Braja Harjosari, Sebuah Alternatif Wisata di Lampung

menara-siger_20150807_072400

Menara Siger Kebanggan Lampung (Sumber: www.tribunnews.com)

Lampung merupakan sebuah provinsi di ujung selatan Pulau Sumatera. Provinsi dengan tagline ‘Sang Bumi Ruwa Jurai’ ini menjadi pintu gerbang bagi lalu lintas Jawa-Sumatera, khususnya melalui perjalanan darat. Posisinya yang strategis membuat Lampung menjadi provinsi paling padat di tanah Andalas, serta didiami oleh masyarakat multietnis.

Akhir tahun menjadi sebuah penggal waktu yang banyak ditunggu, terlebih jaraknya yang berdekatan dengan perayaan Natal menjadikannya waktu cukup panjang untuk menyusun agenda liburan. Selain waktu, tentunya ketebalan kantong menjadi pertimbangan tujuan seseorang melakukan perjalanan wisata.

Lampung memiliki sederet objek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Sebut saja Pantai Kiluan di Kabupaten Tanggamus dengan tawaran melihat atraksi lumba-lumba di habitat aslinya. Selain Pantai Kiluan, Lampung juga memiliki banyak pantai sebagai pilihan wisata. Bagi yang tidak senang dengan wisata bahari, bisa ngadhem di Lembah Hijau atau Alam Wawai dengan pemandangan alam yang mengejukkan mata dan pikiran. Atau Anda bisa berkunjung ke Menara Siger di Bakauheni, sebuah titik nol kilometer di Jalur Lintas Sumatera.

Bagi Anda yang sudah khatam dengan sederet wisata di Lampung dan menginginkan suasana baru, Anda bisa datang ke sebuah desa di Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di desa Braja Harjosari kecamatan Braja Selebah. Di tempat ini, Anda akan menemukan sisi lain Lampung dan terbebas dari hiruk-pikuk keseharian yang begitu menyibukkan.

Desa Braja Harjosari merupakan sebuah desa binaan di bawah program Tropical Forest Conservation Action-Sumatera (TFCA-Sumatera) Konsorsium Alert-Unila. Berbeda dengan konsep wisata yang telah ada, Braja Harjosari menawarkan keunikan yang dimilikinya sebagai sebuah paket wisata lengkap yang sayang untuk dilewatkan.

Kampung Bali

1

Keramahan Warga Kampung Bali di desa Braja Harjosari

Warga Bali terkenal dengan sifat ramah kepada para tamu. Tak perlu jauuh ke Pulau Bali untuk merasaka keramahan itu, karena di Lampung Anda dapat menemukan Bali KW dengan nuansa yang tak kalah seru. Selain bisa membaur dengan keramahan warga, Anda dapat menikmati lenggak-lenggok tarian Bali, bahkan jika berminat, Anda dapat sekalian belajar bermain gamelan atau teknik dasar Tari Bali.

 

Agrowisata Jambu Kristal

Jambu kristal merupakan salah satu produk yang sedang in di pasaran. Braja Harjosari memiliki areal yang dikhususkan untuk dijadikan area agrowisata di mana wisatawan bisa memilih dan memetik sendiri jambu yang diinginkan. Selain itu, wisatawan juga dijamu dengan segarnya es degan asli yang tentunya menambah suasana asri.

Bagi yang menginginkan penginapan, di Braja Harjosari juga menyediakan homestay yang layak dan sangat memadai. Sehingga para wisatawan tidak kebingungan mencari tempat singgah sekaligus dapat berinteraksi dengan rutinitas warga yang mungkin berbeda dengan suasana rumah sendiri.

Membajak Sawah

aus-padi600

Wisata Menanam Padi

 

Paket wisata ini mengajarkan bagaimana proses penanaman padi sebagai bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia secara umum. Banyak yang merasa takjub dengan proses yang baru pertama kali dilihat, membajak dengan kerbau bahkan berkotor-kotor dengan lumpur. Pastikan Anda datang ke sini musim penghujan, karena paket wisata membajak sawah ini hanya disediakan di waktu musim penghujan.

222

Feedback dari wisatawan asing tentang Braja Harjosari

 

“Thank you so much for organizing this great day for us!”, ujar Thomas, salah satu wisatawan asing yang telah menikmati Braja Harjosari.

Both comments and pings are currently closed.