Pengenalan dan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) PERMATEP

Kegiatan Pengenalan dan Pelatihan PKM merupakan program kegiatan bidang Keprofesian, Persatuan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATEP). Kegiatan ini dilaksanakan di gedung ISP lantai satu Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Pengenalan dan Pelatihan PKM serta follow up pembuatan PKM dalam setiap minggunya.

 

Kegiatan Pengenalan dan Pelatiahan PKM berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2016, pukul 08.00-14.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Pertanian, bapak Agus Haryanto, dengan Pemateri bapak Mareli Telaumbanua. Selanjutanya setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan pembuatan kelompok PKM dan pemilihan ketua kelompok yang dibimbing oleh bapak Agus Haryanto.

 

Output yang akan disampaikan dari kegiatan ini adalah mahasiswa mendapat pelatihan dalam penulisan serta terlibat langsung dalam pembuatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan atmosfir akademik di lingkungan Jurusan Teknik Pertanian.

PIA Season VI 2015-2016

Kegiatan rangkaian PIA season VI yang pertama yaitu Seminar Daerah, Bazar dan Pameran peserta hanya 114 sedangkan target awal 200 peserta. Jika Seminar Daerah, Bazar, dan Pameran dilakukan pada hari sabtu harus lebih dipublikasikan kembali. Selain itu waktu Seminar Daerah seharusnya dimulai pukul 08.00 WIB karena ada kendala peserta dan pemateri serta kurangnya persiapan panitia dapat dimulai pukul 09.00 WIB. Jadi untuk kegiatan yang akan datang persiapan panitia harus lebih maksimal dan  harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan. Sedangkan Bazar lumayan mendapat penghasilan dari hasil jualan. Untuk Pameran alat-alat dan mesin pertanian sedikit pengunjung karena pada saat peserta Seminar Daerah keluar ruangan tidak di arahkan langsung ke Pameran. Serta konsepan dari panitia mengenai Bazar dan pameran perlu ditingkatkan kembali.

Setelah rangkaian kegiatan Seminar Daerah, Bazar, dan Pameran yaitu digunakan Bakti Sosial (Baksos) tidak terdapat kendala. Hanya sedikit repot karena terlalu banyak panitia dan tempatnya terlalu sempit serta masih banyak anak dibawah umur 12 tahun. Pelasanaannya harus tepat waktu sehingga kegiatan bisa dimulai sesuai rencana, di agenda baksos terjadi keterlambatan selama 1,5 jam dikarenakan panitia terlambat, jadi yang seharusnya dimulai tepat pukul 09.30 WIB tetapi baru dimulai pukul 09.10 WIB. Selebihnya acara berjalan lancar.

kegiatan Pelatihan Hidroponik yang dilaksanakan pada minggu yang sama. Kendala dalam kegiatan ini yaitu saat mencari pemateri yang ahli dalam Hidroponik, karena beberapa dosen jurusan memiliki kesibukan. Tetapi selebihnya acara dapat berjalan dengan maksimal. Harapan kedepan PERMATEP adalah kegiatan ini dapat berjalan setiap tahunnya dengan perkembangan yang lebih baik dan di follow up dengan tindakan teknis (praktik langsung), karena kegiatan ini merupakan kegiatan rangkaian PIA yang baru dan pertama pada PIA season VI ini.

Di rangkaian kegiatan penutup PIA season VI yaitu untuk kegiatan LKTI kendala awal yaitu telatnya pengiriman berkas LKTI dan jadwal LKTI harus diundur karena jadwal kegiatan berbarengan dengan UAS SMA//SMK dan sederajad, sehingga kurang minat dari peserta untuk mengikuti lomba. Kendala yang lain yaitu peminjaman tempat, karena bertepatan pada hari yang sama banyak tempat yang masih digunakan untuk kuliah dan kegiatan dari jurusan lain. Konsepan yang di susun oleh panitiatidak sesuai dengan pelaksaan. Kurangnya minat peserta siswa-siswi SMA sederajat. Kurangnya follow up kepada peserta

PMKTD 2015-2016

Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan anggota muda, serta melantik anggota muda PERMATEP menjadi Anggota Biasa, maka lembaga kemahasiswaan Teknik Pertanian yaitu PERMATEP mengadakan kegiatan  Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Tingkat Dasar (PMKTD) PERMATEP periode 2015/2016. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, dan Minggu  14 dan 15 Mei 2016, dengan target peserta 91 orang . Namun pada kenyataannya peserta kurang dari yang telah ditargetkan yaitu diikuti oleh 84 orang. Hal ini dikarenakan adanya anggota muda PERMATEP yang tidak lulus dalam alur pembinaan PERMATEP. Acara ini berjalan dengan lancar, hanya saja terjadi adanya waktu yang tidak sesuai dengan roundown yang telah dibuat sebelumnya.

