda bermasalah atau belum punya, hubungi langsung petugas di Gedung Puskom lantai 2. Sepuluh pendaftar pertama akan diberi nilai tambah, beritahu teman Anda, terima kasih.

Agenda Perkuliahan MK DDP PGSD Paralel: 11-11-2014

Telah registrasi di vclass, klik di sini: Mhs yg telah mendaftar di vclass

TUGAS MK DDP PGSD PARALEL

Hari ini saya ada tugas sebagai nara sumber PLPG di LPMP, maka tugas yang harus Anda kerjakan pada jam kuliah hari ini adalah seperti berikut.

  1. Menggunakan materi UU No.20/2003, UU No.14/2005, dan Permendiknas No.16/2007 (ambil di blog ini). Kerjakan resume atas konsep-konsep terkait dengan hal-hal di bawah ini dalam kelompok. Caranya kelompok 1 adalah sesuai daftar hadir nomor urut 1 – 5, kelompok 2 nomor urut 6-10, dan seterusnya. Tetapkan seorang ketua kelompok dan sekretaris, lainnya anggota, dan buat daftar hadir kerja kelompok dan berita acara (menyatakan bahwa yang bertanda tangan adalah mahasiswa yang benar hadir dan ikut aktif).
  2. Lakukan diskusi, dalam menyusun resume bukan sekedar mengutip tapi beri juga penjelasannya.
  3. Setelah didiskusikan pada jam kuliah, penyelesaiannya Anda lanjutkan di luar jam kuliah
  4. Tulis di kertas A4 dengan huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi1,5.
  5. Dikumpulkan Rabo, 11 November 2014, dan semoga Anda memperoleh hasil kerja yang baik.

Resumekan dengan kerja kelompok:

  1. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan, pendidik, dan peserta didik?
  2. Apa beda pendidikan formal, non formal, dan in formal, serta beri contohnya masing-masing!
  3. Apa dasar pendidikan di Indonesia? Juga fungsi dan tujuannya!
  4. Siapa saja yang dinyatakan sebagai pendidik?
  5. Apa beda antara pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi dan berilah ruang lingkupnya masing-masing
  6. Siapakah guru itu? Apa saja tugas utama guru?
  7. Manakah yang dinyatakan sebagai guru profesional?
  8. Jelaskan, apa yang diaksud dengan keududkan guru dan dosen sebagai tenaga profesional?
  9. Apakah prinsip-prinsip kerja yang harus dimiliki oleh Profesi guru dan profesi dosen?
  10. Jelaskan hal-hal apa yang terkait dengan tunjangan profesi guru?
  11. Apa saja kompetensi  yang harus dimiliki guru, jelaskan perbedaannya antara kompetensi satu dengan lainnya?
  12. Buat sekemanya pada setiap kompetensi, rincian jumlah sub kompetesi dan butir-butirnya.
  13. Sejauhmana guru harus memberi contoh berperilaku yang baik, kompetensi dan butir kompetensi mana yang mengharuskan itu?
  14. Adakah guru dituntut memiliki kemampuan menguasai komputer dan akses internet? Kompetensi dan butir kompetensi mana yang mengharuskan itu?
  15. Semoga Anda memperoleh hasil belajar yang optimal.

————————————————————————————————–

Saya hari ini tidak bisa masuk karena sedang dalam perjalanan ke Denpasar Bali, tugas Anda mahasiswa Semester 1 Prodi PGSD Reguler TA 2014/2015 MK Dasar-dasar Pendidikan adalah:

  1. Bentuk kelompok diskusi, anggotanya 5-6 orang; kelompok 1 nomor urut daftar hadir 1-5, kelompok 2 nomor urut 6-10, lalu tetapkan ketua dan sekretaris kelompok.
  2. Setiap kelompok ada wakilnya yang mempresentasikan hasil kerja tugas perkuliahan minggu lalu.
  3. Setia Ketua kelompok mencatat jalannya presentasi, dan bersama tugasnya setelah selesai kuliah pada hari itu dikumpulkan di meja saya melalui Mas Syarif (TU di Gedung B).
  4. Daftar hadir kelas diisi secara benar, dan perkuliahan ini agar dapat berjalan secara efektif.