Silabus MKU Bahasa Indonesia Unila

SILABUS


Mata Kuliah         :   Bahasa Indonesia

Komak/sks            :   KBS 101/3 sks

Deskripsi Singkat:  Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Lampung berbobot 3 sks (2-1), diberikan pada tahun pertama berisi kajian terhadap kaidah tata tulis bahasa Indonesia laras ilmiah yang meliputi EYD, tata kalimat, paragraf, dan karya ilmiah.

 

Kompetensi Baku:   Setelah mengikuti mata kuliah umum Bahasa Indonesia, mahasiswa dapat memiliki pengetahuan tentang kaidah tata tulis bahasa Indonesia laras ilmiah, seperti EYD, kalimat efektif, paragraf, dan karya ilmiah sehingga dapat menerapkannya dalam tulisan secara benar.

 

No.

Kompetensi Dasar dan Indikator

Pokok Bahasan (PB), SubPokok Bahasan (SPB)

Metode

Media/Alat

Bantu  Ajar

Waktu

Daftar

Pustaka

  1              2                3          4          5        6           7

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

Kompetensi Dasar

Setelah  menyelesai- kan  pokok bahasan tentang fungsi, kedudukan, dan ragam bahasa Indonesia,, mahasiswa dapat menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan fungsi dan kedudukannya.

 

Indikator

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa dapat:

 

1.1  Menjelaskan fungsi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

1.2  Mengidentifikasi kedudukan bahasa Indonesia dalam kegiatan akademik di kampus selama perkuliahanr

1.3 Menggunakan ragam bahasa Indonesia laras ilmiah dalam tulisan secara benar

 

Kompetensi Dasar

Setelah  menyelesai- kan  pokok bahasan tentang EYD, mahasiswa dapat menggunakan kaidah-kaidah pedoman umum EYD dalam tulisan secara benar

 

 

Indikator

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa dapat:

2.1 mengunakan kaidah penulisan huruf kapital dan miring secara benar

2.2 menggunakan kaidah penulisan kata dalam tulisan secara benar

2.3 menggunakan kaidah penulisan unsur serapan dalam tulisan secara benar

2.4 menerapkan kaidah pemakaian tanda baca dalam tulisan secara benar.

 

Kompetensi  Dasar

Setelah menyelesaikan pokok bahasan tentang ciri dan syarat kalimat efektif, mahasiswa diharapkan dapat membuat kalimat efektif secara tertulis dengan benar.

 

Indikator

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa dapat:

3.1 menjelaskan  pengertian kalimat efektif

3.2 menjelaskan ciri-ciri

kalimat efektif

3.3 mengidentifikasi kalimat efektif dalam tulisan mahasiswa

3.4 membuat kalimat efektif yang memenuhi syarat kesepadanan

3.5 membuat kalimat efektif yang memenuhi syarat kehematan

3.6 membuat kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran

3.7  membuat kalimat efektif yang memenuhi syarat kelogisan

3.8 membuat kalimat yang efektif secara variatif

 

 

Kompetensi  Dasar

Setelah menyelesaikan pokok bahasan tentang  paragraf, mahasiswa dapat menyusun sebuah paragraf yang kohesif dan koheren sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing

 

Indikator

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa dapat:

4.1 menjelaskan pengertian paragraf

4.2 menjelaskan syarat-syarat paragraf yang padu

4.3 mengemukakan jenis-jenis paragraf dilihat dari letak kalimat topik

4.4  mengidentifikasi teknik-teknik pengembangan paragraf yang digunakan artikel dalam surat kabar

4.5  membuat sebuah paragraf yang padu (kohesif dan koheren)

4.6  membuat paragraf deduktif dan induktif

4.7 membuat paragraf dengan teknik pengembangan tertentu

 

Kompetensi  Dasar

Setelah menyelesaikan    pokok bahasan tentang karya ilmiah, mahasiswa dapat mengidentifikasi karya ilmiah beserta karakteristiknya

 

Indikator:

5.1 menjelaskan   pengertian karya ilmiah

5.2 mengemukakan ciri-ciri karya ilmiah

5.3 menjelaskan jenis

karya ilmiah

5.4 mengidentifikasi sistematika atau format karya ilmiah

 

 

PB:

1.Fungsi, Kedudukan, dan Ragam Bahasa Indonesia

 

 

SPB:

1.1 Fungsi Bahasa Indonesia

1.2  Kedudukan Bahasa Indonesia

1.3  Ragam/laras bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PB:

2.   Pedoman Umum EYD

 

SPB:

2.1   Penulisan Huruf   Kapital dan Huruf Miring

2.2  Penulisan

Kata

2.3  Penulisan

Unsur Serapan

2.4  Pemakaian

Tanda Baca

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PB:

3. Kalimat  Efektif

 

SPB:

3.1 Pengertian

kalimat

efektif

3.2  Ciri-ciri kalimat efektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PB:

4.  Paragraf

 

SPB:

4.1 Pengertian Paragraf

4.2 Syarat-syarat Para-

graf

4.3    Jenis Paragraf

4.4    Teknik Pengembangan Paragraf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PB:

  1. Karya Ilmiah

 

 

SPB:

Pengertian KI

Ciri-ciri KI

Jenis KI

Sistematika KI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan pendekatan SCL, digunakan metode yang variatif, seperti:

ceramah,  diskusi, dan simulasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan pendekatan SCL, digunakan metode yang variatif, seperti:

ceramah,  diskusi, dan simulasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan pendekatan SCL, digunakan metode yang variatif, seperti:

ceramah,  diskusi, dan simulasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan pendekatan SCL, digunakan metode yang variatif, seperti:

ceramah,  diskusi, dan simulasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan pendekatan SCL, digunakan metode yang variatif, seperti:

ceramah,  diskusi, dan simulasi

 

Bahan ajar dan buku teks dilengkapi dengan OHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar dan buku teks dilengkapi dengan OHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar  dan buku teks dilengkapi dengan OHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar  dan buku teks dilengkapi dengan OHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar  dan buku teks dilengkapi dengan OHT

 

 

2 X 150 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 X 150 menit

4 X 150 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 X 150

menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 X 150

menit

 

 

 

 

 

 

 

Fuad, dkk, 2006, Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah, hlm. 1—17; Finoza, 2004, Komposisi Bahasa Indonesia, hlm. 1–11;

Alwi, dkk., 2004, TBBBI hlm.1–21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fuad, dkk, 2006, Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah hlm. 23—52; Finoza, Komposisi Bahasa Indonesia 2004, hlm. 13–53; Pusat Bahasa, 2000 Pedoman Umum EYD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fuad, dkk., 2006, Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah,hlm.59—117; Finoza, 2004, Komposisi Bahasa Indonesia, hlm. 111–142;  Alwi, dkk., 2003 TBBBI, hlm. 311–330

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fuad, dkk, 2006, Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah, hlm. 119—138; Finoza, 2004, Komposisi Bahasa Indonesia; hlm. 149—173;  Alwi, dkk., 2004, TBBBI hlm. 427

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Finoza, 2004, Komposisi Bahasa Indonesia, hlm. 191–220; Unila, 2005, Format Penulisan Karya Ilmiah, hlm. 1—44; Hariwijaya, 2006, Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah,  Bab 1, 8, dan 9