December 4, 2022

Sejarah Musik

GUITAR THEORY

SEJARAH GITAR

Gitar adalah alat musik dari keluarga chordophone. Standar gitar memiliki enam senar tapi empat, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas, dua belas, tiga belas dan delapan belas-string gitar juga tersedia. Dua keluarga utama tipe gitar gitar listrik dan gitar akustik. Tiga jenis utama adalah gitar akustik gitar klasik (gitar senar nilon, memetik dengan jari), tali baja Flattop gitar, dan gitar archtop.

Gitar diakui sebagai salah satu instrumen utama dalam flamenco, jazz, blues, negara, mariachi, musik rock, dan banyak bentuk pop. Gitar klasik (gitar senar nilon) dapat dimainkan sebagai solo instrumen klasik, dan terkenal karena teknik fingerpicking komprehensif. Gitar dapat dimainkan secara akustik; nada dihasilkan oleh getaran dari senar yang diperkuat oleh tubuh gitar, yang berfungsi sebagai ruang gema hampa besar, atau mereka dapat mengandalkan pada penguat yang dapat memanipulasi nada secara elektronik. Gitar listrik seperti diperkenalkan pada tahun 1930-an, dan mereka terus memiliki pengaruh pada budaya populer sejak itu.

Gitar secara tradisional telah dibangun dari berbagai hutan dan tegang dengan usus binatang, atau lebih baru-baru ini, baik dengan tali nilon atau baja. Gitar dibuat dan diperbaiki oleh luthiers.

Artikel utama: Sejarah gitar klasik

Sebelum perkembangan gitar listrik dan penggunaan bahan-bahan sintetis, gitar didefinisikan sebagai suatu instrumen yang memiliki “panjang, usil leher, Soundboard kayu datar, tulang rusuk, dan punggung yang datar, yang paling sering dengan sisi incurved”. [1 ] Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada sejumlah instrumen terkait seperti yang dikembangkan dan digunakan di Eropa pada era modern. [2] Beberapa jenis gitar, yang itu sendiri terkait dengan instrumen Eropa ini, berasal dari Amerika. Instrumen ini sendiri diturunkan dari instrumen yang pernah ada di Asia Tengah kuno dan India. Untuk alasan ini gitar nya jauh terkait dengan instrumen kontemporer dari daerah ini, termasuk tanbur, yang Setar dan sitar, antara lain. Ikonografi tertua representasi dari instrumen yang menampilkan fitur penting gitar adalah tahun 3.300 ukiran batu dari hittite pujangga. [3]

Kata modern, gitar, diadopsi ke dalam bahasa Inggris dari bahasa Spanyol guitarra (Gitarre Jerman, Perancis guitare), [4] dipinjamkan dari Arab Andalusia abad pertengahan qitara [5], itu sendiri berasal dari bahasa Latin cithara, yang pada gilirannya berasal dari Yunani sebelumnya kata kithara, [6] seorang keturunan Persia Kuno sihtar (Tar berarti string dalam bahasa Persia). [7]
Ilustrasi dari Carolingian Mazmur dari abad 9, menampilkan memetik gitar seperti instrumen.

Gitar adalah keturunan dari cithara Romawi dibawa oleh orang Roma untuk Hispania sekitar 40 AD, dan diadaptasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan kedatangan empat-string oud, yang dibawa oleh orang-orang Moor setelah penaklukan Iberia pada abad ke-8. [8] Di tempat lain di Eropa, pribumi enam-string Scandinavian Lut (kecapi), telah mendapatkan popularitas di daerah-daerah serbuan bangsa Viking di seluruh benua. Sering digambarkan dalam ukiran c. 800 M, pahlawan Norse Gunther (juga dikenal sebagai Gunnar), memainkan kecapi dengan jari-jari kaki ketika ia terbaring sekarat di sebuah ular-lubang, dalam legenda Siegfried. [9] By 1200 AD, keempat-string “guitar” telah berkembang menjadi dua jenis: yang guitarra moresca (Moor gitar) yang kembali bundar, lebar fingerboard dan beberapa soundholes, dan guitarra latina (Latin guitar) yang mirip dengan gitar modern dengan satu soundhole dan leher yang lebih sempit. [10] Di 14 dan 15 abad kualifikasi “moresca” dan “latina” dicabut dan tentu saja keempat instrumen itu hanya disebut gitar. [11]

Vihuela di Spanyol atau (dalam bahasa Italia) “viola da mano”, gitar seperti instrumen dari abad 15 dan 16, sering dianggap sebagai pengaruh besar dalam perkembangan gitar modern. Itu memiliki enam program studi (biasanya), kecapi-seperti tuning di perempat dan gitar-seperti tubuh, meskipun pernyataan awal mengungkapkan instrumen dengan pinggang berpotongan tajam. Itu juga lebih besar daripada empat kursus gitar kontemporer. Pada akhir abad ke-15 beberapa vihuelas mulai dimainkan dengan busur, mengarah ke pengembangan biola. Pada abad keenam belas konstruksi vihuela lebih memiliki kesamaan dengan gitar modern, dengan melengkung satu-sepotong iga, daripada dengan viols, dan lebih mirip versi yang lebih besar dari empat-kursus kontemporer gitar. The vihuela hanya menikmati popularitas singkat di Spanyol dan Italia selama era di tempat lain di Eropa didominasi oleh kecapi; bertahan terakhir diterbitkan instrumen musik untuk muncul di 1576. Sementara itu, lima-kursus gitar baroque, yang didokumentasikan di Spanyol dari pertengahan abad ke-16, menikmati popularitas, terutama di Spanyol, Italia dan Perancis dari akhir abad ke-16 hingga pertengahan abad ke-18. [12] [13] membingungkan, di Portugal, kata vihuela mengacu pada gitar, sedangkan guitarra berarti “Portugis gitar”, berbagai cittern.

Jenis gitar
Pemain gitar (c. 1672), oleh Johannes Vermeer

Gitar dapat dibagi menjadi dua kategori besar, akustik dan listrik:

Gitar akustik

Ada beberapa terkemuka subkategori dalam grup gitar akustik: klasik dan flamenco gitar; baja-string gitar, yang mencakup beratap datar, atau “rakyat,” gitar; dua belas-string gitar dan melengkung-top gitar. Gitar akustik Kelompok ini juga termasuk gitar unamplified dirancang untuk bermain di register yang berbeda, seperti akustik gitar bass, yang memiliki tuning mirip dengan yang dari gitar bass listrik

Renaissance dan Baroque gitar

Ini adalah nenek moyang gracile gitar klasik modern. Mereka secara substansial lebih kecil dan lebih lembut daripada gitar klasik, dan menghasilkan suara yang jauh lebih tenang. Tali pasangan dalam kursus-kursus seperti dalam modern gitar 12-string, tetapi mereka hanya memiliki empat atau lima kursus dari string bukan dari enam. Mereka lebih sering digunakan sebagai instrumen ritme dalam ansambel daripada sebagai instrumen solo, dan sering bisa dilihat dalam peran tersebut pada awal pertunjukan musik. (Gaspar Sanz ‘Instrucción de Música sobre la Guitarra Española dari 1674 merupakan mayoritas solo yang selamat korpus untuk era.) Renaissance dan Baroque gitar mudah dibedakan karena gitar Renaisans sangat sederhana dan gitar Baroque sangat berukir, dengan gading atau kayu Inlays seluruh leher dan tubuh, dan kertas-potongan terbalik “kue pengantin” di dalam lubang

