Google Play Store menyembunyikan aplikasi usang

Ada begitu banyak aplikasi di Google Play Store. Ada aplikasi baru dan ada juga aplikasi lama. Nantinya, Google Play Store menyembunyikan aplikasi lama yang sudah tidak cocok atau ketinggalan zaman. Alasannya adalah keamanan.

Google menyebutkannya di blog pengembang Android. Mereka menyebutkan bahwa setiap generasi baru OS Android tidak hanya menghadirkan fitur-fitur baru, tetapi juga menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna.

Saat ini, Google memerlukan aplikasi baru dan pembaruan aplikasi untuk menargetkan level API Android yang setidaknya satu tahun lebih tua dari versi terbaru OS Android. Pengembang tidak dapat merilis aplikasi baru atau meluncurkan pembaruan jika tidak memenuhi persyaratan ini.

Mulai 1 November 2022, aplikasi yang tidak menargetkan level API Android selama 2 tahun atau kurang dari versi OS terbaru tidak akan ditemukan lagi di penelusuran Google Play Store. Pengguna juga tidak dapat menginstal aplikasi.

Google mengatakan alasan keputusan ini adalah untuk menjaga aplikasi tetap up to date dengan kondisi keamanan terbaru. Aplikasi yang tidak sesuai dengan level API Android terbaru mungkin tidak memiliki tingkat keamanan yang sama. Dengan kata lain, lebih berisiko.

Tetapi jika Anda menginstal aplikasi lama yang belum diperbarui, Anda masih dapat menemukannya di Play Store (melalui Riwayat Aplikasi). Hanya pengguna yang belum pernah menggunakannya yang tidak dapat menemukannya.

Lihat juga
Filter Nada Nyata Pixel 6 sekarang tersedia untuk semua pengguna Foto Google
dalam aplikasi

Misalnya, jika Anda menggunakan Android 9 Pie, Anda mungkin masih dapat menemukan aplikasi lama tersebut. Namun, jika Anda adalah pengguna Android 10 dan belum pernah menggunakan aplikasi tersebut, Anda tidak dapat menemukannya.

Terakhir, jika Anda bersikeras untuk terus menggunakan aplikasi lama yang sudah ketinggalan zaman, Anda dapat menemukannya di toko aplikasi alternatif Play Store, yang juga dikenal sebagai menginstal dengan APK. Ya, tetapi dengan risiko tingkat keamanan yang tidak sesuai dengan kondisi terkini.

Sumber :