Webometrics: Unila Tembus Top 15

Logo Unila

Universitas Lampung (Unila) kembali menunjukkan tren positif dalam peringkat perguruan tinggi berdasarkan website resmi kampus. Sebelumnya, Unila bertengger di urutan 16 menurut International Colleges & Universitie (4ICU). Saat ini, Unila naik satu strip untuk menembus Top 15 perguruan tinggi di Indonesia versi webometrics.

Webometrics memberikan penilaian terhadap sekitar 22.000 perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan website kampus masing-masing. Webometrics sendiri dikelola oleh lembaga penilaian terbesar di Spanyol, yaitu Cybermetrics Lab dengan mempublikasikan hasil penilaiannya dua kali dalam setahun, pada Januari dan Juli.

Webometrics menggunakan empat indikator penilaian, yaitu presence, impact, openness, dan excellence. Indikator presence merujuk pada jumlah halaman website yang terekam oleh Google, indikator ini mempunyai bobot 20% dari total penilaian. Kedua, indikator impact yang merupakan indikator dengan bobot tertinggi, mencapai 50%. Indikator impact dinilai dari jumlah link eksternal yang diterima oleh website resmi perguruan tinggi yang terekam oleh Google. Openness merupakan indikator ketiga dengan bobot penilaian 20%. Indikator ketiga ini dinilai dari jumlah file dokumen dalam Adobe Acrobat, Adobe PostScript, Microsoft Word, dan Microsoft Powerpoint yang dapat diakses serta terhubung dengan website resmi perguruan tinggi dan terekam oleh Google Scholar. Indikator keempat adalahh excellence yang mempunyai bobot 10% dari total nilai. Indikator exellence mengukur jumlah artikel publikasi ilmiah karya seluruh sivitas akademika yang terindeks Google Scholar.

Berikut peringkat perguruan tinggi di Indonesia versi webometrics per Juli 2016.

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Universitas Riau
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Padjadjaran
  8. Universitas Diponegoro
  9. Universitas Sebelas Maret
  10. Universitas Airlangga
  11. Universitas Udayana
  12. Universitas Syiah Kuala
  13. Universitas Hasanuddin
  14. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  15. Univeritas Lampung
  16. Universitas Gunadarma
  17. Universitas Kristen Petra
'Peringkat Web Juli2016

Sumber: http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia%20

 

 

 

Both comments and pings are currently closed.