 

Kegiatan yang bertema “Membangun Karakter yang Baik dan Mencetak Generasi Penerus PERMATEP yang Berkualitas” ini dihadiri oleh beberapa Anggota Muda PERMATEP, Pengurus PERMATEP, Dewan Pembina PERMATEP, Pimpinan LK Fakultas Pertanian, Dosen Teknik Pertanian, Pembina Kemahasiswaan dan Ketua Jurusan Teknik Pertanian. Acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Pertanian, kemudian penyampaian materi ruang pada tanggal 14 Mei 2016 dan dilanjutkan dengan aplikasi materi ruang pada tanggal 15 Mei 2016. _20160618_173259

Daftar Sekolah dan Judul Karya Tulis Lolos Tahap Presentasi

Daftar Nama Sekolah dan Judul Karya Tulis Ilmiah Permatep In Action VI yang Lolos Tahap Presentasi

  1. SMA N 1 Talangpadang “PUBUNG (PESTISIDA MENGKUDU, REBUNG) SEBAGAI PEMBASMI HAMA ALAMI”
  2. SMA N 1 LIWA “Pemanfaatan Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L) Sebagai Pestisida Alami yang Ramah Lingkungan
  3. SMA N 1 LIWA “PEMANFAATAN DAUN DAN RANTING BUNGA KERTAS (Bougainvillea glabra) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI PADA TANAMAN
  4. SMA N 1 LIWA “PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG LIDI (Musa paradisiaca) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR (POC)
  5. SMA N 1 LIWA “PESTISIDA NABATI DARI SERAI (Cymbopogon citratus) DAN DAUN SUKUN (Artocarpus altilis)
  6. SMA N 1 LIWA “PEMANFAATAN DAUN KOPI MENJADI MINUMAN PENGGANTI TEH DAN KOPI SERTA PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG DAN HIPERTENSI”
  7. SMA N 2 PRINGSEWU “PEMANFAATAN LIMBAH KULIT SEMANGKA MENJADI BOKUSEM”

Selamat kepada peserta yang lolos.

Presentasi akan dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Mei 2016. Pukul 08:00 WIB – selesai.

Di Gedung D 302, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Pengumuman LKTI 2016 hot!!!

Assalamualaikum wr wb. Kami dari panitia LKTI Permatep Unila menginformasikan bahwa pengumuman 10 besar peserta lolos selekai berkas di perpanjang hingga tanggal 23 mei 2016 dan presentasi peserta yang dinyatakan lolos pada tanggal 29 mei 2016, dikarenakan adanya administrasi yang belum terselesaikan hingga hari ini. Kami selaku panitia mohon maaf yang sebesar besarnya. Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb.


 

Upgrading Anggota Muda PERMATEP 2015

Graphic2

Upgrading anggota muda PERMATEP merupakan langkah awal untuk menuju ke tahap pembinaan selanjutnya untuk  menjadi  generasi penerus pengurus PERMATEP. Kegitan upgrading merupakan kegiatan dari program matriks Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Persatuan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATEP) Fakultas Pertanian Universitas Lampung telah mengadakan acara ini pada tanggal 21-22 November 2015. Tujuan dari kegiatan Upgrading anggota muda PERMATEP adalah meningkatkan motivasi binaan PERMATEP dalam kuliah dan berorganisasi serta menciptakan generasi penerus PERMATEP yang berkualitas, profesional, dan bertanggung jawab. Tema dari kegiatan Upgrading adalah “Membentuk  Jiwa  Anggota Muda PERMATEP yang Berkarakter dan Berkualitas”.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu 21 november 2015, dimulai pada pukul 07.00 WIB yang di buka oleh bapak Oktafri. Setelah itu, penyampaian materi ruang dengan empat materi. Materi pertama pengenalan IMATETANI yang disampaikan oleh saudara Ribut Eko Wahyono, pada materi kedua yaitu tentang character building dengan pemateri saudara Muhammad Arif Fajrun, Materi selanjutnya yaitu managemen waktu, kuliah, dan organisasi yang disampaikan oleh bapak Ridwan Zahab dan materi yang terakhir tentang team work yang disampaikan oleh saudar Eko Parias.