Gitar klasik

Ini biasanya dirangkai dengan nilon senar, dipetik dengan jari [14], bermain dalam posisi duduk dan digunakan untuk memainkan beragam jenis musik termasuk musik klasik. Gitar klasik yang lebar, leher datar memungkinkan musisi untuk bermain sisik, arpeggio dan bentuk-bentuk akord tertentu lebih mudah dan dengan lebih sedikit gangguan daripada tali yang berdekatan pada gitar gaya-gaya lain. Gitar flamenco sangat mirip dalam konstruksi, tetapi berhubungan dengan nada yang lebih perkusif. Di Meksiko, mariachi band yang populer meliputi berbagai gitar, dari kecil requinto ke guitarrón, gitar lebih besar dari cello, yang disetel di bass register. Di Kolombia, kuartet tradisional termasuk juga berbagai instrumen, dari bandola kecil (kadang-kadang dikenal sebagai Deleuze-Guattari, untuk digunakan saat bepergian atau dalam kamar atau ruang terbatas), untuk yang sedikit lebih besar tiple, untuk ukuran penuh gitar klasik . Yang requinto lain juga muncul dalam negara-negara Amerika Latin sebagai pelengkap gitar anggota keluarga, dengan ukuran dan skala yang lebih kecil, memungkinkan lebih proyeksi untuk memainkan melodi berlapis tunggal. Dimensi modern instrumen klasik didirikan oleh pembalap Spanyol Antonio de Torres Jurado (1817-1892). Dalam beberapa tahun terakhir, serangkaian gitar yang digunakan oleh orkestra Gitar Niibori telah mendapatkan beberapa mata uang, yaitu:

* Sopranino gitar (satu oktaf dan seperlima lebih tinggi dari normal); kadang-kadang dikenal sebagai gitar piccolo
* Soprano gitar (satu oktaf lebih tinggi dari normal)
* Alto gitar (ke-5 lebih tinggi dari normal)
* Perdana (biasa klasik) gitar
* Niibori gitar bass (a 4 lebih rendah dari normal); Niibori hanya menyebutnya sebagai “gitar bass”, tapi ini memberikan arti yang berbeda untuk istilah daripada bagian-bagian lain digunakan masyarakat, sebagai hanya 4 lebih rendah, dan memiliki 6 string
* Kontrabas gitar (satu oktaf lebih rendah dari normal)

Flamenco guitars

The flamenco guitar is similar to the classical guitar, but of lighter construction, with a cypress body and spruce top. Tuning pegs like those of a violin are traditional, although many modern flamenco guitars have machine heads. A distinguishing feature of all flamenco guitars is the tapping plates (golpeadores) glued to the table, to protect them against the taps with the fingernails that are an essential feature of the flamenco style.

Many modern soloists (following the lead of Paco de Lucía) play what is called a flamenca negra, a hybrid of the flamenco and classical guitar constructions

Sepuluh modern-string gitar

The Modern / Yepes 10-string gitar (gitar klasik) menambahkan empat senar (resonators) disetel sedemikian rupa sehingga mereka (bersama dengan tiga senar bas) dapat beresonansi bersama-sama dengan salah satu dari 12 kromatik catatan yang dapat terjadi pada string yang lebih tinggi; ide di balik ini menjadi suatu upaya untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemerduan.

Artikel utama: Sepuluh-string gitar
[sunting] Portugis gitar

Terlepas dari nama, itu bukan gitar, melainkan cittern.

Artikel utama: Portugis gitar
[sunting] Flat-top (baja-string) gitar

Serupa dengan gitar klasik, namun, dalam berbagai ukuran dari baja-senar gitar ukuran tubuh biasanya secara signifikan lebih besar daripada gitar klasik dan memiliki sempit, diperkuat leher dan desain struktural yang lebih kuat. Yang kuat khas X-bracing baja-string dikembangkan pada tahun 1840-an oleh Jerman-Amerika di antaranya luthiers CF Martin adalah yang paling terkenal. Awalnya digunakan pada instrumen usus halus, kekuatan sistem memungkinkan gitar untuk menahan ketegangan tambahan senar baja ketika kombinasi beruntung ini muncul pada awal abad ke-20. Senar baja menghasilkan nada yang lebih cerah, dan menurut banyak pemain, suara lebih keras. Gitar akustik digunakan di banyak jenis musik, termasuk rakyat, negara, bluegrass, pop, jazz dan blues. Banyak variasi yang mungkin dari kira-kira berukuran klasik OO dan Parlour ke Dreadnought besar dan Jumbo. Tepuk tangan membuat variasi modern, dengan bulat kembali / perakitan sisi dibentuk dari bahan buatan.

Archtop gitar

Ini adalah instrumen string baja di mana bagian atas (dan sering kali belakang) dari instrumen yang diukir dari bilet yang solid dalam melengkung daripada bentuk yang datar, ini seperti konstruksi biola-biasanya dikreditkan ke Amerika Orville Gibson (1856 — 1918). Lloyd Loar dari Gibson Mandolin-Guitar Co Mfg memperkenalkan biola-f-lubang yang diilhami desain sekarang biasanya berhubungan dengan archtop gitar, setelah merancang gaya mandolin dari jenis yang sama. Archtop gitar yang khas memiliki besar, dalam, rongga bentuk tubuh yang jauh seperti itu dari keluarga biola mandolin atau instrumen. Dewasa ini, sebagian besar dilengkapi dengan archtops magnet pickup dan karena itu baik akustik dan listrik. F-lubang gitar archtop segera diadopsi atas pembebasan mereka oleh kedua negara jazz dan musisi dan tetap sangat populer dalam musik jazz, biasanya dengan flatwound string.

[sunting] Selmer-Maccaferri gitar

Ini biasanya dimainkan oleh orang-orang yang mengikuti gaya Django Reinhardt. Ini adalah alat yang tampak tidak biasa, dibedakan dengan tubuh yang cukup besar dengan persegi pertarungan, dan baik “D” berbentuk oval atau longitudinal soundhole. Tali berkumpul di ekor seperti archtop gitar, tetapi atas terbentuk dari cemara tipis (seperti sebuah flat-top atau klasik) dipaksa menjadi dangkal kubah. Ini juga memiliki fingerboard yang lebar dan memasukkannya kepala seperti nilon-tali gitar. Volume suara yang keras dan nada tajam membuatnya cocok untuk bermain solo satu-catatan dan ini sering digunakan sebagai alat memimpin dalam ayunan gipsi.

Resonator, resophonic atau gitar Dobro

Semua tiga jenis utama gitar resonator diciptakan oleh Slovak-Amerika John Dopyera (1893-1988) untuk National dan Dobro (Dopyera Brothers) perusahaan. Mirip dengan gitar top flat dalam penampilan, tetapi dengan tubuh yang mungkin terbuat dari kuningan, nikel-perak atau baja maupun kayu, suara dari gitar resonator diproduksi oleh satu atau lebih alumunium resonator kerucut yang dipasang di tengah-tengah atas. Prinsip fisik gitar karena itu mirip dengan loudspeaker. Tujuan awal dari resonator adalah untuk menghasilkan suara yang sangat keras; tujuan ini sebagian besar telah digantikan oleh amplifikasi listrik, tapi gitar resonator masih dimainkan karena nada khas. Resonator gitar mungkin memiliki salah satu atau tiga resonator cones. Metode penularan resonansi suara ke kerucut adalah a “biskuit” jembatan, terbuat dari sepotong kecil kayu di verteks kerucut (Nationals), atau “spider” jembatan, terbuat dari logam dan dipasang di sekeliling tepi (yang terbalik) kerucut (Dobros). Tiga-kerucut resonators selalu menggunakan logam khusus jembatan. Jenis gitar resonator dengan leher dengan penampang persegi – yang disebut “leher persegi” atau “Hawaii” – biasanya dimainkan wajah atas, di tangan para pemain duduk, dan sering dengan logam atau kaca slide. Leher bulat resonator gitar biasanya dimainkan dengan cara yang sama gitar lain, meskipun slide juga sering digunakan, terutama di blues.

[sunting] 12-string gitar

Dua belas-string gitar biasanya memiliki senar baja dan secara luas digunakan dalam musik rakyat, blues dan rock and roll. Alih-alih hanya memiliki enam senar, 12-string gitar memiliki enam program studi yang terdiri dari dua senar masing-masing, seperti mandolin atau kecapi. Dua mata kuliah yang tertinggi yang dicari bersama-sama, sementara yang lain disetel di oktaf. 12-string gitar juga dibuat dalam bentuk listrik.

