Sampai saat ini ada banyak sekali aplikasi penyedia layanan untuk melewati pemblokiran situs oleh pihak provider. Namun dari sekian banyak aplikasi tersebut, salah satu yang cukup menarik dan bagus adalah Psiphon Pro.

Aplikasi ini memiliki kemampuan melewati pemblokiran dengan VPN dan masih memiliki banyak fitur menarik di dalamnya. Lalu sebenarnya apa saja fungsi atau kegunaan dari aplikasi ini? Simak berikut penjelasan lebih lengkapnya!

Definisi Psiphon Pro

Aplikasi Psiphon sebenarnya merupakan produk yang jarang diketahui oleh banyak orang. Karena selama ini untuk bisa melewati kebijakan pemblokiran oleh provider, pengguna smartphone lebih memilih aplikasi VPN yang lainnya.

Pada awalnya bahkan aplikasi Psiphon ini hanya tersedia untuk perangkat PC saja. Namun ketika jumlah pengguna smartphone semakin meningkat, maka dilakukan pengembangan agar bisa digunakan pada smartphone.

Bahkan hasil dari pengembangan itu menjadikan aplikasi Psiphon ini sebagai alat membuka blokir situs yang paling terkenal. salah satu alasan yang membuatnya jadi cukup terkenal adalah akses yang gratis tapi fitur tambahannya juga melimpah.

Selain itu Psiphon juga memiliki user interface yang sangat ramah sekali dan mudah digunakan.

Perbedaan Psiphon dengan VPN Lain

Pada penjelasan definisi dari Psiphon, tentu Anda sudah memahami bahwa aplikasi ini menjadi alternatif utama selain menggunakan aplikasi VPN lainnya. sebenarnya ada beberapa perbedaan yang akan Anda temukan jika memilih Psiphon dibandingkan aplikasi VPN yang lainya.

Berikut ini beberapa perbedaan yang diunggulkan Psiphon:

  1. Fungsi Sama Seperti Versi PC

Perbedaan dari aplikasi VPN lain yang sangat diunggulkan dari Psiphon adalah kemampuan yang sama persis seperti aplikasi versi PC.

Selama ini ketika ada sebuah aplikasi versi PC dan dikonversikan dalam pengembangan untuk smartphone, biasanya akan ada banyak penurunan fungsi. Tapi masalah itu tidak akan Anda temukan pada aplikasi Psiphon Pro ini.

Secara umum dan sederhana, antara aplikasi Psiphon versi HP dan PC sama-sama berfungsi untuk perantara jaringan dan membuka situs yang diblokir. Lebih khusus lagi, cara untuk menjadi perantara jaringan itu sama persis pada aplikasi versi HP dan PC.

Hal ini membuat tidak ada perbedaan pada masalah performa antara kedua versi tersebut.

  1. Peramban Tambahan

Perbedaan lain yang bisa Anda lihat pada aplikasi Psiphon ini adalah fitur yang cukup banyak. Fitur itu seperti pilihan peramban atau juga sebagai VPN untuk membuka situs yang diblokir.

Selama ini pada aplikasi VPN lain hanya berfungsi untuk pembobol situs yang diblokir saja. Tapi jika Anda menggunakan aplikasi VPN, maka bisa juga memanfaatkannya sebagai peramban.

Anda bisa mengaturnya untuk VPN atau peramban. Sayangnya untuk Psiphon pada smartphone dengan OS iOS hanya tersedia pilihan untuk peramban saja.

  1. Jumlah Server Melimpah

Inilah perbedaan yang sangat mencolok dan diunggulkan dari aplikasi Psiphon dibandingkan aplikasi VPN yang lainnya. Perbedaannya yaitu pada masalah jumlah server yang tersedia. Perlu diketahui server akan sangat mempengaruhi kecepatan upload dan download internet.

Biasanya aplikasi VPN lain hanya menyediakan server tertentu untuk versi gratis. Lalu bisa menggunakan server negara yang bagus setelah membayar biaya berlangganan. Solusinya ada pada aplikasi Psiphon ini.

Karena jumlah server negara yang tersedia di dalam aplikasi dan bisa digunakan sangat banyak sekali. Anda juga bisa menikmati server itu secara gratis tanpa harus membayar biaya langganan.

Walaupun ada beberapa fitur lain yang hanya bisa diakses dengan aplikasi versi Pro atau premium. Anda bisa memilih rekomendasi dalam pilihan Best Performance untuk menikmati server yang memiliki internet paling stabil.

