December 4, 2022

Profil

img_0107

Assalamualaikum Wr. Wb,

Tabik Puuuun….

Nama saya Riyan Hidayatullah, saya adalah seorang penikmat musik, peneliti dan praktisi musik. Saat ini saya tercatat sebagai staf pengajar di Universitas Lampung dengan jabatan dosen. Saya bernaung di Program Studi Pendidikan Musik Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Riwayat pendidikan dimulai dari Taman Kanak-kanak pada tahun 1993 di kota kecil bernama Anyer sampai Sekolah Menengah Atas di kota yang sama. Pada tahun 2010 saya menuntaskan pendidikan dengan gelar Sarjana Pendidikan dengan bidang keahlian Pendidikan Seni Musik dan pada tahun yang sama melanjutkan studi S2 di kampus yang sama, UPI Bandung. Spesialisasi keahlian saya adalah gitar dan Double Bass.

Selama kuliah, saya membangun karir sebagai praktisi musik, seperti terlibat dalam beberapa orkestra dan musik industri seperti band. Selain aktif mengajar, saya juga aktif meneliti mengenai pendidikan musik, melaksanakan pelatihan-pelatihan dalam rangka pengembangan ilmu dan pelestarian budaya. Saya bergabung dengan Universitas Lampung sejak tahun 2014 hingga saat ini. Blog ini merupakan blog resmi dosen yang diperuntukkan untuk memberikan ruang informasi mengenai kegiatan-kegiatan akademik, referensi-referensi, perspektif saya dalam melihat fenomena musikal, artikel-artikel yang pernah saya tulis dan lain-lain. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi seluruh civitas akademik khususnya di lingkungan Universitas Lampung.

Website atau blog pribadi ini berisi informasi seputar musik dan pendidikan musik. Di dalamnya terdapat berbagai macam persoalan musik mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Artikel yang ditulis dalam blog bersumber dari pengalaman penulis lewat aktvitas penelitian, diskusi, artikel jurnal, buku, dan sumber-sumber lainnya. Sudut pandang penulis dalam menarasikan berbagai permasalah diangkat dari persoalan populer hingga yang bersifat paragdimatis. Tujuannya untuk memberikan pandangan lain tentang pendidikan musik dari sudut yang berbeda dan memperkaya wacana diskusi musik hari ini. Sasaran pembaca blog ini tidak dikhususkan pada akademisi di bidang musik saja, tetapi masyarakat umum yang memiliki ketertarikan pada bidang-bidang kajian musik.

Pada awalnya pendidikan musik dipahami sebagai sebuah disiplin ilmu keguruan musik. Di dalamnya dipelajari bagaimana mengembangkan cara mengajar, menerapkan metode dan strategi, serta mengelola pembelajaran musik di sekolah dan perguruan tinggi formal. Pendidikan musik juga mempublikasikan berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh para pendidik musik. Implikasi dari penelitian itu sangat berguna untuk menjawab masalah-masalah pembelajaran dan mengembangkan strategi pengajaran musik yang telah ada.

Blog ini berusaha memperluas ruang lingkup diskusi dalam pendidikan musik untuk meningkatkan literasi tentang musik dan menyadarkan pentingnya kebedaradaan musik sebagai sebuah sains. Penulis menyadari kurangnya sumber-sumber bacaan tentang pendidikan musik akan menghambat  proses belajar musik itu sendiri. Semoga tulisan-tulisan yang dimuat dalam blog ini menjadi pelatuk untuk penulis-penulis lainnya di bidang musik. Sehingga musik menjadi menarik untuk diperbincangkan dengan santai atau melalui pendekatan ilmiah.

Wassalamualaikum Wr. Wb