[sunting] Rusia gitar

Ini adalah tujuh-string gitar akustik yang menjadi norma bagi seluruh gitaris Rusia dan juga ke-19 ke abad ke-20. Gitar secara tradisional disetel ke open G mayor.

[sunting] Acoustic gitar bass

Ini memiliki senar baja atau usus sering string dan tuning yang sama sebagai gitar bass listrik.

Guitarrón

Yang guitarrón yang sangat besar, dalam bertubuh Meksiko 6-string bass akustik dimainkan di band mariachi. Ini adalah fretless dengan tali nilon ukuran berat, dan biasanya dimainkan dengan menggandakan catatan di oktaf, yang difasilitasi oleh tuning yang tidak biasa dari ADGCE A.

[sunting] Jangka Waktu gitar

Sejumlah gitaris klasik memanggil Niibori gitar perdana “Tenor Guitar” atas dasar bahwa itu duduk di lapangan antara alto dan bass. Di tempat lain [rujukan?] Nama ini diambil untuk sebuah 4-string gitar dengan skala panjang 23 “(585 mm) – kira-kira sama dengan Terz Guitar. Tenor gitar yang disetel di perlima, CGDA, seperti yang tenor banjo dan cello. Hal ini secara umum diterima [rujukan?] bahwa gitar tenor diciptakan untuk memungkinkan pemain banjo tenor untuk mengikuti mode seperti berevolusi dari Dixieland Jazz ke arah yang lebih progresif Jazz yang menampilkan gitar. Hal ini memungkinkan seorang pemain banjo tenor menyediakan gitar berbasis rhythm section dengan sedikit untuk belajar. minoritas kecil pemain (seperti Nick Reynolds dari Kingston Trio) yang dekat instrumen untuk mengkonfigurasi DGBE untuk menghasilkan instrumen yang mendalam yang dapat dimainkan dengan catatan 4-bentuk kord ditemukan di atas 4 senar dari gitar atau ukulele. menjamin lapangan yang mendalam dengan spasi lebar akord yang banjo tuning izin, dan tenor disetel dekat tidak memiliki penuh yang sama, suara yang jelas.

[sunting] Harp gitar

Harpa Guitars sulit untuk mengklasifikasikan karena terdapat banyak variasi dalam jenis ini gitar. Mereka biasanya jarang dan tidak biasa dalam musik populer. Sebagian besar terdiri dari gitar biasa, ditambah ‘harpa’ string terbentang di atas enam senar normal. Instrumen biasanya akustik dan kecapi senar biasanya disetel untuk catatan lebih rendah daripada senar gitar, bass tambahan untuk jangkauan. Biasanya tidak ada frets fingerboard atau di balik senar harpa. Beberapa harpa gitar juga fitur yang jauh lebih tinggi pitch senar tegang di bawah senar gitar tradisional. Jumlah senar harpa ini bervariasi, tergantung pada jenis gitar dan juga pemain pilihan pribadi (seperti yang telah mereka sering dibuat untuk pemain spesifikasi). [15] The Pikasso gitar, 4 leher, 2 lubang suara, 42 string] dan juga Oracle Sympitar Harp, 24 senar (dengan 12 bersimpati string menonjol melalui leher) adalah contoh modern.

[sunting] Extended-range gitar

Selama lebih dari satu abad yang menampilkan gitar tujuh, delapan, sembilan, sepuluh atau lebih string telah digunakan oleh sebagian kecil gitaris sebagai sarana untuk meningkatkan berbagai lapangan tersedia untuk para pemain. Biasanya, ini adalah string bass yang ditambahkan. Gitar klasik dengan rentang yang panjang berguna untuk bermain kecapi repertoar, beberapa di antaranya ditulis untuk kecapi dengan lebih dari enam kursus. Contoh tipikal adalah string 11 modern archguitar, yang diciptakan dan dimainkan oleh Peter Blanchette. [16]

[sunting] Gitar battente

Yang battente lebih kecil daripada gitar klasik, biasanya bermain dengan empat atau lima senar logam. Hal ini terutama digunakan di Calabria (sebuah daerah di selatan Italia) untuk menemani suara.

Gitar listrik
Artikel utama: Electric guitar

Gitar listrik dapat memiliki padat, semi-kosong, atau hampa tubuh, dan menghasilkan suara kecil tanpa amplifikasi. Elektromagnetik pickup mengubah getaran senar baja menjadi sinyal, yang diumpankan ke sebuah penguat melalui kabel atau pemancar radio. Suara sering diubah oleh perangkat elektronik lainnya atau distorsi alam katup (tabung vakum) dalam penguat. Ada dua jenis utama pickup, single dan double kumparan (atau humbucker), masing-masing yang dapat pasif atau aktif. Gitar listrik digunakan secara luas dalam jazz, blues, dan rock and roll. Magnetik pertama yang berhasil pickup untuk gitar ditemukan oleh George Beauchamp, dan dimasukkan ke dalam tahun 1931 Ro-Pat-In (kemudian Rickenbacker) “Wajan” pangkuan baja; produsen lain, terutama Gibson, segera mulai memasang pickup pada model archtop. Setelah Perang Dunia II benar-benar padat-listrik tubuh yang dipopulerkan oleh bekerjasama dengan Gibson Les Paul, dan mandiri oleh Leo Fender dari Fender Musik. Fretboard bawah tindakan (ketinggian senar dari fingerboard), lebih ringan (kurus) string, dan penguatan listrik meminjamkan gitar listrik untuk beberapa teknik yang lebih jarang digunakan pada gitar akustik. Ini termasuk penyadapan, luas penggunaan Legato melalui menu pull-off dan hammer-ons (juga dikenal sebagai slurs), pinch harmonic, volume membengkak, dan penggunaan lengan atau efek tremolo pedal.

Gitaris listrik pertama dicatat untuk menggunakan tujuh-string gitar adalah gitaris jazz George Van Eps, yang dikenal sebagai perintis instrumen ini. Benda padat tujuh-string yang dipopulerkan di tahun 1980-an dan 1990-an sebagian disebabkan oleh pembebasan Semesta Ibanez gitar, didukung oleh Steve Vai. Seniman lain melangkah lebih jauh, dengan menggunakan delapan-string gitar dengan dua senar rendah ekstra. Meskipun paling umum tujuh-string memiliki senar B rendah, Roger McGuinn (dari The Byrds dan Rickenbacker) menggunakan G string satu oktaf dipasangkan dengan G string biasa seperti pada gitar 12-string, memungkinkan dia untuk memasukkan string denting 12-unsur-unsur di enam-string standar bermain. Pada tahun 1982 Uli Jon Roth mengembangkan “Sky Guitar”, dengan jumlah diperpanjang sangat frets, yang merupakan gitar pertama untuk menjelajah ke atas register dari biola. Roth tujuh-string dan 33-rewel “Mighty Wing” Fitur gitar yang sama sekali enam oktaf.

Gitar bass listrik sama di tuning dengan double bass biola tradisional. Hibrida dari gitar akustik dan listrik juga umum. Ada juga lebih eksotis varietas, seperti gitar dengan dua, tiga, [17] atau jarang empat leher, segala macam alternatif pengaturan string, fretless fingerboards (digunakan hampir secara eksklusif pada bass gitar, dimaksudkan untuk meniru bunyi stand-up bass), 5.1 surround gitar, dan semacamnya.

Beberapa gitar listrik dan gitar bass listrik fitur model piezoelectric pickup, yang berfungsi sebagai transduser untuk memberikan suara yang dekat dengan sebuah gitar akustik dengan flip sebuah switch atau tombol, daripada gitar switching. Mereka yang menggabungkan piezoelectric pickup pickup dan magnetik kadang-kadang dikenal sebagai gitar hibrida.

