Pembiayaan Pendidikan, Otonomi, dan Globalisasi

PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN OTONOMI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI[1]

Oleh:

R. Gunawan Sudarmanto[2]

ABSTRAK

Pendidikan yang berkualitas sangat diharapkan oleh berbagai pihak, namun disisi lain banyak pihak-pihak yang merasa keberatan untuk mengeluarkan dana sebagai sumber pembiayaan pendidikan.  Kualitas pendidikan sebagaimana kita harapkan sangat ditentukan oleh tingkat pembiayan yang dilakukan.  Guna menghasilkan pendidikan yang berkualitas tinggi diperlukan pembiayaan secara optimal.  Dewasa ini iklim pendidikan kita berada dalam dua spirit yang bertolak belakang, yaitu konsep otonomi dan globalisasi.  Konsep otonomi menunjukkan pada spirit serba keterbatasan yang tidak sejalan dengan tujuan pendidikan yang berkualitas.  Sedangkan konsep globalisasi menunjukkan pada spirit serba tersedia untuk mencapai tujuan pendidikan berkualitas guna memenangkan persaingan global.  Kenyataan demikian memerlukan kecerdasan manajemen sehingga menghasilkan kebijakan pendidikan yang optimal.

Kata kunci: Pembiayaan, otonomi, globalisasi

Untuk memahami secara rinci tentang pembiayaan pendidikan, otonomi daerah dan globalisasi dapat diklik pada bagian berikut ini; Pembiayaan Pendidikan, Otonomi, dan Globalisasi


[1] Makalah ini disampaikan pada Seminar Internasional tentang Globalisasi Pendidikan yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana FKIP Universitas Lampung, bertempat di Balai Keratun Jl. Wolter Monginsidi, Badnar Lampung tanggal 21 Juni 2010.

[2] Dr. R. Gunawan Sudarmanto, S.Pd., S.E., M.M. adalah Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS, Dosen Pascasarjana Pendidikan IPS, dan Dosen Pascasarjana Manajemen Pendidikan di FKIP Universitas Lampung, Jl. Sumantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung, 35145.