Buku Pendidikan Musik: Pendekatan Musik Untuk Anak di Era 4.0

Judul: Pendidikan Musik: Pendekatan Musik Untuk Anak di Era 4.0

Penulis : Riyan Hidayatullah, M.Pd.

Penerbit : CV Rumah Kayu

Hal : XII+206

ISBN : 978-602-0738-28-4

Tahun: 2019

Deskripsi:

Mengajarkan musik saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui perangkat dan aplikasi. Dengan berkembangnya teknologi berbagai aplikasi diciptakan untuk memudahkan para guru dan dosen dalam memberikan ilmu musik kepada murid-muridnya. Kenyatan ini harus menjadi pemicu para pendidik di bidang musik untuk terus mengembangkan diri melalui penelitian dan mengumpulkan segala bentuk literatur mutakhir agar pembelajaran musik menjadi relevan dengan kondisi saat ini.

Saat ini media pembelajaran berbasis aplikasi dapat diakses dengan cara mudah. Sebagai generasi milenial, siswa-siswi yang hidup di era 4.0 dapat dengan mudah memahami dan menggunakan teknologi berbasis aplikasi untuk pembelajaran musik. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan teknologi whatsapp, “kelas.com”,  “ruang guru” dan berbagai Learning Management System (LMS).

Para pendidik musik, perlu mengembangkan pengetahuan terkini mengenai metode pengajaran musik, permasahalan dalam pembelajaran musik dan solusinya, teori musik, dan pengetahuan lainnya seputar musik. Rendahnya minat baca para pendidik musik diimbangi pula dengan terbatasnya referensi-referensi musik yang ringan untuk dibaca. Buku-buku lokal yang saat ini beredar biasanya diperuntukkan bagi akademisi dan dosen di perguruan tinggi untuk pengembangan keilmuan. Tetapi sangat sedikit sumber-sumber yang membidik kalangan praktisi musik otodidak, guru-guru musik di sekolah, para instruktur musik, dan penikmat musik. Secara umum buku ini ditulis untuk semua kalangan dan dikemas dengan bahasa yang ringan.

Penulis melihat ada ruang kosong dalam pendidikan musik di konteks kelembagaan dan non-kelembagaan yang dapat diisi dengan pengetahuan berupa buku. Di sekolah, guru-guru musik yang beragam latar belakang (sarjana musik dan non-musik), memerlukan asupan informasi yang tidak didapatkan dalam buku-buku pelajaran sekolah. Materi dalam buku ini mengenai segala informasi tambahan, seperti: mengulas kembali apa itu musik, manfaat mendengarkan dan mempelajarai musik, mengenalkan musik pada anak, belajar musik masa kini, mengajar musik, belajar musik melalui teknologi, pertanyaan klasik seputar teori musik, dan tokoh-tokoh berpengaruh dalam sejarah musik. Informasi dalam buku ini berupa konfirmasi dari berbagai sumber berupa buku, laman web, artikel jurnal dan hasil seminar.

Link download buku

About riyanhidayat 106 Articles
Musician, Music Instructor, Art Researcher, Lecturer