Gitar konstruksi dan komponen
Parts.pngElectric gitar akustik gitar parts.jpg

1. Headstock
2. Nut
3. Machine heads (atau pegheads, tombol tuning, tuning mesin, tuners)
4. Frets
5. Truss rod
6. Inlays
7. Leher
8. Tumit (akustik) – Neckjoint (listrik)
9. Badan
10. Pickups
11. Elektronik
12. Jembatan
13. Pickguard
14. Belakang
15. Soundboard (atas)
16. Sisi tubuh (tulang rusuk)
17. Lubang suara, dengan tatahan Rosette
18. Strings
19. Saddle
20. Fretboard (atau Fingerboard)

[sunting] Umum/general

Gitar bisa dibangun untuk memenuhi tuntutan dari kedua kiri dan tangan kanan pemain. Tradisional tangan yang dominan diberikan tugas mencabut atau memetik senar. Bagi sebagian besar orang memerlukan ini menggunakan tangan kanan. Hal ini karena ekspresi musik (dinamika, ekspresi dan nada warna dll) sangat ditentukan oleh memetik tangan, sementara tangan mencela menugaskan tugas mekanis lebih rendah dan mencengkeram menekan senar. Hal ini mirip dengan konvensi dari keluarga biola instrumen di mana tangan kanan mengendalikan haluan. Sebuah minoritas, bagaimanapun, percaya bahwa orang kidal harus belajar untuk bermain gitar dengan cara digantung digunakan oleh orang kidal, hanya untuk standarisasi instrumen

Headstock
Artikel utama: headstock

Yang headstock terletak di ujung leher gitar terjauh dari tubuh. Hal ini dilengkapi dengan mesin kepala yang mengatur ketegangan senar, yang pada gilirannya mempengaruhi lapangan. Tuner tradisional tata letak adalah “3 +3” di mana masing-masing sisi memiliki tiga tuner headstock (seperti pada Gibson Les Paul). Pada tata letak ini, yang biasanya headstocks simetris. Banyak fitur gitar layout lain juga, termasuk enam-in-line (tampil di Fender Stratocaster) tuners atau bahkan “4 +2” (Ernie Ball Music Man). Namun, beberapa gitar (seperti Steinbergers) tidak memiliki headstocks sama sekali, dalam hal ini tuning mesin yang terletak di tempat lain, baik pada tubuh atau jembatan.

Nut
Artikel utama: Nut (instrumental)

Kacang adalah potongan kecil tulang, plastik, kuningan, Corian, grafit, stainless steel, atau materi keras-sedang, pada persendian di mana headstock bertemu dengan fretboard. Its memandu alur senar ke fretboard, konsisten memberikan lateral penempatan string. Ini adalah salah satu titik-titik ujung string ‘bergetar panjang. Harus akurat dipotong, atau dapat berkontribusi pada masalah tuning karena string slip, dan / atau string buzz. Untuk mengurangi gesekan pada tali kacang, yang dapat mempengaruhi stabilitas tuning, beberapa gitaris pas roller kacang. Beberapa instrumen menggunakan fret nol hanya di depan mur. Dalam hal ini kacang hanya digunakan untuk lateral keterpaduan, ketinggian string yang ditetapkan oleh fret nol.
[sunting] Fretboard
Artikel utama: Fingerboard

Juga disebut fingerboard, yang fretboard adalah sepotong kayu frets tertanam dengan logam yang terdiri dari bagian atas leher. Ini rata pada gitar klasik dan agak melengkung melintang pada gitar akustik dan listrik. Kelengkungan fretboard diukur dengan radius fretboard, yang merupakan jari-jari lingkaran hipotetis yang permukaan fretboard merupakan segmen. Semakin kecil radius fretboard, semakin terlihat melengkung pada fretboard adalah. Modern fitur gitar 12 “leher jari-jari, sedangkan gitar lebih tua dari tahun 1960-an dan 1970-an biasanya menampilkan 6-8” leher jari-jari. Mencubit sebuah string terhadap fretboard bergetar secara efektif yang lebih pendek panjang tali, menghasilkan pitch yang lebih tinggi. Fretboards paling sering dibuat dari kayu, ebony, maple, dan kadang-kadang dibuat atau material komposit seperti HPL atau resin. Lihat di bawah pada bagian “Leher” untuk pentingnya panjang di fretboard sambungan ke dimensi lain gitar.

Frets
Artikel utama: Fret

Frets adalah logam (biasanya nikel paduan atau stainless steel) yang tertanam di sepanjang fretboard dan persis terletak di titik yang membagi panjang skala sesuai dengan rumus matematika tertentu. Menekan sebuah string terhadap fret menentukan string ‘bergetar panjang dan oleh karena itu para resultan lapangan. Nada fret masing-masing berturut-turut didefinisikan pada langkah setengah interval pada kromatis. Standar gitar klasik memiliki 19 frets dan gitar listrik antara 21-24 frets (meskipun masalah Guitars caparison gitar dengan sebanyak 27 frets. [19])

Frets diletakkan ke rasio matematika yang mengakibatkan marah sama pembagian oktaf. Rasio dari jarak dua frets berturut-turut adalah akar kedua belas dua. Fret kedua belas skala membagi panjang dalam dua bagian tepat dan posisi ke-24 fret membagi skala panjang setengah lagi. Setiap dua belas frets mewakili satu oktaf. Dalam prakteknya, luthiers menentukan posisi fret menggunakan konstan 17,817, yang berasal dari akar kedua belas dua (21/12). Panjang skala dibagi dengan nilai ini menghasilkan jarak dari nut ke fret pertama. Jarak itu dikurangi dari skala panjang dan hasilnya dibagi menjadi dua bagian oleh konstan untuk menghasilkan jarak dari fret pertama fret kedua. Posisi untuk sisa frets dihitung dengan cara yang sama. [20] Aktual jarak fret tidak menggunakan nilai tepat ini, sedangkan jarak fret pada fretboard juga dilakukan oleh trial and error (uji) metode selama berabad-abad.

Ada beberapa alat pengukur resah berbeda, yang dapat dipasang sesuai dengan preferensi pemain. Di antaranya adalah “jumbo” frets, yang memiliki ukuran lebih tebal, memungkinkan untuk penggunaan teknik vibrato sedikit dari string turun mendorong lebih keras dan lebih lembut. “Bergigi” fretboards, di mana kayu fretboard itu sendiri adalah “meraup keluar” antara frets vibrato memungkinkan efek yang dramatis. Baik frets, jauh lebih rata, biarkan string yang sangat rendah tindakan tetapi memerlukan kondisi lain seperti lengkungan leher akan terpelihara dengan baik untuk mencegah buzz.

Pada baja-string gitar, frets pada akhirnya terikat untuk memakai turun; ketika hal ini terjadi, frets dapat digantikan atau, sampai batas tertentu, diratakan, dipoles, recrowned, atau mengubah bentuk seperti yang diperlukan.
[sunting] Truss rod
Artikel utama: Truss rod

The truss rod adalah batang logam yang berjalan di sepanjang bagian dalam leher. Hal ini digunakan untuk mengoreksi perubahan ke leher’s kelengkungan yang disebabkan oleh penuaan kayu leher, perubahan kelembaban atau untuk mengkompensasi perubahan dalam ketegangan senar. Ketegangan batang dan leher perakitan disesuaikan dengan hex mur atau baut allen-tombol pada batang, biasanya terletak baik di headstock, kadang-kadang di bawah penutup, atau hanya di dalam tubuh di bawah fretboard gitar dan diakses melalui lubang suara. Beberapa batang truss hanya dapat diakses dengan menghapus leher. The truss rod melawan jumlah besar tegangan tali tempat di leher, leher membawa kembali ke posisi tegak. Truss rod memutar searah jarum jam akan kencangkan, menangkal ketegangan senar dan meluruskan leher atau membuat busur belakang. Truss rod memutar berlawanan arah jarum jam akan melepaskan itu, sehingga ketegangan tali untuk bertindak pada leher dan menciptakan busur depan. Menyesuaikan truss rod mempengaruhi intonasi gitar serta ketinggian senar dari fingerboard, yang disebut aksi. Truss rod beberapa sistem, yang disebut “double action” sistem truss, kencangkan dua arah, sehingga leher akan mendorong kedua maju dan mundur (batang truss standar hanya dapat dilepaskan ke satu titik di luar mana leher tidak akan lagi ditekan dan ditarik ke belakang ).