 

Selanjutnya, Minggu 22 November 2015 diadakan kegiatan simulasi ruang. Acara ini dimulai dari pukul 07.00 WIB – 11.45 WIB dengan rangkaian kegiatan seperti rujak party, yel-yel perkelompok dan dilanjutkan dengan kegiatan simulasi materi ruang yang berupa games tebak gaya, water transfer, blind walk, informasi berjalan, dan lingkaran bersambung dari pukul 13.00-17.00. acara demi acara telah dilaksanakan hingga pukul 17.00 WIB tepatnya dilakukan upacara penutupan Upgrading. Setelah itu, pemilihan kelompok terbaik,terkompak yang dipilih dari hasil akumulasi nilai dari setiap pos, serta pemilihan kakak Ter- yang dipilih oleh anggota muda PERMATEP.

Leadership Camp IMATETANI Rayon B 2015

DSC_0194

Assalamualaikum wr.wb

Telah terlaksana kegiatan Leadership Camp Imatetani Rayon B 2015,  kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Oktober 2015.

Peserta kegiatan dalam acara ini terdiri dari anggota biasa Persatuan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATEP) Universitas Lampung angkatan 2014 dan anggota Himpunan Mahasiswa Teknologi pertanian (HIMATETA) Universitas Sriwijaya, serta Mahsiswa Universitas Lampung dan Umum.

Kegiatan Leadership Camp diawali dengan Stadium General  yang dilaksanakan pada tanggal 24 oktober 2015, yang bertempat di Wisma Haji, Bandar Lampung. Kegiatan Leadership Camp ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian, Bapak Ir. Syahrio Tantalo YS, M.P.

DSC_0538

Lalu dilanjutkan dengan materi pertaman  tentang wawasan kebangsaaan yang disampaikan oleh Bpk. Budiyanto dari Deputi Kemenpora RI yang memiliki pengalaman dan kemampuan dibidang ini. Materi kebangsaan diangkat dalam Stadium General ini dalam rangka meningkatakan jiwa nasionalisme dan pemahaman terhadap wawasan kebangsaan serta peran mahasiswa sehingga memiliki daya saing yang tinggi.

DSC_0003

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi ruang oleh Dekan Fakultas Pertanaian yang memiliki rekam kerja yang baik dalam bidang ini. Materi yang diberikan adalah materi Kepemimpinan yang berhubungan dengan kehidupan berorganisasi yang sesungguhnya. Penyampaian yang diberikan sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan ini.

DSC_0100

Kegiatan selanjutnya yaitu pengaplikasian mareti ruang (outbond), outbond dilakukan di Wira Garden, Bandar Lampung. Peserta yang mengikuti kegiatan outbond ini berjumlah 54 orang, 20 orang dari Unila dan 34 orang berasal dari Unsri.  Kegiatan ini dirancang guna memberikan contoh secara nyata pengaplikasian materi kebangsaan dan kepemimpinan yang sebelumnya telah diberikan dalam materi ruang yang dikemas dengan suasana yang menyenangkan.

DSC_0332

Dalam outbond tersebut pesertra dibagi menjadi beberapa kelompok, para pesertra dituntut untuk kompak dan saling berlomba untuk memenangkan games-games yang telah dirancang panitia,  yang tentunnya berhubungan dengan jiwa kepemimpinan.

Tidak hanya games, kegiatan outbond ini juga dihiasi dengan penyalaan api unggun yang pada saat itu dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian, Bapak Syahrio Tantalo dan Dosen Pembina Kemahasiswaan Jurusan Teknik Pertanian, Bapak Ridwan Zahab.

DSC_0128

Pada kegiatan Leadership Camp ini kami juga melakukan kunjungan desa binaan yang dibina oleh IMATETANI Rayon B yaitu Dusun V Jatisari Kecamatan Jatiagung. Kunjungan dilakukan untuk mewujudkan peranan dan partisipasi mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa ditengah kehidupan masyarakat. Peserta Leadership Camp diajak untuk ikut ambil bagian dalam pemasangan instalasi biogas di desa binaan ini.

Kuliah Umum Kewirausahaan

Pada awal bulan Juni, PERMATEP mengadakan kegiatan yang bermanfaat lagi, yaitu Kuliah Umum Kewirausahaan. Kegiatan ini merupakan kegiatan progja terakhir Permatep pada periode 2014/2015, progja tersebut merupakan progja matrik dari bidang Dana dan Usaha (Danus). Kegiatan ini diadakan di Gedung A Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan tentang kewirausahaan kepada mahasiswa khususnya Universitas Lampung. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00-15.30 WIB dengan pemateri seorang pengusaha Budidaya Jamur dari Bandar Lampung yaitu Bapak Ardi Kinarto. Kuliah Umum Kewirausahaan ini dihadiri oleh 116 peserta dari Universitas Lampung. Kegiatan ini diisi dengan materi-materi tentang cara budidaya jamur.

