Kontrak Perkuliahan Bahasa Indonesia

KONTRAK  PERKULIAHAN

 

Nama  Mata  Kuliah  :  Bahasa  Indonesia

Kode Mata Kuliah     :  KBS 101/3 SKS

Pengampu                  :  Dra. Sumarti, M.Hum.

Semester                    :  Ganjil 2010/2011

Hari Pertemuan         :  Selasa,pk. 15.00—17.30

                                       Rabu, pk. 07.30—10.00

Tempat Pertemuan    :  E-1 FKIP 

 

 

 

1.  Manfaat  Mata  Kuliah

Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia bertujuan untuk memberi pengetahuan/pemahaman yang mendalam terhadap kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah sehingga mahasiswa dapat menerapkan kaidah tersebut dalam setiap penggunaan bahasa Indonesia. Dengan demikian, setelah mengikuti perkuliahan MKU Bahasa Indonesia ada tiga manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa, yakni

(a) pemahaman terhadap kaidah bahasa Indonesia, seperti EYD, kalimat efektif, dan penyusunan paragraf yang padu; (b) perlatihan secara intensif kaidah penggunaan bahasa Indonesia laras ilmiah; dan (c) terampil dan bersikap positif dalam penggunaan kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah.

 

2.  Deskripsi  Mata Kuliah

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Unila pada semester pertama yang  berbobot 3 sks (2-1).. Artinya, dalam setiap tatap muka atau KBM, 2 sks praktik dan 1 sks teori. Teori berupa seperangkat kaidah tata tulis bahasa Indonesia laras ilmiah,  meliputi kaidah EYD, penyusunan kalimat efektif, komposisi paragraf yang padu, serta penyusunan karya ilmiah.

 

3.  Standar  Kompetensi  (Tujuan  Instruksional)

Mahasiwa memiliki pemahaman terhadap kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah, yang meliputi tata ejaan, kalimat, dan paragraf serta dapat menerapkan kaidah tersebut dalam penggunaan secara baik dan benar.

 

Untuk mencapai standar kompetensi di atas,  mahasiswa harus  mampu (kompetensi dasar):

a.  menjelaskan fungsi, kedudukan, dan ragam bahasa Indonesia

b.  menjelaskan kaidah penulisan huruf kapital dan huruf miring

c.  menjelaskan kaidah penulisan kata (dasar, turunan, gabung, kata depan, angka dan lambang bilangan, akronim dan singkatan)

d.  menjelaskan kaidah pemakaian tanda baca (titik, koma, tanya, seru, titik dua, titik koma, kurung, petik tunggal dan ganda, hubung pisah, dll.)

e.   menjelaskan kaidah penulisan unsur serapan

f.   menggunakan kaidah penulisan huruf kapital dan miring dalam tulisan

g.   menerapkan kaidah penulisan kata dalan penulisan

h.   menerapkan  kaidah pemakaian tanda baca dan unsur serapan dalam tulisan

i.    menjelaskan syarat-syarat kalimat efektif

j.    membuat kalimat efektif

k.   mengidentifikasi paragraf yang padu (kohesif dan koheren)

l.    menjelaskan jenis paragraf dari segi letak kalimat topik

m   menyusun paragraf yang kohesif dan koheren dengan teknik pengembangan tertentu

 

Adapun, gambaran materi perkuliahan  Bahasa Indonesia dapat dilihat pada bagan di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

Materi  Perkuliahan  Umum  Bahasa  Indonesia

 

KAIDAH

 

 

 

                EYD                                                                             PARAGRAF

 

 

 

PENULISAN    HURUF                                                         SYARAT PARAGRAF

PENULISAN KATA                                                               JENIS PARAGRAF    

PEMAKAIAN TANDA   BACA                                            TEK. PENGEM. PAR.

PENULISAN UNSUR SERAPAN                                              

 

 

                                                                  KALIMAT

 

 

 

KESEPADANAN

KESEJAJARAN

KEHEMATAN

KEPADUAN

KELOGISAN

                                                             KEVARIASIAN

 

 

 

 

 

 

 

5.  Strategi  Perkuliahan

Pendekatan yang digunakan dalam  perkuliahan Bahasa Indonesia   adalah SCL student centered learning, artinya mahasiswalah yang melakukan proses pembelajaran atau berperan aktif sehingga semua proses pembelajaran berpusat pada mahasiswa, sedangkan dosen pengampu sebagai  fasilitator dan motivator.  Dengan demikian, model pembelajaran yang diterapkan adalah konstruktif-kooperatif. Artinya, perkuliahan menerapkan proses pembelajaran yang menekankan pada kerja sama mahasiswa dalam membangun dan mengembangkan pemehaman mereka terhadap materi bahasa Indonesia yang telah ditentukan tersebut.

 

Melalui penugasan individual dan kelompok, setiap mahasiswa membangun pemahaman mereka terhadap konsep-konsep materi perkuliahan yang akan dikembangkan dalam forum diskusi kelas sebagai pemantapan. Selanjutnya , setiap akhir pertemuan, dosen memberikan pengayaan berupa  tanya jawab dan penguatan pada setiap proses diskusi yang terjadi.

 

 

6.  Materi/Bacaan  Perkuliahan

Buku bacaan  pokok dalam perkuliahan ini adalah:

  1. Alwi, Hasan. 2003. Tata  Bahasa  Baku  Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustakan
  2. Fuad, dkk. 2006. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah.  Yogyakarta: Ardana Media
  3. Lamuddin, Finoza. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia .  Jakarta: Diksi Insan Mulia
  4. Pusat Bahasa. 2000. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

 

 

 

 

Materi Perkuliahan meliputi:

 

a. fungsi, kedudukan, dan ragam bahasa Indonesia

b. Kaidah Penulisan Huruf Kapital  dan  Huruf  Miring

c. Kaidah Penulisan Kata

d. Kaidah Penulisan Unsur Serapan

e. Kaidah Pemakaian Tanda Baca

f.  Syarat-syarat Kalimat Efektif

g. Syarat-syarat Paragraf yang Kohesif dan Koheren

h. Jenis Paragraf

i.  Karakteristik Karya Ilmiah

 

 

 

7.  Tugas

a. Setiap materi perkuliahan sebagaimana disebutkan pada materi perkuliahan

harus  sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan.

b. Setiap mahasiswa diwajibkan mempersentasikan hasil pemahaman terhadap

kaidah EYD, kalimat efektif, dan penyusunan paragraph yang kohesif dan

koheren

c. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa secara individual diwajibkan membuat

makalah tentang materi perkuliahan sesuai dengan  tugas kelompok dalam

diskusi kelas.

 

 

8.      Kriteria Penilaian

 

Penilaian akan dilakukan dosen pengampu dengan menggunakan kriteria sebagai berikut.

 

 

 

 

Nilai                             Point                                      Range

A                                    4                                             ≥ 76

B                                    3                                         66—75

C                                    2                                         56—65

D                                    1                                         46—55

E                                    0                                             ≤ 45

 

 

Dalam menentukan nilai akhir digunakan pembobotan sebagai berikut.

makalah individual                        25%

mid semester                                 25%

ujian akhir semester                      25%

presentase                                     15%

kehadiran                                       10%

 

 

 

9.  Jadwal  Perkuliahan

Perkuliahan dimulai pada 02 September 2011 sampai dengan 24 Desember 2011. Pelaksanaan mid semester dan  ujian akhir semester mengikuti jadwal yang telah ditentukan kalender akademik Unila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>