Gitar klasik tidak memerlukan batang truss sebagai senar nilon mengerahkan kekuatan tarik yang lebih rendah dengan potensi yang lebih rendah untuk menyebabkan masalah struktural. Namun leher mereka sering diperkuat dengan sepotong kayu keras, seperti strip eboni mengalir di belakang leher cedar. Tidak ada ketegangan penyesuaian bentuk penguatan.

nlays
Artikel utama: Inlay (gitar)

Inlays adalah elemen-elemen visual yang terpasang di permukaan luar gitar. Yang khas adalah lokasi untuk inlay pada fretboard, headstock, dan pada gitar akustik di sekitar soundhole, yang dikenal sebagai mawar. Inlays berkisar dari plastik sederhana titik pada fretboard untuk karya seni yang rumit yang meliputi seluruh permukaan eksterior gitar (depan dan belakang). Beberapa pemain gitar telah menggunakan LED di fretboard untuk menghasilkan efek pencahayaan yang unik di atas panggung.

Fretboard Inlays paling sering berbentuk seperti titik-titik, berlian bentuk, Genjang, atau blok besar di antara frets. Titik biasanya hias ke tepi atas fretboard di posisi yang sama, cukup kecil untuk dapat dilihat hanya pada pemain. Ini biasanya muncul pada nomor ganjil frets, tetapi juga pada tanggal 12 fret (satu oktaf tanda) daripada-11 dan 13 frets. Beberapa yang lebih tua atau high-end instrumen ibu Inlays terbuat dari mutiara, abalone, gading, berwarna kayu atau bahan-bahan eksotis lainnya dan desain. Inlays sederhana sering dibuat dari plastik atau dicat. High-end jarang ada gitar klasik fretboard Inlays sebagai pemain terlatih dengan baik diharapkan untuk mengetahui cara nya di seluruh instrumen.

Selain fretboard inlay, yang headstock dan mengelilingi soundhole juga sering hias. Produsen logo atau desain kecil sering hias ke headstock. Rosette desain bervariasi dari lingkaran konsentris sederhana untuk meniru ukiran halus mawar bersejarah dari kecapi. Bindings bahwa ujung jari dan suara kadang-kadang papan hias. Beberapa instrumen memiliki strip pengisi berlari menyusuri panjang dan di belakang leher, yang digunakan untuk kekuatan dan / atau untuk mengisi rongga melalui mana trussrod dipasang di leher.

Inlays rumit adalah ciri dekoratif banyak edisi terbatas, high-end dan custom-made gitar. Produsen gitar sering rilis gitar seperti untuk merayakan tonggak penting atau bersejarah.
[sunting] Leher
Artikel utama: Neck (musik)

Sebuah gitar frets, fretboard, tuners, headstock, dan truss rod, semua yang melekat pada kayu panjang perpanjangan, secara kolektif merupakan lehernya. Kayu yang digunakan untuk membuat berbeda biasanya akan fretboard dari kayu di bagian leher. Pembengkokan stres pada leher cukup banyak, terutama ketika berat senar gauge digunakan (lihat Tuning), dan kemampuan untuk melawan menekuk leher (lihat Truss rod) adalah penting bagi kemampuan gitar untuk terus konstan pitch selama tuning atau bila senar cemas. Kekakuan leher berkenaan dengan tubuh gitar adalah salah satu determinan dari instrumen yang baik versus yang satu miskin. Bentuk leher juga dapat bervariasi, dari yang lembut “C” kurva yang lebih dibaca “V” kurva. Ada berbagai jenis leher profil yang tersedia, memberikan gitaris banyak pilihan. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam leher gitar mungkin merupakan keseluruhan lebar fingerboard, skala (jarak antara frets), kayu leher, leher jenis konstruksi (misalnya, leher dapat menempel di dalam atau meloncat-lain), dan bentuk (profil) dari bagian belakang leher. Jenis bahan lain yang digunakan untuk membuat leher gitar adalah grafit (Steinberger gitar), aluminium (Kramer Guitars, Travis Bean dan Veleno gitar), atau serat karbon (Modulus Guitars dan ThreeGuitars).

Double leher gitar listrik memiliki dua leher, membiarkan musisi untuk beralih cepat antara suara gitar.
[sunting] Leher sendi atau ‘Heel’
Lihat juga: Set-di leher, Bolt-on leher, dan Neck-through

Ini adalah titik di mana leher baik melesat atau menempel ke badan gitar. Hampir semua baja-string akustik gitar, dengan pengecualian utama Taylor, telah terpaku (atau dikenal sebagai set) leher, sementara gitar listrik yang dibangun menggunakan kedua tipe. Kebanyakan gitar klasik memiliki leher dan headblock diukir dari satu potong kayu, yang dikenal sebagai “tumit Spanyol.”

Biasanya digunakan mengatur sendi-sendi leher termasuk tanggam dan tenon sendi (seperti yang digunakan oleh CF Martin & Co gitar), pas sendi (juga digunakan oleh CF Martin pada model D28 dan yang sejenis) dan Spanyol leher sendi tumit yang diberi nama setelah sepatu mereka menyerupai dan biasanya ditemukan di gitar klasik. Semua menawarkan tiga jenis stabilitas. Bolt-on leher, meskipun mereka secara historis yang terkait dengan instrumen yang lebih murah, menawarkan fleksibilitas yang lebih besar pada gitar’s set-up, dan memungkinkan akses yang lebih mudah untuk sendi leher pemeliharaan dan perbaikan.

Tipe lain dari leher, hanya tersedia untuk benda padat gitar listrik, adalah leher-melalui-badan pembangunan. Ini dirancang sedemikian rupa agar segala sesuatu dari kepala mesin ke jembatan terletak pada sepotong kayu yang sama. Sisi (juga dikenal sebagai sayap) dari gitar kemudian terpaku pada sepotong pusat ini. Beberapa luthiers lebih memilih metode konstruksi ini ketika mereka mengklaim hal itu memungkinkan lebih baik mempertahankan setiap catatan. Beberapa instrumen mungkin tidak memiliki leher bersama sama sekali, karena leher dan sisi dibangun sebagai salah satu bagian tubuh dan dibangun di sekitarnya.

Strings
Lihat juga: senar gitar klasik

Senar gitar modern yang terbuat dari logam, polimer, atau hewan atau produk tanaman bahan.

Instrumen memanfaatkan “baja” mungkin ikatan senar yang terbuat dari baja paduan menggabungkan, nikel atau fosfor perunggu. Klasik dan flamenco historis digunakan instrumen senar usus, tetapi ini telah digantikan oleh bahan polimer, seperti nilon dan bahan fluorocarbon. Bass strings untuk kedua instrumen luka daripada monofilamen.
[sunting] Body (akustik gitar)
Lihat juga: Sound kotak

Pada gitar akustik, string getaran ditularkan melalui jembatan dan pelana ke tubuh melalui papan suara. Papan suara biasanya terbuat dari kayu nada seperti pohon cemara atau pohon cedar. Kayu untuk kayu nada dipilih untuk kedua kekuatan dan kemampuan untuk mentransfer energi mekanik dari senar ke udara di dalam tubuh gitar. Suara lebih dibentuk oleh karakteristik gitar rongga resonan tubuh.

Pada gitar listrik, transduser dikenal sebagai mengkonversi pickup string getaran ke sinyal listrik, yang pada gilirannya akan diperkuat dan diumpankan ke speaker, yang bergetar udara untuk menghasilkan suara yang kita dengar. Meskipun demikian, tubuh gitar listrik masih melakukan peran dalam membentuk nada resultan tanda tangan.

