4 Anggota Baru Tabel Periodik Unsur

Kosuke Morita, Pimpinan Tim RIKEN dengan Tabel Periodik Unsur Terbarunya di Wako, Jepang, 31 Desember 2015 (Sumber: CNN)

Dunia dihiasi dengan perubahan demi perubahan. Sebuah perjalanan, sebuah kesuksesan dan sebuah keberhasilan merupakan rangkaian dari berbagai transformasi yang ada di dunia ini. Seperti transformasi ulat menjadi kupu-kupu, semuanya mempunyai tahapan dan akan menghasilkan sebuah kesempurnaan. Demikian pula dengan ilmu pengetahuan, selalu mengalami perubahan dengan satu tujuan untuk menciptakan whole new world yang diharapkan mampu membawa kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia.

Penghujung 2015 lalu, tepatnya tanggal 30 Desember 2015, International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) menetapkan secara resmi empat unsur baru untuk dicantumkan di baris ketujuh Tabel Sistem Periodik Unsur. Keempat unsur tersebut adalah unsur nomor 113, 115, 117 dan 118 (Fischman, 2016).

Kimiawan mengelompokkan unsur berdasarkan Nomor Atom dari unsur tersebut yang mencerminkan jumlan dari proton per atom. Unsur dengan jumlah proton lebih dari 92 bersifat tidak stabil dan secara alami tidak dijumpai di alam (Rogers, 2016). Namun manusia (ilmuwan) selalu berupaya untuk menemukan sesuatu yang tidak ada di alam untuk dapat diterima dan nantinya diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tiga dari empat unsur yang ada merupakan hasil kerja bareng antara tim Rusia dan Amerika, yaitu joint research antara  Institute for Nuclear Research Dubna, Oak Ridge National Laboratory Tennessee dan Lawrence Livermore National Laboratory California. Ketiga unsur tersebut sementara ini dinamai dengan ununpentium (Uup, 115), ununseptium (Uus, 117) dan ununoctium (Uuo, 118). Satu unsur terakhir merupakan unsur pertama yang dinamai di Asia, yaitu hasil kerja dari tim RIKEN Nishina Center for Accelerator-Based Science Wako, Jepang. Tim Jepang ini menemukan unsur ke-113 yang saat ini dinamai sementara dengan ununtrium (Uut, 113).

 

sn-PeriodicTable

Tabel Periodik Unsur terbaru (Sumber:ScienceMag)

Optimisme menjadi modal dasar manusia untuk terus menggali alam semesta. Optimisme menjadi senjata atas rasa lelah yang terkadang melanda manusia.

“Now that we have conclusively demonstrated the existence of element 113, we plan to look to the uncharted territory of element 119 and beyond.”, ujar Kosuke Morita, Ketua Tim RIKEN terkait project yang akan dilakukan.

Sesuai dengan aturan IUPAC, unsur-unsur baru dapat dinamai setelah dilakukan telaah atas konsep mitologi, mineral dan tempat penemuan. Tim penemu akan mengajukan proposal terkait nama yang diusulkan atas unsur baru tersebut, selanjutnya, akan ada public review sebelum nama unsur tersebut secara resmi ditetapkan oleh IUPAC.

2016, Tahun Baru! Tabel Periodik Unsur baru!!

 

Sumber

CNN, 2016. http://edition.cnn.com/2016/01/04/world/periodic-table-new-elements/

Fischman, J.. 2016. 4 New Superheavy Elements Verified. Scientific American. http://www.scientificamerican.com/article/4-new-superheavy-elements-verified/

Rogers, N.. 2016. Four New Element Complete the Seventh Row of Periodic Table. ScienceMag. http://news.sciencemag.org/chemistry/2016/01/four-new-elements-complete-seventh-row-periodic-table?utm_source=newsfromscience&utm_medium=facebook-text&utm_campaign=newelements-1725

 

You can leave a response, or trackback from your own site.