PERMATEP In Action (PIA) Season V

Kegiatan PERMATEP In Action (PIA) Season V merupakan kegiatan dari program matriks PERMATEP pada bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG). Kegiatan tersebut terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu Pelatihan Mahasiswa Wirausaha (PMW), Traktor Training, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Pelatihan Hidroponik, dan Bakti Sosial (Baksos). Rangkaian kegiatan PIA Season V ini dimulai dari Kegiatan PMW.

Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 11 April 2015 pada pukul 12.30 sampai dengan pukul 16.45 WIB. Kegiatan ini ditujukan kepada mahasiswa baru 2014 dan umum. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 76 peserta dari target 100 peserta.

Traktor Training

Pada tanggal 18 April 2015 dilanjutkan dengan kegiatan Traktor Training. Traktor Training merupakan kegiatan dengan tujuan untuk mengenalkan peran teknologi secara umum terhadap mahasiswa jurusan Teknik Pertanian dan umum. Kegiatan Traktor Training ini merupakan praktik langsung dilahan yang berlangsung selama satu hari. Target peserta adalah 30 peserta, namun pesera traktor training hanya ada 28 peserta. Adapun penilaian yang ditampilkan pada training ini meliputi pretest, cara mengendarai dan menjalankan traoktor roda empat untuk proses pembajakan serta posttest.

Lomba Karya Tulis Ilmiah

Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2015. Jumlah tim yang hadir dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah tersebut adalah sejumlah 10 tim yang lolos uji seleksi berkas dan berlanjut ke babak presentasi, dengan pendaftar 12 tim, target peserta awal sejumlah 30 tim pendaftar. Dan dari hasil presentasi 10 tim tersebut, berdasarkan keputusan dewan juri maka Juara 1 diraih oleh SMA N 1 LIWA LAMPUNG BARAT dengan judul KTI “PEMBUATAN VCO SECARA ENZIMATIS MENGGUNAKAN EKSTRAK KULIT BUAH PEPAYA” dengan total perolehan skor yaitu 3780, Juara 2 diraih oleh SMAN 1 LIWA LAMPUNG BARAT dengan judul “FUNGISIDA ALAMI REMPAH-REMPAH JAHE, LENGKUAS DAN KUNYIT.” dengan total perolehan skor yaitu 3675, dan Juara 3 diraih oleh SMAN 1 TALANG PADANG dengan judul “HERDAM 1-1-10 (HERBISIDA DAUN BUNGA SEPATU, LERAK, GARAM DENGAN PERBANDINGAN 1:1:10)” dengan total perolehan skor yaitu 3670. Masing-masing juara 1,2 dan 3 uang tunai sebesar Rp. 700.000, Rp. 500.000, dan Rp. 300.000, trophy dan sertifikat serta piagam penghargaan.

Pelatihan Hidroponik

Pelatihan Hidroponik yang dilaksanakan pada 24 Mei 2015 pukul 08.00 sampai pukul 11.30 WIB. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan Pelatihan Hidroponik yaitu sebanyak 35 peserta dengan target 50 peserta. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan mengenai salah satu teknik budidaya tanaman kepada siswa/siswi pelajar SMA/SMK, guru, dan mahasiswa umum yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang sempit menjadi lebih produktif dengan hasil panen yang lebih baik. Pelatihan Hidroponk tersebut dipandu oleh dosen serta mahasiswa Teknik Pertanian.

Bakti Sosial

Agenda terakhir yaitu Bakti Sosial (Baksos). Baksos ini dilaksanakan Pada tanggal 7 Juni 2015 pukul 09.30 sampai dengan 12.00 WIB. Kegiatan Bakti Sosial merupakan salah satu momen yang tepat untuk berbagi dan peduli terhadap sisi lain dari anak bangsa terutama bakti sosial untuk anak yatim piatu. Bakti Sosial dilakukan di Panti Asuhan BUSSAINA, Jl. Untung Suropati No.51 Labuhan Ratu Raya Bandar Lampung. Pada Panti asuhan ini terdapat 36 anak yatim piatu yang berasal dari beberapa latar belakang. Setelah sambutan dari kedua belah pihak yaitu Ketua PERMATEP dan Pihak Panti Asuhan dilanjutkan penyerahan baksos serta motivasi dan games untuk menghibur adik-adik yang ada di panti asuhan. Setiap anak yang memenangkan games dan berani menampilkan talenta misal bernyanyi dan mengaji diberikan hadiah.