Dalam instrumen akustik, tubuh gitar merupakan faktor penentu utama dari kualitas suara secara keseluruhan. Gitar atas, atau Soundboard, adalah dibuat dan direkayasa halus terbuat dari tonewoods elemen seperti pohon cemara dan cedar merah. Ini sepotong kayu tipis, seringkali hanya 2 atau 3 mm tebal, diperkuat oleh perbedaan jenis menguatkan internal. Atas dianggap oleh banyak luthiers menjadi faktor dominan dalam menentukan kualitas suara. Mayoritas suara instrumen yang terdengar melalui getaran gitar teratas sebagai energi getaran senar ditransfer ke sana.

Ukuran tubuh, bentuk dan gaya telah berubah dari waktu ke waktu. Gitar abad ke-19, sekarang dikenal sebagai salon gitar, lebih kecil dari alat modern. Pola yang berbeda menguatkan internal telah digunakan dari waktu ke waktu oleh luthiers. Torres, Hauser, Ramirez, Fleta, dan C.F. Martin berada di antara desainer yang paling berpengaruh waktu mereka. Menguatkan tidak hanya memperkuat puncak terhadap potensi runtuh akibat stres yang diberikan oleh tensioned senar, tetapi juga mempengaruhi karakteristik resonansi atas. Bagian belakang dan samping yang terbuat dari berbagai macam kayu seperti kayu mahoni, rosewood India dan Brasil sangat dihormati rosewood (Dalbergia nigra). Masing-masing terutama dipilih untuk efek estetis dan dapat dihiasi dengan Inlays dan purfling.

Tubuh gitar akustik memiliki lubang suara suara yang diproyeksikan. Lubang suara biasanya lubang bundar di bagian atas gitar di bawah senar. Udara di dalam tubuh bergetar sebagai gitar tubuh bagian atas dan bergetar oleh senar, dan respon dari rongga udara pada frekuensi yang berbeda ditandai, seperti sisa tubuh gitar, oleh sejumlah resonansi mode di mana ia bereaksi lebih kuat .

Instrumen dengan daerah yang lebih luas untuk gitar atas diperkenalkan oleh Martin dalam upaya untuk menciptakan tingkat volume keras. Popularitas yang lebih besar “kapal penempur” ukuran tubuh antara pemain akustik berkaitan dengan volume suara yang lebih besar yang dihasilkan.
[sunting] Body (gitar listrik)
Lihat juga: Solid tubuh

Sebagian besar badan gitar listrik terbuat dari kayu dan plastik termasuk memilih penjaga. Papan cukup lebar untuk digunakan sebagai suatu benda padat sangat mahal karena menipisnya kayu di seluruh dunia saham sejak 70’s, sehingga kayu ini jarang salah satu bagian padat. Kebanyakan tubuh terbuat dari dua potong kayu dengan beberapa dari mereka termasuk jahitan mengalir di garis pusat tubuh. Hutan yang paling umum digunakan untuk konstruksi tubuh gitar listrik termasuk maple, basswood, ash, poplar, alder, dan mahoni. Banyak mayat akan terdiri dari kedengarannya bagus tapi murah hutan, seperti abu, dengan “top”, atau lapisan tipis lain yang lebih menarik kayu (seperti maple dengan alam “api” pola) terpaku pada bagian atas kayu dasar. Gitar dibangun seperti ini sering disebut “api puncak”. Tubuh biasanya diukir atau dialihkan untuk menerima unsur-unsur lain, seperti jembatan, pickup, leher, dan komponen elektronik lainnya. Sebagian besar listrik memiliki polyurethane atau pernis nitroselulosa selesai. Bahan alternatif lain untuk kayu, digunakan dalam konstruksi tubuh gitar. Beberapa di antaranya adalah karbon komposit, bahan plastik (seperti polycarbonate) dan aluminium paduan.

Pickups
Artikel utama: Pick up (musik teknologi)

Pickups adalah transduser terpasang pada gitar yang mendeteksi (atau “pick up”) string getaran dan mengubah energi mekanik string menjadi energi listrik. Sinyal listrik yang dihasilkan kemudian dapat diperkuat secara elektronik. Yang paling umum adalah jenis pickup elektromagnetik dalam desain. Ini mengandung magnet yang erat terbungkus dalam sebuah kumparan, atau kumparan, kawat tembaga. Pickups seperti biasanya ditempatkan tepat di bawah senar gitar. Pickup elektromagnetik bekerja pada prinsip-prinsip yang sama dan dalam cara yang sama dengan generator listrik. Getaran senar menyebabkan tegangan kecil dibuat di sekitar kumparan magnet; tegangan sinyal ini kemudian diperkuat.

Tradisional yang baik elektromagnetik pickup koil tunggal atau double-coil. Single-coil pickup rentan terhadap kebisingan akibat dari medan listrik, biasanya induk-frekuensi (60 atau 50 hertz) hum. Pengenalan kumparan ganda humbucker pada pertengahan 1950-an tidak jauh dengan masalah ini melalui penggunaan dua kumparan, salah satunya adalah kabel dalam orientasi polaritas terbalik.

Jenis dan model pickup yang digunakan dapat sangat mempengaruhi nada gitar. Biasanya, humbuckers, yang dua kumparan magnet-majelis melekat satu sama lain secara tradisional dikaitkan dengan suara yang lebih berat. Single-coil pickup, satu magnet dibungkus dengan kawat tembaga, yang digunakan oleh gitaris mencari yang lebih cerah, twangier suara dengan rentang dinamis yang lebih besar.

Pickups modern disesuaikan dengan suara yang diinginkan. Sebuah umum diterapkan pendekatan yang digunakan dalam pemilihan pickup adalah bahwa kurang kawat (DC resistensi yang lebih rendah) = cerah suara, lebih kawat = “gemuk” nada. Pilihan lainnya terdiri dari switching khusus yang menghasilkan coil-membelah, dalam / keluar dari fase dan efek lainnya. Gitar rangkaian dapat aktif, memerlukan daya baterai ke sirkuit mereka, atau, seperti dalam kebanyakan kasus, dilengkapi dengan rangkaian pasif.

Fender Stratocaster gitar tipe umumnya menggunakan tiga single-coil pickup, sementara sebagian besar jenis Gibson Les Paul menggunakan pickup humbucker.

Piezoelectric, atau PIEZO, pickup mewakili kelas lain pickup. Piezoelectricity menggunakan ini untuk menghasilkan sinyal dan musik populer di hibrida elektro-akustik gitar. Sebuah kristal terletak di bawah masing-masing string, biasanya di atas pelana. Ketika senar bergetar, bentuk kristal terdistorsi, dan tekanan yang berkaitan dengan perubahan ini menghasilkan tegangan kecil kristal yang dapat diperkuat dan dimanipulasi.

Beberapa PIEZO-dilengkapi gitar menggunakan apa yang dikenal sebagai hexaphonic pickup. “Hex” adalah makna prefiks enam. Dalam pickup hexaphonic output terpisah diperoleh dari piezoelectric pickup terpisah untuk masing-masing dari enam senar. Pengaturan ini memungkinkan sinyal dapat dengan mudah diubah oleh on-board model elektronik, seperti dalam Line 6 Variax merek gitar listrik, sedangkan gitar memungkinkan berbagai suara yang berbeda yang akan diperoleh dengan memanipulasi sinyal digital. Hal ini memungkinkan sebuah gitar untuk meniru banyak model vintage gitar, serta alternatif keluaran laras tanpa perlu menyesuaikan senar.

