Presentasi Mata Kuliah Kajian Ilmu Ekonomi

PEMBAGIAN TUGAS PRESENTASI KAJIAN ILMU EKONOMI PASCASARJANA PIPS

Oleh: R. Gunawan Sudarmanto

Sebagaimana perkembangan yang terjadi pada bidang pembelajaran, baik di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi, telah berorientasi pada pola pembelajaran yang menyenangkan.  Pola pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) yang dikembangkan oleh UNESCO maupun pola pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (PAIKEM) yang dikembangkan untuk Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) telah menjadi model pembelajaran yang memang harus diterapkan dalam berbagai bentuk pembelajaran.

Pembelajaran pada dasarnya diperuntukkan bagi siswa bukan bagi guru, sehingga sudah seharusnya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru maupun dosen harus dapat terfokus atau berorientasi pada siswa atau warga belajar.  Pembelajaran yang terjadi selama ini masih terpusat pada guru/dosen sehingga wajarlah apabila guru atau dosen yang menjadi semakin pandai bukan murid atau mahasiswanya.  Seorang guru atau dosen haruslah merancang pembelajaran yang benar-benar dapat mengaktifkan siswa atau mahasiswa sehingga warga belajrnya berubah menjadi lebih pintar dan terampil.

Pola demikian juga harus diimbangi dengan kesadaran pada warga belajar, bahwa dirinyalah yang seharusnya lebih aktif dalam pembelajaran.  Kesadaran warga belajar tersebut sangat tergantung pada bagaimana kemampuan guru atau dosen dalam membuat rancangan pembelajaran.  Seorang guru atau dosen yang mampu membuat pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan akan membuat warga belajar dan juga guru atau dosen menjadi lebih dinamis.  Untuk keperluan pembelajaran Kajian Ilmu Ekonomi di Program Pascasarjana Pendidikan IPS yang memenuhi kriteria PAIKEM perlu adanya pembagian tugas presentasi.  Pembagian tugas beserta topik yang harus dikaji tersebut secara rinci dapat diakses pada bagian berikut ini; Pembagian Topik 2011