  1. Keunikan Pada Metode Bypass

Perbedaan lainnya yaitu Psiphon Pro diklaim memiliki bypass yang termasuk sangat unik sekali dan berkekuatan penuh. Anda tidak akan bisa menemukan metode bypass seperti yang sudah ada di dalam aplikasi Psiphon ini.

Psiphon mempunyai sebuah algoritma dalam penghubungan ke fitur VPN yang termasuk sangat rahasia dan misterius. Akibat fitur ini juga banyak yang memanfaatkan aplikasi Psiphon untuk bisa menikmati akses internet gratis ketika kuota sedang habis.

Namun memang ada beberapa cara khusus bagi mereka yang ingin memanfaatkan algoritma VPN untuk internet gratis. Tentunya perlu penelitian yang mendalam untuk bisa menikmati fitur tersebut.

Download Psiphon Pro

Dengan banyaknya kelebihan di dalam apliaksi ini, mungkin Anda mulai ingin mencoba Psiphon Pro. Berikut ini link downloadnya:

Psiphon Pro 322 APK for Android – Download

Cara Pemasangan

  • Cara pertama Anda harus mendownload aplikasinya.
  • Setelah itu, tap pada menu “Pengaturan” di HP Anda.
  • Kemudian carilah menu “Setelan Tambahan”.
  • Di dalamnya cari dan tap menu “Privasi”.
  • Lalu carilah kembali tulisan “Sumber Tidak Dikenal” dan geser tombolnya agar menjadi aktif.
  • Kembalilah ke Beranda dan tap “File Manager”.
  • Cari folder dimana hasil download terinstal.
  • Lalu cari juga nama file apk Psiphon yang sudah didownload tadi.
  • Tap pada file APK tersebut dan tap lagi tulisan ”Instal
  • Tunggu dan aplikasi siap digunakan.

Tips Penggunaan Psiphon Pro

Aplikasi Psiphon memang memiliki fitur yang sangat banyak sekali. Selain itu kemampuannya juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya walaupun begitu para pengguna Psiphon masih sering mengalami beberapa masalah.

Salah satu masalah yang sering menjengkelkan adalah tidak terhubung. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika merasa aplikasi Psiphon mudah tidak terhubung atau Disconnect secara mendadak. Berikut ini tipsnya:

  1. Pastikan Sinyal Kuat dan juga Stabil

Tips yang pertama agar koneksi perantara jaringan dengan Psiphon tidak putus di tengah jalan adalah pastikan sinyal providernya kuat dan stabil. Memang aplikasi ini tidak akan membuat kecepatan internet menjadi turun.

Tapi jika sinyal asal dari provider lemah dan tidak stabil, maka aplikasi juga tidak bisa memberikan layanan perantara jaringan dan VPN dengan maksimal. Anda butuh sinyal yang kuat dan stabil agar aplikasi tidak Disconnect ketika sedang digunakan.

  1. Matikan Data

Tips berikutnya ini masih ada kaitannya dengan sinyal provider yang Anda gunakan. Ketika aplikasi Psiphon tiba-tiba tidak terhubung, cobalah untuk mematikan data kemudian menghidupkannya lagi.

Sebenarnya cara ini paling familiar di kalangan para pengguna smartphone. Walaupun terkesan sederhana, mematikan dan menghidupkan kembali data internet bisa memberikan pengaruh pada kestabilan dan kekuatan jaringan provider.

  1. Mengganti APN

APN atau Acces Point Name juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakan layanan VPN dari Psiphon. Masalah yang datang termasuk diantaranya tiba-tiba layanan tidak terhubung.

Tipsnya adalah cobalah untuk mengganti APN. Ganti dengan beberapa APN lain sesuai operator yang sedang digunakan. Mengingat setiap APN sebenarnya juga memiliki fungsi tersendiri.

  1. Restart HP

Kalau dari beberapa cara di atas Anda masih mengalami Psiphon tidak terhubung, cobalah untuk merestart HP. Kemudian buka dan jalankan ulang aplikasi Psiphon seperti biasanya.

Tips ini cukup efektif saat layanan Disconnect. Karena restart akan memperbarui semua data yang ada.

Psiphon Pro memang sangat bisa diandalkan jika melawan aplikasi VPN yang lainnya. namun pastikan memanfaatkan aplikasi ini untuk hal-hal yang bermanfaat.

 

Lihat Juga :