Penggunaan lainnya untuk hexaphonic pickup adalah untuk mengirim sinyal keluaran untuk sebuah perangkat penafsiran MIDI, yang menentukan nada pitch, durasi, karakteristik menyerang dan pembusukan dan sebagainya. MIDI (Musical Instrument Digital Interface) juru kemudian mengirimkan catatan informasi ke bank suara perangkat. Suara yang dihasilkan dapat sangat menyerupai berbagai jenis instrumen.
[sunting] Elektronika

Pada gitar yang telah mereka, komponen ini dan kabel yang menghubungkan mereka memungkinkan pemain untuk mengendalikan beberapa aspek, seperti volume suara atau nada. Sederhana mereka ini terdiri dari komponen pasif seperti potensiometer dan kapasitor, tapi bisa juga termasuk sirkuit terintegrasi khusus atau komponen aktif lain yang memerlukan baterai untuk kekuasaan, untuk preamplification dan pemrosesan sinyal, atau bahkan untuk mendapatkan bantuan di tuning. Dalam banyak kasus, elektronik memiliki semacam pikap pelindung untuk mencegah gangguan eksternal dan kebisingan.
[sunting] Lapisan, Binding, dan Purfling

Bagian atas, punggung dan tulang rusuk dari tubuh gitar akustik sangat tipis (1-2 mm), sehingga fleksibel sepotong kayu yang disebut lapisan melekat ke sudut-sudut tempat bertemu rusuk dan punggung bagian atas. Penguatan interior ini memberikan 5-20 mm dari daerah perekatan padat sudut ini sendi. Lapisan padat sering digunakan dalam gitar klasik, sementara kerfed lapisan yang paling sering ditemukan dalam akustik string baja. Kerfed lapisan juga disebut kerfing (karena mencetak gol, atau kerfed untuk membiarkannya menekuk dengan bentuk tulang rusuk).

Selama konstruksi akhir, sebuah bagian kecil dari sudut luar yang diukir atau diarahkan keluar dan kemudian diisi dengan bahan pengikat pada sudut luar dan irisan bahan dekoratif sebelah mengikat, yang disebut purfling. Mengikat ini berfungsi untuk menutup dari endgrain dari atas dan belakang. Purfling dapat juga muncul di belakang sebuah gitar akustik, menandai tepi sendi dari dua atau tiga bagian belakang.

Mengikat dan bahan purfling umumnya terbuat dari kayu atau plastik baik.

Jembatan
Artikel utama: Jembatan (instrumen)

Tujuan utama dari jembatan pada gitar akustik adalah mentransfer getaran dari senar ke Soundboard, yang menggetarkan udara dalam gitar, sehingga pengeras suara yang dihasilkan oleh senar.

Pada semua listrik, gitar akustik dan asli, jembatan memegang tali di tempat pada tubuh. Ada banyak beragam desain jembatan. Mungkin ada beberapa mekanisme untuk menaikkan atau menurunkan jembatan untuk mengatur jarak antara senar dan fretboard (tindakan), dan / atau fine-tuning intonasi dari instrumen. Beberapa pegas dan fitur yang “whammy bar”, lengan removable yang memungkinkan pemain untuk memodulasi lapangan jembatan bergerak ke atas dan ke bawah. Whammy bar yang kadang-kadang juga disebut sebagai “tremolo bar” (lihat tremolo untuk diskusi lebih lanjut istilah ini – efek berubah dengan cepat nada yang diproduksi oleh sebuah whammy bar yang lebih tepat disebut “vibrato”). Beberapa jembatan juga memungkinkan penyeteman alternatif di sentuhan tombol.

Pada hampir semua modern gitar listrik, jembatan dapat disesuaikan untuk setiap string sehingga tetap intonasi yang benar atas dan ke bawah leher. Jika string terbuka adalah selaras tapi tajam atau flat ketika frets ditekan, jembatan dapat disesuaikan dengan obeng atau kunci hex untuk memperbaiki masalah. Secara umum, catatan datar dikoreksi oleh jembatan bergerak ke depan dan catatan tajam dengan menggerakkan ke belakang. Pada suatu instrumen disesuaikan dengan intonasi yang benar, yang sebenarnya setiap string panjang dari nut ke bridge pelana akan sedikit tetapi menyolok skala lebih panjang dari panjang instrumen. Panjang tambahan ini disebut kompensasi, yang merata semua catatan sedikit untuk mengkompensasi sharping semua catatan cemas disebabkan oleh peregangan tali selama mencela.
[sunting] Saddle

Pelana dari gitar mengacu pada struktur atau sejajar dengan jembatan. Pelana ini paling sering ditemukan pada gitar akustik, tapi beberapa model bertubuh cekung gitar listrik memilikinya. Tujuan dasarnya adalah untuk menahan senar di atas jembatan dan gitar, dan untuk menghilangkan getaran tali sehingga tidak string buzz dan / atau merusak diri sendiri atau jembatan. Hal ini sebanding dalam ukuran dan fungsinya kepada kacang, dan variasi dalam desain yang tidak biasa.
[sunting] Pickguard
Artikel utama: Pickguard

Juga dikenal sebagai scratchplate. Hal ini biasanya sepotong dilaminasi plastik atau bahan lain yang melindungi akhir dari bagian atas gitar dari kerusakan akibat penggunaan plectrum atau kuku. Gitar listrik kadang-kadang mount pickup dan elektronik di pickguard. Ini adalah fitur umum pada baja-string gitar akustik. Gaya performa kuat seperti flamenco, yang dapat melibatkan penggunaan gitar sebagai instrumen perkusi, panggilan untuk scratchplate untuk dicocokkan dengan tali nilon-instrumen.
[sunting] Whammy Bar (tremolo arm)
Artikel utama: tremolo arm

Banyak gitar listrik dipasang dengan pitch bend vibrato dan perangkat yang dikenal sebagai “tremolo bar (atau tangan)”, “banci bar”, “wang bar”, “membanting menangani”, “whammy menangani”, dan “whammy bar”. Dua istilah yang terakhir menyebabkan produsen stompbox untuk menggunakan istilah ‘whammy’ dalam datang dengan efek membesarkan pitch populer diperkenalkan oleh pedal efek gitar merek Digitech.

Tremolo lengan yang cukup umum bahwa ada istilah teknis, keras ekor, untuk gitar tanpa satu.

Leo Fender, yang berbuat banyak untuk menciptakan gitar listrik, juga menimbulkan banyak kebingungan mengenai makna dari istilah “tremolo” dan “vibrato” oleh penamaan yang “tremolo” unit pada banyak dari gitar dan juga “vibrato” unit pada nya “Vibrolux” amp. Secara umum, vibrato adalah variasi di lapangan, sedangkan tremolo adalah variasi dalam volume, tremolo bar sehingga sebenarnya adalah vibrato bar dan “Vibrolux” amp benar-benar mempunyai efek tremolo. Namun, mengikuti teladan Fender, gitaris listrik secara tradisional membalikkan makna ini ketika berbicara tentang perangkat keras dan efek yang mereka hasilkan. Lihat vibrato unit untuk diskusi yang lebih rinci, dan tremolo arm untuk lebih dari sejarah.

Tipe lain dari lapangan penyok adalah B-Bender, seorang musim semi dan perangkat tuas dipasang pada sebuah rongga internal suatu benda padat listrik, gitar yang memungkinkan para gitaris hanya menekuk B string dari gitar menggunakan tuas yang terhubung ke tali pegangan gitar. Pitch bend yang dihasilkan adalah membangkitkan suara dari baja pedal gitar.

Guitar Strap

Strip kain dengan kulit atau kulit sintetis potongan pada setiap ujungnya. Dibuat untuk memegang gitar melalui bahu, pada panjang yang dapat diatur sesuai dengan posisi yang disukai oleh para gitaris.
[sunting] Self-tuning gitar
Artikel utama: Musical tuning

Self-tuning gitar gitar yang terkomputerisasi diprogram untuk menyempurnakan diri mereka sendiri. Gibson Robot Guitar, dirilis pada tahun 2007, sering keliru sebagai yang pertama dari jenis ini, tetapi didahului oleh sistem Transperformance oleh sekurang-kurangnya 20 tahun. Gibson juga merilis kedua, self-tuning Kegelapan model yang disebut neraka. [Rujukan?] [21]
[sunting] Tuning
Artikel utama: Guitar tuning

Gitar adalah instrumen mentransposisi. Nada suara yang satu oktaf lebih rendah daripada dinotasikan pada skor.

Berbagai laras yang berbeda dapat digunakan. Tuning yang paling umum, yang dikenal sebagai “Standar Tuning,” telah disetel dari senar E rendah, E yang tinggi, melintasi dua oktaf – EADGBE. Ketika semua senar dimainkan terbuka akord yang dihasilkan adalah Em7/add11.

