Junk DNA – A Journey Through the Dark Matter of the Genome

51cWb2c6lfL._SX326_BO1,204,203,200_

 

Bagi pecinta Biologi terlebih Biologi Molekular, buku karya Nessa Carey ini patut untuk menjadi salah satu referensi. Buku setebal xiv + 340 halaman ini diterbitkan oleh Columbia University Press tahun 2015, masih anget!

Sebagaimana judul bukunya, maka sudah bisa ditebak bahwa Nessa Carey akan berbicara banyak tentang peran dari bagian DNA yang tidak mengkode gen dan tidak diekspresikan ke dalam protein. Sebagai dasar, hendaknya pembaca harus punya pengetahuan awal tentang genetika dan biologi molekular, jika tidak, buku ini bisa menjadikan Anda sakit kepala.

Buku ini terdiri atas 20 halaman, sahabat saya, Mas Victor, lewat blog-nya berbagi banyak hal tentang isi buku ini. Dua puluh bab tersebut mencakup hal-hal dasar tentang junk DNA hingga hal-hal yang lebih detai dan mendalam.

Penjelasan berbagai konsep serta istilah biologi molekular jelas sangat banyak dan dalam, dan kemungkinan besar akan sulit untuk dimengerti oleh orang awam. Oleh karena itu, penulis juga menyertakan berbagai analogi menggunakan kasus kehidupan sehari-hari untuk disepadankan dengan konsep biologi molekuler. Bagi saya pribadi, analogi yang digunakan cukup jelas dan rinci dalam menggambarkan konsep dan istilah biologi molekular namun terkesan cukup monoton dan “garing”. Hal ini dapat dimaklumi karena saia memiliki latar belakang biologi dan lebih terbiasa menghadapi istilah teknisnya langsung ketimbang analogi menggunakan kasus sehari-hari.
Kesimpulan yang saia dapatkan setelah membaca buku ini adalah bahwa kehidupan ini memang dibentuk oleh sekumpulan protein yang dikode oleh gen. Namun demikian, pengendalian yang menyeluruh sekaligus terperinci terhadap gen itulah yang memungkinkan kehidupan itu berjalan sesuai dengan fungsinya. Seiring dengan kita memasuki era genomika dimana gen pengkode protein sudah dapat dipetakan secara mudah, tugas selanjutnya untuk memahami kehidupan ini adalah bagaimana pengaturan kehidupan itu dilakukan.
Tuhan memang menciptakan segala sesuatu dengan manfaatnya, demikian pula untuk sepenggal junk DNA.
Bagi yang ingin membacanya, silakan kunjungi: https://www.dropbox.com/s/d27ua6m35ae104n/Nessa%20Carey%20-%20Junk%20DNA.epub?dl=0
Thanks to: Mas Victor (http://biologystuffs.blogspot.co.id/)
You can leave a response, or trackback from your own site.