The pitches adalah sebagai berikut:

Scientific string pitch pitch Helmholtz Interval dari C tengah Frekuensi
E4 pertama e ‘besar di atas ketiga 329,63 Hz
B3 kedua b kecil di bawah kedua 246,94 Hz
g sempurna G3 ketiga keempat di bawah 196,00 Hz
keempat D3 d minor tujuh di bawah 146,83 Hz
kelima A2 A minor kesepuluh di bawah 110 Hz
keenam E2 E minor ketiga belas di bawah 82,41 Hz

Tabel di bawah ini menunjukkan sebuah nama lapangan ditemukan selama enam dawai gitar tuning standar, dari kacang (nol), ke fret kedua belas.

Sebuah gitar menggunakan tuning ini dapat menyetel ke dirinya sendiri menggunakan fakta, dengan satu perkecualian, bahwa ke-5 fret pada satu string adalah sama catatan sebagai string terbuka berikutnya, yaitu fret ke-5-catatan pada string yang keenam adalah sama catatan sebagai string kelima terbuka. Pengecualian adalah interval antara string kedua dan ketiga, di mana fret ke-4-catatan pada tali ketiga setara dengan string kedua terbuka.

Standar tuning telah berevolusi untuk memberikan kompromi yang baik antara jari sederhana bagi banyak akord dan kemampuan untuk memainkan skala umum dengan sedikit gerakan tangan kiri. Uniknya, tuning gitar memungkinkan untuk pola berulang yang juga memfasilitasi kemudahan di mana skala umum dapat diputar. [22] Terdapat juga berbagai alternatif umum digunakan laras – yang kebanyakan membuka laras yang menciptakan seluruh akord voicings tanpa mengeluh apapun string. Banyak terbuka laras, di mana semua string yang sesuai untuk catatan atau akord yang serupa, yang populer untuk bermain gitar slide. Penyeteman alternatif digunakan untuk dua alasan utama: kemudahan bermain dan variasi nada yang dapat dicapai.

Banyak gitaris menggunakan berdiri lama, berabad-abad tuning variasi di mana string terendah adalah ‘turun’ ke seluruh nada. Dikenal sebagai Drop-D (atau dropped D) tuning itu, dari rendah ke tinggi, DADGBE. Hal ini memungkinkan untuk string terbuka Basses tonik dan dominan di kunci D dan D minor. Ini juga memungkinkan perlima sederhana (powerchords) menjadi lebih mudah dimainkan. Eddie Van Halen kadang-kadang menggunakan perangkat yang dikenal sebagai ‘D Tuna,’ paten untuk yang dia miliki. Ini adalah pengungkit kecil, menempel pada tuner baik dari string ke-6 pada Floyd Rose tremolo, yang memungkinkan dirinya untuk dengan mudah menjatuhkan string’s tuning ke D. Banyak band rock kontemporer retune semua senar oleh beberapa semi-nada, membuat, untuk Misalnya, Drop-C atau Drop-B laras, Namun terminologi ini tidak konsisten dengan bahwa dari “drop-D” sebagai “drop-D” mengacu pada menjatuhkan tali tunggal ke bernama lapangan. Seringkali laras baru ini juga hanya disebut sebagai “Standar” dari catatan tersebut misalnya – “D Standar” (DGcfad ‘).

Beberapa gitaris lagu di perempat lurus, menghindari ketiga utama antara ketiga dan string kedua. Walaupun hal ini membuat bermain triad mayor dan minor yang sedikit lebih sulit, ini memfasilitasi memainkan akord dengan lebih rumit struktur luas [rujukan?]. Salah satu pendukung keempat lurus tuning (EADGCF) adalah Stanley Jordan.

Seperti semua instrumen senar sejumlah besar scordatura yang mungkin pada gitar. Bentuk umum melibatkan scordatura tuning string ke-3 ke F ? untuk meniru tuning standar dari kecapi, terutama ketika bermain renaisans repertoar awalnya ditulis untuk kecapi.
[sunting] Gitar aksesoris

Meskipun gitar dapat dimainkan sendiri, ada berbagai aksesoris yang umum digunakan untuk memegang dan bermain gitar.
[sunting] Capotasto
Artikel utama: Capo

Sebuah capo (kependekan capotasto) digunakan untuk mengubah nada senar terbuka. Capos yang terpotong ke papan fret dengan bantuan tegangan pegas, atau dalam beberapa model, elastis ketegangan. Untuk menaikkan pitch gitar oleh satu sem / tone, pemain akan klip capo fret ke papan tepat di bawah fret pertama. Penggunaannya memungkinkan pemain untuk bermain di kunci yang berbeda tanpa harus mengubah formasi akord yang mereka gunakan. Karena kemudahan yang mereka mengizinkan pemain gitar untuk mengubah kunci, mereka kadang-kadang disebut sebagai “curang” atau “dusun kruk.” Penyanyi klasik diketahui menggunakannya untuk mengaktifkan instrumen modern untuk mencocokkan nada instrumen sejarah seperti renaisans kecapi.

Slide
Artikel utama: Slide Guitar

Sebuah slide, (leher botol, pisau atau besi bulat) yang digunakan dalam musik blues dan rock untuk menciptakan glissando atau ‘Hawaii’ efek. Leher botol sering digunakan dalam blues dan musik country. Slide modern dibuat dari kaca, plastik, keramik, krom, kuningan atau baja, tergantung pada berat dan nada yang diinginkan. Alat musik yang dimainkan secara eksklusif dalam cara ini, (menggunakan besi) disebut sebagai baja pedal gitar atau baja. Slide bermain untuk hari ini sangat populer di musik blues dan musik country. Beberapa pemain slide menggunakan apa yang disebut Dobro gitar.

Beberapa artis yang telah menjadi terkenal untuk bermain slide adalah Robert Johnson, Elmore James, Ry Cooder, George Harrison, Bonnie Raitt, Derek Trucks, Warren Haynes, Duane Allman, Muddy Waters, Rory Gallagher, dan George Thorogood.
[sunting] plectrum
Artikel utama: Guitar pick
Berbagai gitar picks

Sebuah “gitar memilih” atau “plectrum” adalah sepotong kecil bahan keras yang biasanya diadakan antara ibu jari dan jari tangan yang memetik dan digunakan untuk “memilih” senar. Meskipun kebanyakan pemain klasik memilih semata-mata dengan kuku jari mereka, yang “memilih” sering digunakan untuk listrik dan beberapa gitar akustik. Meskipun saat ini mereka terutama plastik, variasi memang ada, seperti tulang, kayu, baja atau cangkang kura-kura. Cangkang kura-kura adalah bahan yang paling umum digunakan pada masa-masa awal memilih membuat tetapi seperti kura-kura semakin terancam, praktek menggunakan kerang untuk memilih atau apa pun dilarang. Mengambil tempurung kura-kura sering didambakan untuk nada yang dianggap unggul dan kemudahan penggunaan.

Picks datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Picks bervariasi dari jazz kecil memilih untuk memilih bass besar. Ketebalan pick sering menentukan penggunaannya. Sebuah kurus memilih (antara ,2 dan ,5 mm) biasanya digunakan untuk memetik atau irama bermain, sedangkan mengambil lebih tebal (antara ,7 dan 1.5 + mm) biasanya digunakan untuk catatan garis tunggal atau memimpin bermain. Khas suara gitar Billy Gibbons tersebut diberikan untuk menggunakan seperempat atau peso sebagai pick. Demikian pula, Brian May yang diketahui menggunakan koin sixpence sebagai pick. David Orang dikenal untuk menggunakan kartu kredit tua, potong dengan ukuran yang benar, sebagai plectrum.

Ibu jari dan jari mengambil mengambil yang melekat pada ujung jari kadang-kadang digunakan dalam jari-memilih gaya.

Sumber: http://iok-grax.blogspot.com/p/sejarah-gitar.html